10 Ucapan Selamat Hari Lahir Pancasila Lengkap dengan Sejarah Singkatnya

Hari Lahir Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Juni. Yuk, baca sejarah singkatnya dan share beberapa ucapan selamat Hari Lahir Pancasila berikut!
ucapan-selamat-hari-lahir-pancasila

Bulan Juni menjadi salah satu bulan istimewa dan spesial bagi bangsa Indonesia. Pada awal bulan Juni, tepatnya tanggal 1, kamu pasti akan selalu melihat warna merah pada tanggalan yang kamu punya. Karena hari tersebut merupakan Hari Lahir Pancasila.

Untuk menyambut Hari Lahir Pancasila yang sudah di depan mata, mari rayakan dengan berbagi ucapan selamat Hari Lahir Pancasila dan sedikit lebih mengenal tentang sejarahnya!

Sejarah Singkat Hari Lahir Pancasila

kata-kata-hari-lahir-pancasila
Photo from Pixabay

Istilah “Pancasila” sendiri bukan istilah yang asing karena istilah tersebut sudah dikenal sejak zaman Majapahit di abad ke-14. Istilah Pancasila tertulis dalam kitab Negarakertagama karya Empu Prapanca.

Hari Lahir Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Juni. Hal tersebut bertepatan dengan pidato Ir. Soekarno “Lahirnya Pancasila” yang dilakukan pada 1 Juni 1945. Dalam pidato tersebut Ir. Soekarno mengumumkan untuk pertama kalinya tentang konsep dan rumusan awal Pancasila sebagai dasar negara.

Isi pidato Ir. Soekarno mengenai gagasan dasar negara tersebut mendapat sambutan baik dan diterima oleh para anggota BPUPKI. Kemudian, pada tanggal 18 Agustus 1945 tepat sehari setelah Indonesia merdeka, Pancasila secara sah ditetapkan sebagai dasar negara Indonesia.

Ucapan Selamat Hari Lahir Pancasila

quites-hari-pancasila
Photo from Pexels

Melalui ucapan dan kata-kata, kamu bisa turut memeriahkan Hari Lahir Pancasila, lho. Yuk, catat ucapan selamat dan kata-kata Hari Lahir Pancasila berikut!

Selamat Hari Lahir Pancasila! Kuat karena bersatu, bersatu karena kuat.

–Ir. Soekarno

Sekarang banyak prinsip: kebangsaan, internasionalisme, mufakat, kesejahteraan dan ketuhanan, lima bilangnya. Namun bukan panca dharma, tetapi saya namakan ini dengan petunjuk seorang teman ahli bahasa, namanya ialah pancasila. Sila artinya azas atau dasar dan di atas dasar itulah kita mendirikan negara Indonesia, kekal dan abadi.

–Ir. Soekarno

Selamat Hari Lahir Pancasila! Pancasila menjadi dasar pemersatu bangsa Indonesia yang harus selalu dijaga.

5 simbol yang tertera di dada burung garuda menjadi azas berharga, menyatukan yang beda dan menandakan bahwa kita semua adalah sama. Selamat hari Lahir Pancasila!

Hidup adalah merjan-merjan kemungkinan, mari ubah kemungkinan menjadi fakta gemilang di masa depan. Tunjukan optimisme dan semangat Pancasila dalam dirimu. Selamat Hari Lahir Pancasila!

Wahai, simbol dan dasar negara Indonesia, burung garuda dan Pancasila, tetaplah abadi menjaga persatuan bangsa.

Rayakan hari lahirnya dan amalkan nilai-nilainya! Selamat Hari Lahir Pancasila!

Pancasila mengajarkan pentingnya meleburkan perbedaan demi memunculkan persatuan dan persaudaraan antar bangsa.

Selalu ada Pancasila dalam diri warga negara yang sejati. Selamat Hari Lahir Pancasila!

Selamat Hari Lahir Pancasila! Mari jaga toleransi, amankan negeri, dan tetap berintegrasi!

Sekali lagi Selamat Hari Lahir Pancasila ya, Sobat Cakap! Jangan lupa untuk turut meramaikan dan memperingati 1 Juni dengan berbagi ucapan selamat Hari Lahir Pancasila pada teman-temanmu.

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.