Tahukah Kamu Apa Pengertian dari “Mukbang”?

mukbang

Belajar tidak melulu harus duduk diam di belakang meja sambil menatap guru menerangkan di depan papan tulis. Belajar sekarang bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja dengan menggunakan apa saja, seperti lewat video Youtube mukbang. 

Belakangan ini, tren mukbang sedang melejit hingga ke seluruh penjuru dunia. Awalnya video mukbang identik dengan orang Korea yang sangat lahap menyantap ramyeon dalam porsi yang besar. 

Sebelum membahas lebih lagi tentang betapa populernya tren mukbang, kamu tahu nggak sih mukbang itu apa? Simak dulu yuk bacaan di bawah ini!

Apa itu Mukbang?

source: giphy.com

Pada awalnya, mukbang mulai populer di Korea Selatan pada tahun 2010-an. Tapi sekarang, mukbang sudah menjamur ke berbagai belahan dunia bahkan ke Indonesia juga, lho.

Moekbang atau mukbang berasal dari gabungan dua kata dalam bahasa Korea yaitu  “meoknun” (먹는) yang berarti “makan” dan “bangsong” (방송) yang berarti siaran (broadcast). Singkatnya, mukbang adalah makan online.

Kenapa makan online? Karena mukbang adalah tayangan di mana seseorang menyantap lahap makanannya dan disiarkan secara live. Secara harfiah mukbang diartikan sebagai eating broadcasting atau siaran makan.

Uniknya, mukbang bukan seperti siaran makan biasa tapi melibatkan makanan dalam porsi dan jumlah yang besar.

Broadcast Jockey (BJ)

source: giphy.com

Dalam siaran live mukbang, orang yang menyantap makanan tersebut disebut sebagai host atau BJ (broadcast jockey).

Yang menjadi BJ tidak harus orang yang terkenal, bahkan orang biasa pun menjadi BJ. Yang dibutuhkan seorang BJ adalah kemampuan untuk berinteraksi yang menarik dan unik sebagai ciri khasnya. Perlu diingat bahwa semua orang bisa lho untuk menjadi BJ yang hits.

Faktanya, profesi sebagai BJ ini pun mulai banyak dilakukan oleh banyak orang. Bahkan di Korea, banyak orang menjadikan BJ sebagai sumber penghasilan utamanya.

Belajar Bahasa Korea Gratis di K-Club. Ayo Daftar Sekarang!

Kenapa Mukbang Bisa Jadi Popular?

source: giphy.com

Pasti selalu ada alasan mengapa suatu hal bisa jadi begitu populer dan digemari oleh orang-orang. Begitu pun juga dengan mukbang. Berikut adalah alasan kenapa mukbang jadi popular menurut beberapa analis:

Merupakan bagi para pecinta kuliner

Untuk beberapa orang, makan sendirian bukanlah suatu masalah yang besar. Tapi  bagi beberapa orang, makan sendirian merupakan hal yang aneh, apalagi kalau makan di luar sendirian.

Dari alasan diatas, sudah bisa diketahui bahwa dengan adanya istilah “makan online”, orang-orang jadi merasa terhibur dan tentu merasa punya teman untuk makan.

Memberi informasi tentang berbagai kreasi makan dari Korea

Karena mukbang berasal dari Korea, maka banyak orang dari luar mencari referensi makanan Korea melalui video-video mukbang. Selain karena makanannya, tentunya karena peran BJ yang buat penonton makin ngiler melihatnya makan. Nggak heran ya kenapa tren mukbang semakin mendunia?

Membantu memuaskan nafsu makan bagi orang yang sedang berdiet

Ada yang mengatakan bahwa hanya dengan melihat video mukbang saja sudah bisa buat kenyang. Yup, begitulah yang dikatakan dan dirasakan oleh orang-orang yang sedang melakukan diet. Karena tidak bisa makan banyak maka mereka melampiaskannya melalui video mukbang.

Selain dari ketiga alasan di atas, meledaknya tren mukbang tidak lepas dari peran para idola K-pop. Beberapa orang pun juga mulai belajar bahasa Korea lewat video mukbang, lho! 

Kalau kamu mau lebih mendalami tentang budaya dan bahasa Korea, cus bisa langsung ikut gabung dalam live class K-Club secara GRATIS setiap hari Selasa dan Kamis di Cakap Upskill ya! Sueob sigan-e boja!

Baca Juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

#MakinCakap Sekarang!

Kategori

Top Picks