8 Pekerjaan dengan Gaji Tertinggi di Indonesia, Apa Aja?

Siapa sih yang gak mau punya gaji yang menjulang? Semua orang tentu mau! Saat ini ada begitu banyak pekerjaan dari berbagai sektor yang bisa kamu geluti. Namun, sejumlah profesi memang menjanjikan gaji yang jauh lebih tinggi dibanding profesi lainnya.

Sebenarnya ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi besar gaji seseorang. Bisa dari asal perguruan tinggi, pengalaman kerja, gaji sebelumnya, industri profesi, negosiasi, dan banyak lagi. Berikut 8 pekerjaan dengan gaji tertinggi di Indonesia.

Ahli pertambangan

Ahli pertambangan
source: giphy.com

Anak jurusan pertambangan boleh gembira nih! Pasalnya, profesi ini salah satu yang menawarkan gaji yang cukup tinggi, yakni Rp 6-8 juta untuk fresh graduate dan Rp 10-40 juta untuk senior.

Ah, segitu masa gede sih? Eits, jangan salah. Gaji COO di pertambangan bisa sampai Rp 150-300 juta! Aduh, jadi tergiur nih. Tapi gaji ini tentu sebanding dengan risiko yang ditanggung. Belum lagi, bekerja di pertambangan berarti harus jauh dari keluarga. 

Ahli konstruksi

Ahli konstruksi
source: giphy.com

Kalau profesi yang satu ini biasanya banyak berasal dari anak jurusan teknik sipil. Pembangunan infrastruktur yang sedang gencar-gencarnya, apalagi dengan akan berpindahnya ibukota, tenaga kerja ahli konstruksi ini bakal dibutuhkan banget nih!

Untuk ahli konstruksi dengan pengalaman di bawah 5 tahun, kisaran gajinya ada di angka 7-15 juta. Kalau kamu tipe orang yang gak suka kerja di balik meja, mungkin ini bisa jadi salah satu profesi pilihan buat kamu.

Dokter spesialis

Dokter spesialis
source: giphy.com

Banyak orang tua yang menginginkan anaknya untuk jadi dokter. Memang profesi dokter dikenal sebagai profesi dengan gaji yang tinggi. Kalau gaji dokter umum saja sudah menggiurkan, kamu bakal lebih takjub lagi dengan gaji dokter spesialis.

Di rumah sakit pemerintah, gaji dokter spesialis dimulai dari Rp 10 juta. Sementara di rumah sakit swasta, gajinya bisa mencapai Rp 50 juta. Wah, mantap banget tuh! Tapi jadi dokter itu gak gampang lho.

Untuk masuk ke jurusannya aja, kamu harus menghadapi persaingan ketat. Setelah lulus, kamu harus praktik lapangan dulu. Tanggung jawabmu sebagai seorang dokter spesialis juga tentunya gak main-main. Selain itu, kamu tentu juga dituntut untuk terus mengikuti perkembangan seputar dunia kesehatan.

Gimana, tertarik?

Content Manager

Content Manager
source: giphy.com

Dengan maraknya media sosial, banyak perusahaan yang semakin membutuhkan profesi ini. Kehadiran di media sosial nyatanya gak kalah penting dengan di dunia nyata. Makanya, saat ini banyak bisnis yang gencar-gencarnya menarik followers di media sosial.

Kalau kamu suka bikin konten yang menarik, bisa banget menggeluti profesi ini! Untuk yang pengalamannya di atas 5 tahun, gajinya bisa mencapai Rp 20 juta lho.

Pilot

Pilot
source: giphy.com

Pekerjaan ini punya risiko yang tinggi, jadi wajar aja kalau gajinya juga tinggi. Belum lagi, kamu bertanggung jawab atas perjalanan puluhan atau ratusan penumpang dalam sekali terbang. Makanya itulah kenapa gak gampang masuk ke sekolah penerbangan.

Gaji pilot penerbangan komersil biasanya sekitar Rp 20-40 juta per bulan. Ditambah lagi, kamu jadi bisa mengunjungi banyak negara. Kelihatannya asyik ya!

Head of HR

Head of HR
source: giphy.com

Posisi yang bisa menentukan kinerja suatu perusahaan. Kalau kamu melamar dan wawancara kerja, orang-orang di posisi inilah yang salah satunya melakukan screening dan memilah kandidat.

Biasanya profesi HR berasal dari anak jurusan psikologi, tapi gak menutup kemungkinan juga berasal dari jurusan lain. Intinya, tanggung jawab seorang Human Resource adalah mengurus sumber daya manusia di perusahaan tempat ia bekerja.

Untuk posisi manajerial atau head, gajinya bisa mencapai Rp 30 juta. Seru juga ya.

Pekerjaan di bidang IT

Pekerjaan di bidang IT
source: giphy.com

Dengan majunya teknologi, profesi di bidang IT semakin dibutuhkan di mana-mana terlepas dari industri apapun itu. Makanya mulai bermunculan berbagai profesi baru di bidang IT dengan gaji yang menjanjikan.

Gaji seorang software engineer bisa mencapai angka Rp 15-35 juta. Tapi angka ini juga bergantung pada pengalaman dan keahlian pelamar serta perusahaan yang dituju ya.

Staff Perbankan

Staff Perbankan
source: giphy.com

Ingin gaji besar, kerjanya ya di tempat asal uang dong. Banyak orang yang menganggap kerja di bank merupakan pekerjaan yang menjanjikan secara finansial.

Berbeda dengan profesi-profesi di atas yang kebanyakan membutuhkan gelar atau pendidikan yang spesifik, siapapun bisa bekerja sebagai staff perbankan terlepas dari jurusan yang kamu ambil.

Walaupun merupakan industri finansial, ada berbagai peluang profesi yang terbuka. Selain itu, setiap tahun rata-rata bank juga membuka lowongan untuk para fresh graduate. JUntuk gaji awal mungkin masih standar yaitu sekitar Rp 5 juta, tapi jika performa kerjamu bagus gajimu bisa naik terus.

Bahkan gajimu bisa mencapai Rp 100 juta jika posisimu terus meningkat. Untuk posisi direktur keuangan, gajinya bisa mencapai Rp 120-250 juta. Wah, banyak sekali ya!

Untuk bisa menempati posisi-posisi di atas tentu butuh usaha dan kerja keras. Ditambah lagi, kamu akan berkompetisi dengan ribuan atau bahkan jutaan orang lainnya. Maka itu, kamu harus mempunyai yang namanya nilai jual sehingga kamu terlihat lebih menonjol dari kandidat lain.

Rata-rata perusahaan sekarang menuntut karyawannya untuk bisa bahasa Inggris. Bahkan tak sedikit yang mengadakan proses seleksi wawancara dalam bahasa Inggris. Dengan lancar bahasa Inggris, kemungkinanmu untuk diterima pun bisa semakin tinggi. Maka itu, perlancar dulu bahasa Inggrismu di Cakap agar bisa mendapatkan pekerjaan impian dengan gaji menggiurkan!

Baca Juga:

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google