Tips dan Contoh Wawancara S2 Menggunakan Bahasa Inggris

wawancara-s2-bahasa-inggris

Lagi siap-siap buat lanjut kuliah ke jenjang pascasarjana? Tidak hanya dokumen, administrasi, dan nilai IPK yang harus dipersiapkan, kamu juga harus siap-siap menghadapi sesi interview atau wawancara. Apalagi kalau wawancaranya menggunakan bahasa Inggris. Lumayan butuh effort yang tinggi untuk mempersiapkannya, dari mulai list pertanyaan hingga contoh jawaban yang memuaskan. Biar persiapanmu makin matang cek dulu yuk, tips dan contoh wawancara S2 bahasa Inggris berikut!

Table of Contents

Tips Wawancara S2 Bahasa Inggris

Sedikit berbeda dengan tips wawancara saat akan melamar pekerjaan, sesi wawancara S2 bahasa Inggris ini membutuhkan cukup banyak riset dan mempelajari pertanyaan interview yang pastinya akan memperlihatkan sejauh mana kedalaman ilmu yang dimiliki. Langsung saja yuk lihat tips-tipsnya!

Pastikan Kamu Menggunakan Diksi dan Tata Bahasa yang Tepat

Karena wawancara S2 termasuk ke dalam agenda formal, maka sebisa mungkin kamu menggunakan bahasa yang baku dan sesuai menurut kaidahnya. Jika kamu masih belum terlalu fasih berbahasa Inggris, maka kamu harus membiasakan diri dan belajar menggunakan grammar yang benar.

Memperkirakan Daftar Pertanyaan yang Mungkin Muncul

Dengan mempersiapkan daftar pertanyaan, setidaknya kamu memiliki gambaran tentang apa yang akan ditanyakan di hari wawancaramu. Dan jangan lupa, siapkan juga jawabannya agar di saat wawancara berlangsung kamu terlihat lebih lugas dan memahami materi yang ditanyakan.

Datang Lebih Awal

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti macet, usahakan kamu datang dan sampai lebih awal. Selain akan membuatmu lebih rileks dan tenang, datang sebelum waktu wawancara ditentukan juga akan memperlihatkan seberapa besar niat dan kesungguhan kamu.

Berdoa

Jangan salah, kekuatan doa itu nyata! Usahakan untuk berdoa dan minta doa restu pada orang tua sebelum kamu berangkat wawancara. 

wawancara-s2
Photo from Freepik

Dapat Tips & Raih Nilai TOEFL Tinggi dengan Persiapan TOEFL di Cakap

Contoh Pertanyaan dan Jawaban Wawancara S2 Bahasa Inggris

Beberapa list pertanyaan di bawah ini seringkali muncul dalam sesi wawancara S2 bahasa Inggris. Gunakan pertanyaan dan jawaban berikut untuk menghasilkan argumen yang kuat saat wawancara program pascasarjana.

Tell Me/Us about Yourself!

Pertanyaan ini sangat umum ditemukan. Kamu bisa membicarakan poin-poin berupa nilai pribadi, kemampuan yang dimiliki, pencapaian, minat, dan pengalaman. Rangkum semua hal tersebut sehingga kamu bisa menjawabnya dalam kurun waktu satu sampai dua menit.

Contoh Jawaban:

My name is Arya. I graduated from French Literature, Universitas Padjadajaran with a Cumlude GPA. I have also participated in student exchange at the Universite de Strasbourg, France. I am very interested in Literature, philology, and culture.

In this postgraduate program, I re-registered to major in Literature. I want to learn more and deepen my knowledge of world literature.”

What Have You Been Reading?

Pertanyaan tersebut dapat memperlihatkan nilai intelektual yang ada pada dirimu. Buku yang kamu baca bisa menggambarkan seperti apa dirimu. Untuk menjawab pertanyaan ini, kaitkanlah dengan jurusan yang kamu ambil. Jika kamu mengambil jurusan ekonomi, maka kamu bisa menyebutkan tentang buku-buku ekonomi.

Contoh Jawaban:

“I am completing readings in journals and dissertations on economics and business. Before that, I had just finished reading The General Theory of Employment, Interest, and Money, by John Maynard Keynes.

In addition, I am also interested in old literature and history books.”

Why Have You Chosen to Study “Literature” at This University?

Tentunya, kamu punya jawaban alamiah tentang pertanyaan ini. Meskipun begitu, kamu bisa membuat kalimatmu lebih menarik dan mengesankan.

Contoh Jawaban:

I’ve done some research on learning modules at this university. I’m very impressed with the programs and classes offered. In addition, this university also has lecturers and professors who are famous in the world of literature.”

What are You Career Goals and Research Interest

Dua pertanyaan ini saling berhubungan, bagaimana kamu bisa mengaitkan apa minat penelitian yang kamu punya dengan career goals yang kamu inginkan.

Contoh Jawaban:

Among the various literary periods, I like literature and old texts the most. Through those books, I can learn history and other great things. Therefore, my career goal is to become a famous philologist.”

What Are Your Strengths and Weaknesses

Untuk menjawab pertanyaan kekuatan dan kelemahan diri, kamu bisa menjelaskan tentang bagaimana mengatasi kelemahan dan mendukung kekuatan yang kamu miliki.

Contoh Jawaban:

My greatest strength is always to think positively and recognize my capacity. I always had a strong motivation and ambition to finish what I started. But besides that, I am a forgetful person. To anticipate that, I always write down important things in small notes. So, I don’t miss anything.

Itu dia beberapa tips dan contoh wawancara S2 bahasa Inggris. Karena kamu sudah mendapat kisi-kisi pertanyaannya, kini saatnya kamu mempersiapkan jawab terbaik versimu sesuai dengan jurusan yang kamu ambil.

Agar persiapan wawancara S2 dalam bahasa Inggris lebih lancar, kamu bisa mulai meningkatkan kemampuan bahasa Inggrismu. Bila perlu, daftarkan dirimu untuk mengikuti kursus bahasa Inggris. Lewat bimbingan teachers dan jam belajar yang teratur, dijamin deh kamu bisa makin fasih berbahasa Inggris.

Referensi
-indeed.com
-grammarly.com
-prospects.ac.uk

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Inggris Tanpa Buang Waktu Bertahun-tahun

Karyawan yang menguasai bahasa asing dapat potensi 10 – 20% gaji lebih besar.

      #SiapaCakapDiaDapat