Active Voice: Pengertian, Penggunaan, Rumus, dan Contohnya

active voice

Setiap bahasa mengenal adanya kalimat aktif dan kalimat pasif, tak terkecuali bahasa Inggris. Bahasa Inggris mengenal active dan passive voice sebagai salah satu khazanah yang melengkapi bidang linguistiknya.

Active dan passive voice adalah jenis kalimat yang selalu digunakan dalam menyusun kalimat. Setelah sebelumnya membahas mengenai passive voice dalam bahasa Inggris, sekarang saatnya mengetahui lebih lanjut tentang sandingannya, yaitu active voice. Let’s Check it out!

Active Voice

Active voice adalah kalimat mayoritas yang biasa digunakan dalam percakapan atau dialog sehari-hari. Lantas apa sih pengertian selengkapnya dari active voice itu sendiri? Active voice atau dalam bahasa Indonesia disebut juga dengan kalimat aktif adalah kalimat yang subjeknya melakukan perbuatan/tindakan dalam predikat verbalnya (subjek merupakan pelaku dari verbnya).

Dalam kalimat aktif, susunan kata yang biasanya sering muncul adalah subjek-predikat-objek. Predikat yang digunakan haruslah kata kerja karena nantinya, kata kerja inilah yang dikenai perbuatan oleh subjek. 

Penggunaan Active Voice

Kalimat aktif cenderung dipandang sebagai kalimat yang to the point dan tidak bertele-tele. Hal tersebut membuat membuat pembaca lebih fokus pada subjek dan tindakan yang dilakukan daripada target tindakan.

Active voice merupakan kalimat yang jelas dan tegas, sehingga penggunaannya banyak ditemui dalam sebuah karya tulis ilmiah berkonteks formal. Keefisienan active voice juga membuatnya sering digunakan dalam media cetak, seperti koran yang memiliki keterbatasan space.

Penggunaan active voice dalam tataran bahasa dan percakapan tidak hanya berhenti di situ, baik dalam ragam tulisan maupun ucapan, active voice juga biasanya digunakan untuk menyatakan instruksi, larangan, dsb.

14 Hari Belajar Bahasa Inggris Gratis di Cakap, Khusus untuk Pengguna Baru

Rumus Active Voice

Rumus umum dari active voice terbilang cukup mudah dan gampang dihafal, yaitu Subject + main verb + object. Namun, pada dasarnya setiap tenses memiliki rumus active voice-nya masing-masing. Yuk, cari tahu satu persatu rumus active voice di bawah ini!

Jenis Tenses

Rumus Active Voice

Present Simple Tense

Subject + V + s/es + Object

Present Continuous Tense

Subject + to be + V + Ing + Object

Present Perfect Tense

Subject + Has/Have + V3 + Object

Past Simple Tense

Subject + V2 + Object

Past Continuous Tense

Subject + Was/Were +  V1 + Ing + Object

Past Perfect Tense

Subject + Had + V3 + Object

Future Simple Tense

Subject + Will + V1 + Object

Future Perfect Tense

Subject + Will + Have + V3 + Object

Perlu diingat juga bahwa subject merupakan pelaku tindakan dan object hanya bisa ditambahkan jika verbnya merupakan transitive verb. Object dapat berupa kelas kata apa saja, seperti noun, pronoun, atau non substitute.

Cara Mengubah Active Voice ke Passive Voice

Sebenarnya cukup mudah untuk dapat mengubah active voice menjadi passive voice, kalian hanya perlu memahami rumus pembentukan active voice yang sudah dipaparkan di atas. 

Tidak hanya itu, kalian juga perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini untuk bisa mengubah active voice menjadi passive voice. 

  • Mengenali subjek dan objek dalam kalimat
  • Mengganti verb atau kata kerja menjadi bentuk ketiga.
  • Menambahkan kata “by”
  • Menambahkan auxiliary verb “be”

Contoh:

Active Voice

Passive Voice

Ariel was cooking pasta

Pasta was being cooked by Ariel

Mama was baking the cake

The cake was being baked by Mama

 

Gaji Meningkat 30% dengan Skill Bahasa Inggris, Saatnya Kamu Mulai Belajar

Contoh Active Voice  

Setelah mengetahui pengertian, penggunaan, dan rumus active voice, kamu perlu adanya gambaran lebih detail melalui sebuah contoh. Yuk simak contoh active voice berikut!

  • Rangga made a painting of a weaver bird. (Rangga membuat lukisan burung manyar.)

  • Millions of people play on social media. (Berjuta-juta orang memainkan sosial media.)

  • They will go to Ireland next month. (Mereka akan pergi ke Irlandia bulan depan.)

  • Trian took a photo of Bukit Barisan landscape. (Trian mengambil foto pemandangan Bukit Barisan.)

  • She went to enjoy the beautiful sunset in Kuta, Bali. (Dia pergi menikmati indahnya matahari terbenam di Kuta, Bali.)

  • I have read the book. (Saya sudah membaca buku.)

Memahami active voice akan membantumu lebih mudah untuk membuat kalimat-kalimat aktif yang lugas dan efektif. Tidak hanya itu, ketika kamu sudah memahami active voice dengan baik, maka kamu juga akan mudah menyerap pemahaman dari materi passive voice.

Ingin belajar bahasa Inggris lebih serius dan sungguh-sungguh? Cakap bisa membantumu meningkatkan skill bahasa Inggrismu, dengan mengikuti kursus bahasa Inggris online di Cakap, kamu bisa mempelajari banyak materi menarik bersama teachers professional. Yuk daftarkan dirimu di Cakap!

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Inggris Tanpa Buang Waktu Bertahun-tahun

Karyawan yang menguasai bahasa asing dapat potensi 10 – 20% gaji lebih besar.

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat