Yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Mengurus Visa ke Australia

visa australia - cakap

Australia merupakan salah satu tujuan wisata yang masuk ke dalam daftar destinasi impian banyak orang. Dibandingkan ke Eropa atau Amerika, Australia memang memiliki jarak yang lebih dekat dengan Indonesia sehingga durasi penerbangannya pun tidak begitu lama.

Walaupun merupakan salah satu benua terkecil, Australia memiliki keindahan alam yang menakjubkan mulai dari terumbu karang, taman nasional, hutan hujan, pegunungan hingga pantai yang indah atau bahkan gurun yang ganas. Destinasi wisata alam seperti Uluru, Blue Mountains, dan Great Barrier Reef menjadi salah satu andalan pariwisata Australia.

Terlebih lagi, Australia juga menjadi rumah bagi satwa-satwa liar yang akan sulit ditemukan di wilayah lain. Sebut saja koala, kanguru, dan tasmanian devil. Makanya tak heran, banyak orang yang ingin berkunjung ke negeri kanguru tersebut. Apakah kamu salah satunya?

Namun, sebelum menyusun rencana perjalanan, pastikan kamu sudah mengurus visa ke Australia terlebih dahulu ya! Bagaimana cara mengurusnya? Simak artikel berikut!

Masa Berlaku dan Biaya

masa berlaku visa

Karena merupakan visa sementara, visa kunjungan ke Australia memiliki masa berlaku. Ada dua jenis visa perjalanan yang bisa kamu pilih, visa biasa atau e-visa. 

  • Visa Biasa

Masa berlaku visa setiap orang berbeda-beda antara satu kasus dan yang lainnya. Kamu bisa menyebutkan berapa lama masa berlaku visa yang kamu inginkan. Namun, pada akhirnya masa berlaku visa tetap ditentukan berdasarkan keputusan pemerintahan Australia.

Keputusan ini ditentukan atas dasar sejumlah pertimbangan seperti berapa lama kamu ingin berkunjung dan alasan atas kunjungan tersebut. Kamu bisa mendapatkan visa single entry atau multiple entry. Kalau kamu mendapat visa multiple entry, kamu bisa beberapa kali berkunjung ke Australia selama masa visamu belum kadaluwarsa.

Masa berlaku yang biasa diberikan adalah 3 bulan, tetapi untuk beberapa kasus ada juga yang mendapat masa berlaku visa selama 12 bulan. Biaya untuk mengajukan permohonan visa adalah AUD 145 atau sekitar 1,37 juta Rupiah.

  • E-Visa

Untuk e-visa, masa berlakunya adalah 12 bulan dengan jenis multiple entry. Dalam 12 bulan tersebut, kamu bisa ke Australia kapan saja dengan jangka waktu menetap paling lama 3 bulan. Permohonan e-visa tidak dikenakan biaya.

Baca Juga:

Dokumen yang Perlu Disiapkan

Dokumen yang Perlu Disiapkan

Sebelum mengurus visa, pastikan paspor kamu masih aktif. Jika sudah mati atau habis masa aktifnya, segera urus terlebih dahulu perpanjangan paspormu. Selain paspor, dokumen lain yang perlu kamu siapkan antara lain:

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) 
  • Dokumen yang dapat menunjukkan bahwa kamu hanya sementara berkunjung ke Australia, yang bisa berupa:
  1. Bukti bahwa kamu memiliki finansial yang cukup untuk pergi ke dan pulang dari Australia seperti rekening koran (bank statement), slip pembayaran, atau catatan pajak.
  2. Surat dari saudara atau teman yang tinggal di Australia.
  3. Bukti bahwa kamu memiliki alasan untuk kembali ke negara asal, seperti surat dari perusahaan, sekolah, atau universitas tempat kamu bekerja atau belajar.

Selain itu, kamu juga perlu menerjemahkan semua dokumen non-bahasa Inggris diterjemahkan ke Bahasa Inggris. Diterjemahkannya oleh penerjemah yang tersumpah secara resmi, ya!

Ajukan Permohonan Aplikasi Visa

Ajukan Permohonan Aplikasi Visa

Ada dua pilihan yang bisa kamu tempuh untuk mengajukan permohonan visa Australia yaitu secara online atau manual (offline). Untuk yang manual, kamu tinggal mengisi form pengajuan visa, lampirkan bersama dokumen-dokumen yang sudah kamu siapkan, kemudian kirim ke alamat yang ada pada form melalui kurir atau kantor pos.

Sementara proses pengajuan visa secara online bisa dilakukan melalui ImmiAccount. Pertama kamu harus membuat akun terlebih dahulu di ImmiAccount. Baru setelahnya, isi form online dan lampirkan dokumen-dokumen yang diminta. Perhatikan pula jenis dan ukuran file

Yang tak kalah penting, jangan lupa untuk membayar biaya pengajuan aplikasi visa supaya bisa segera diproses.

Menunggu Kabar

Menunggu Kabar

Untuk pengajuan visa biasa, biasanya akan memakan waktu sekitar 18-24 hari. Sementara untuk e-visa akan diproses selama 2 hari saja.

Kamu akan menerima surat keputusan proses pengajuan visamu melalui email atau kurir. Ingat untuk menyimpan salinan surat keputusan tersebut dan bawa saat kamu berkunjung Australia.

Gimana, tidak sulit bukan? Makin gak sabar buat liburan ke sana deh! Kamu tentunya akan membutuhkan visa yang berbeda jika kamu ingin belajar atau bekerja di Australia. Nah, sebelum berlibur ke sana, ada baiknya jika kamu belajar bahasa Inggris dulu supaya kamu bisa lancar berkomunikasi di sana. Selamat mencoba!

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google