Cara Mendeskripsikan Diri Sendiri dalam CV & Contoh Kalimatnya

cara mendeskripsikan diri dalam cv

Curriculum vitae atau CV adalah salah satu berkas syarat melamar kerja yang wajib kamu siapkan dengan baik. Cara mendeskripsikan diri dalam CV pun akan menjadi suatu hal yang penting untuk kamu ketahui. Terlebih jika harus  menjawab pertanyaan deskripsi diri saat wawancara, tentu kamu harus memiliki opsi dan jawaban terbaik.

Salah satu kunci untuk mendeskripsikan diri adalah menjelaskan pengalaman dan atribut spesifik yang bisa membuat HRD yakin bahwa kamu adalah orang paling cocok untuk peran/posisi tersebut. Selengkapnya, baca artikel ini sampai habis, yuk!

Table of Contents

Apa Itu Deskripsi Diri?

Deskripsi diri adalah pemaparan atau penggambaran diri/personality seseorang menggunakan kata-kata atau uraian yang jelas dan terperinci.

Deskripsi diri juga bisa dikaitkan dengan konsep diri, yakni bagaimana kamu memiliki pandangan terhadap dirimu sendiri. Ketika akan melamar pekerjaan, deskripsi diri adalah sebuah aspek penting yang dapat mempengaruhi persepsi seseorang (HRD atau People Development) tentang prestasi serta nilai-nilai yang terhubung dengan dirimu.

Cara Mendeskripsikan Diri Sendiri

Bagaimana sih cara mendeskripsikan diri dan apa saja yang harus ditulis di dalamnya? Yuk, simak tips dan cara mendeskripsikan diri sendiri baik untuk keperluan CV maupun wawancara! 

(1) Buat Deskripsi Diri yang Ringkas dan Informatif

Perkenalan atau deskripsi diri yang ringkas dan informatif dapat menarik minat pembaca. Bahkan kemungkinan besar bisa membuat orang lebih mungkin untuk melanjutkan sisa dokumen/CV kamu. Cukup tulis pernyataan singkat yang akurat yang dapat menggambarkan kualifikasimu untuk menempati posisi pekerjaan tersebut.

(2) Sertakan Pengalaman Profesional

Saat akan mengirimkan lamaran kerja, pastikan kamu meninjau terlebih dahulu situs web perusahaan dan membaca deskripsi pekerjaannya. Setelah itu, kamu bisa menyertakan detail pengalaman/riwayat pekerjaan yang sesuai dengan posisi yang kamu lamar. Hal itu akan membuat lamaranmu dilirik oleh HRD.

Baca panduan : Cara Menulis dan Contoh Pengalaman Kerja di CV yang Benar

(3) Fokus pada Skill dan Pencapaian

Cara mendeskripsikan diri sendiri di CV adalah menuliskan skill dan pencapaian yang pernah diraih. Tuliskan skill atau keahlian yang kamu miliki. Misalnya, jika kamu ingin melamar pekerjaan sebagai Content Writer, kamu bisa menuliskan keahlian seperti memahami teknik SEO, dll. Jangan lupa juga untuk menuliskan pencapaian pribadi yang menunjukkan bahwa kamu unggul di tempat kerja, seperti mendapatkan promosi atau penghargaan.

(4) Gunakan Bahasa yang Ramah dan Casual

Meskipun CV dan wawancara adalah hal-hal yang erat kaitannya dengan sesuatu yang formal, namun sebisa mungkin saat mendeskripsikan diri gunakan bahasa yang ramah dan casual. Hal ini bertujuan untuk menjaga keseimbangan antara bersikap profesional dan komunikatif.

Contoh Deskripsi Diri Singkat dan Menarik

Berikut ini beberapa contoh deskripsi diri singkat dan menarik sesuai dengan profesi atau pekerjaan masing-masing.

(1) Contoh Deskripsi Diri untuk Content Writer

Lulusan S1 Sastra Indonesia yang sudah memiliki pengalaman menulis artikel secara profesional selama 5 tahun. Saya selalu menyuguhkan tulisan yang informatif dan menarik, serta mampu menulis tentang berbagai subjek dengan visual terbaik. Sebagai seorang Content Writer, saya juga sangat akrab dengan teknik SEO on page dan mampu menampilkan nilai dan value dari produk perusahaan. 

(2) Contoh Deskripsi Diri untuk PR

Saya merupakan lulusan Hubungan Internasional dengan pengalaman kerja 2 tahun sebagai PR. Saya seorang komunikator yang sangat baik. Keterampilan berkomunikasi dan negosiasi yang saya miliki ini telah berhasil membantu meningkatkan retensi klien saya lebih dari 40% dalam waktu satu tahun di perusahaan sebelumnya. Saya juga pernah menangani sejumlah klien dan perusahaan Big 4.

(3) Contoh Deskripsi Diri untuk Graphic Designer

Seorang kreatif yang memiliki hobi desain dan lukis. Saya lulusan S1 DKV, berpengalaman 3 tahun sebagai graphic designer. Saya menguasai berbagai tools graphic, seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Corel Draw, dan lainnya. Saya juga memiliki pendekatan artistik terhadap semua desain yang saya buat.

(4) Contoh Deskripsi Diri untuk Arsitek

Arsitek konstruksi profesional dengan pengalaman 7 tahun. Saya memiliki pengalaman dalam pembangunan mall dan apartemen di wilayah Jakarta. Saya juga pernah berperan dalam pembangunan hotel di Johor, Malaysia. Di setiap proyek yang saya ambil, saya berhasil membuat rincian anggaran dengan tepat dan efektif sehingga dapat meminimalisir pengeluaran sebanyak 20%.

(5) Contoh Deskripsi Diri untuk Data Analyst

Data analyst dengan pengalaman lebih dari 7 tahun. Saya adalah seorang yang terorganisir dan berorientasi pada detail. Mampu menafsirkan dan menganalisis data untuk mendorong pertumbuhan perusahaan. Memiliki wawasan analisis dan kecerdasan bisnis untuk mengambil keputusan besar dalam pekerjaan. Saya pandai menemukan patterns dan trend.

(6) Contoh Deskripsi Diri untuk Customer Service

Lulusan Ilmu Komunikasi tahun 2016. Memiliki pengalaman sebagai customer service selama 4 tahun. Saya dikenal sebagai pribadi yang ramah dan berorientasi pada kepuasan pelayanan pelanggan dan perusahaan. Mampu berpikir kritis dan dapat menyelesaikan masalah dengan cepat dan tepat berdasarkan data yang ada.

(7) Contoh Deskripsi Diri untuk Lulusan SMA

Lulusan SMA favorit dengan jurusan Bahasa. Saya menguasai beberapa bahasa asing, seperti bahasa Inggris, Jerman, Jepang, dan Korea dengan nilai rata-rata 9.0. Berpengalaman sebagai translator freelance dan pernah menjadi guru bahasa asing di tempat kursus online maupun offline. Saya adalah seorang komunikator yang baik dan suka berinteraksi dengan orang di sekitar.

Baca juga : Cara Membuat CV Fresh Graduate Tanpa Pengalaman Kerja & Contohnya

Contoh Deskripsi Diri Secara General dalam Bahasa Inggris

(1) I am a hard-working and driven individual who isn’t afraid to face a challenge. Not only do I aim to meet expectations, but I am often one to exceed my employer’s expectations. Integrity and authenticity are important to me too. I do what I can to continue to improve and be the best I can be at whatever I do.

(2) I’m a people person. I love meeting new people and learning about their lives and their backgrounds. I’m the kind of person who knows how to get things done. I’ve found that the best way to truly understand what the customer needs is to ask the right questions, and then follow up to confirm we are on the same page. My clients’ customer satisfaction in my previous job scores were 20% over the company average.

(3) My creativity has made me an effective team leader because I can anticipate problems and innovate solutions. Employers often seek natural leaders for leadership and non-leadership positions. I always evaluate the problem situation and decide the best way to approach the situation for the best result at that moment.

Demikianlah beberapa cara mendeskripsikan diri yang bisa kamu aplikasikan di CV maupun saat akan wawancara. Selain dalam bahasa Indonesia ada juga contoh deskripsi diri umum dalam bahasa Inggris. So, kamu bisa pilih deskripsi diri mana yang paling cocok untuk profesi yang akan kamu lamar.

Buat kamu yang ingin meningkatkan skill agar peluang kerja semakin terbuka lebar dan isi dalam deskripsi diri makin menarik, yuk daftar dan ikuti kelas Cakap Upskill! Di sana ada banyak pilihan kelas yang bisa kamu ambil! Tunggu apa lagi cek kelasnya sekarang karena #SiapaCakapDiaDapat!

Baca juga : 

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.