Apa itu Tour Guide? Cek Jenis, Tugas, dan Kisaran Gajinya

Kalau kamu sering main ke tempat-tempat bersejarah, tour guide adalah orang yang akan kamu hubungi untuk menjelaskan sejarah mengenai suatu tempat. Tapi apakah tugas tour guide hanya sebatas itu saja? Dan kira-kira apa saja skill yang dibutuhkan untuk menjadi seorang tour guide? 

Kalau kamu penasaran dengan profesi satu ini, kamu sedang berada di artikel yang tepat. Karena seperti yang kita tahu tour guide bisa menjadi pekerjaan sampingan yang bisa kamu coba. Terlebih jika kamu tinggal di daerah pariwisata yang banyak wisatawan turisnya. Pastinya kamu juga harus menguasai skill bahasa Inggris. Ingin tahu lebih banyak tentang tour guide? Yuk simak di artikel berikut ini!

Apa itu Tour Guide?

Tour guide adalah seseorang yang bertugas atau berprofesi memandu wisatawan selama perjalanan wisata mereka. Dalam bahasa Indonesia, tour guide artinya pemandu wisata. Seorang tour guide harus mampu menjelaskan secara detail mengenai informasi dan melakukan serangkaian tour mengenai tempat yang dikunjungi.

Tak dipungkiri bahwa keberadaan tour guide dalam suatu tempat wisata cukup penting. Dengan adanya tour guide, kamu bisa merasa lebih aman tanpa takut tersesat. Kamu juga tidak akan bingung kemana destinasi wisata selanjutnya.

Perbedaan Tour Guide dan Tour Leader

Freepik

Salah jika kamu hanya mengira hanya ada tour guide saja, rupanya ada istilah lain yang berkaitan dengan pemandu wisata dalam bidang pariwisata, yaitu tour leader. Lalu apa bedanya tour guide dan tour leader?

Sekilas kedua istilah ini sangat mirip, bahkan mungkin banyak dari kamu yang mengira bahwa keduanya sama. Tetapi tour guide dan tour leader memiliki beberapa perbedaan.

Singkatnya, kalau tour guide biasanya hanya berada di tempat wisata tertentu. Sedangkan tour leader umumnya terikat dengan wisatawan selama beberapa waktu atau periode. Jadi, tour leader akan memberikan referensi destinasi wisata pada wisatawan selama mereka berlibur.

Selain itu, Ada beberapa hal yang membedakan tour guide dan tour leader, di antaranya:

Tugas dan Waktu Kerja

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, tour guide hanya berada dalam satu tempat wisata dan bekerja sekali waktu untuk setiap wisatawan. Semetara, tour leader harus memandu wisatawan selama perjalanan liburan mereka.

Teknis Kerja

Pekerjaan tour leader berhubungan erat dengan rombongan wisatawan yang dipimpinnya, mulai dari mematikan kelengkapan anggota rombongan, menyampaikan brief tentang setiap agenda wisata, dan sebagainya.

Sementara itu, tugas tour guide adalah mendampingi wisatawan saat sudah berada di destinasi wisata. Tour guide hanya bertugas mendampingi selama wisatawan berada di dalam tempat wisata. Jadi, jika ditanya apa saja ruang lingkup tour guide dan tour leader? 

Jawabannya, meski sama-sama berada dalam bidang kepariwisataan, tour leader lebih banyak berhubungan dengan wisatawan di setiap destinasinya. Sedangkan tour guide hanya berada dalam satu tempat.

Tanggung Jawab

Berbicara mengenai tanggung jawab, tour leader memiliki tanggung jawab lebih besar daripada tour guide. Seorang tour leader bertugas memberikan pelayanan terbaik selama tamu berwisata, meliputi menyusun agenda wisata, mengatur jumlh penumpang, hingga memastikan rombongan lengkap. Berbeda dengan tour guide, profesi ini sebatas menjalankan kewajibannya untuk melayani wisatawan di tempat wisata tertentu. 

Baca juga : Panduan Bahasa Inggris untuk Perhotelan & Tourism [Lengkap]

Jenis-Jenis Tour Guide

Dalam aktivitasnya, tour guide dibedakan dalam beberapa jenis. Berikut jenis-jenis tour guide yang bisa kamu kenali.

1. Berdasarkan Tempat Tugas

  • Local tour guide adalah tour guide yang bertugas memandu wisatawan di obyek wisata bersejarah. Misalnya candi, museum, bangunan bersejarah, dan sebagainya.
  • City tour guide adalah tour guide yang memandu wisatawan di obyek wisata kota. Jenis tour guide ini biasanya mendampingi wisatawan mengelilingi kota.

2. Berdasarkan Statusnya

  • Payroll guide adalah tour guide yang bekerja sebagai karyawan tetap di sebuah biro perjalanan atau destinasi wisata tertentu.
  • Freelance tour guide adalah seseorang yang bekerja selama paruh waktu atau dalam musim tertentu. 

3. Berdasarkan Pelaksanaannya

  • Domestic tour guide adalah pemandu wisata yang mendampingi wisatawan lokal atau domestik saat berwisata di negaranya sendiri.
  • In-bound tour guide adalah pemandu yang bertugas mendampingi turis untuk berwisata di negara domisilinya.
  • Outbound tour guide adalah pemandu yang mendampingi wisatawan untuk melakukan tour di luar negeri.

Tugas dan Tanggung Jawab Tour Guide

Beberapa tugas dan tanggung jawab tour guide di antaranya adalah:

  • Mengkoordinasikan perjalanan wisata para pesertanya
  • Memberikan rekomendasi tempat wisata sesuai minat peserta
  • Mengarahkan peserta ke tempat wisata terbaik di wilayah tersebut
  • Mengatur kegiatan program perjalanan wisata
  • Menjelaskan informasi kepada wisatawan tentang sejarah, info budaya, sosial, atau berbagai aspek lain mengenai lokasi wisata yang sedang dikunjungi
  • Memperhatikan kenyamanan, kesehatan serta kebutuhan wisatawan selama melakukan tour

Syarat Menjadi Tour Guide

Kualifikasi untuk menjadi seorang tour guide profesional sudah diatur oleh pemerintah. Nah, kalau Sobat Cakap tertarik untuk menekuni profesi ini, beberapa persyaratan yang harus dipenuhi seorang tour guide adalah sebagai berikut.

  • Memiliki lisensi yang berfungsi sebagai izin operasional. Lisensi ini mempunyai masa berakhir dan harus diperpanjang jika kamu masih ingin bekerja sebagai tour guide.
  • Mempunyai spesialisasi sesuai dengan wilayah tertentu tempatnya bekerja.
  • Memiliki latar belakang di bidang pariwisata, bisa dari SMK, D3 atau Sarjana Pariwisata tau mengikuti sertifikasi tour guide.
  • Memiliki bukti telah mengikuti pelatihan atau program escorting (dari biro pariwisata).
  • Menguasai bahasa daerah setempat sesuai dengan lokasi kerja.
  • Menguasai bahasa Inggris.
  • Memahami lingkungan kerja, mulai dari budaya, adat istiadat dan kultur masyarakatnya.

Baca juga : Kuliah Jurusan Pariwisata – Syarat Masuk, Universitas, Prospek Kerja

Cara Menjadi Tour Guide Profesional

Freepik

Bagaimana cara menjadi tour guide yang profesional? Ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan.

1. Menentukan Destinasi Wisata untuk Bekerja

Jika tertarik untuk menjadi tour guide, kamu harus tahu di mana kamu akan bekerja dari awal. Dengan begitu, kamu akan memiliki waktu lebih untuk mempelajari destinasi wisata tersebut. Tips ini dapat membantu memberikan penjelasan secara lancar.

2. Mampu Berkomunikasi dengan Baik

Kemampuan utama yang harus dimiliki oleh tour guide adalah berkomunikasi dengan baik, terutama jika kamu nantinya berhadapan dengan wisatawan asing. Setidaknya kamu harus menguasai bahasa Inggris.

Selain itu pastikan kamu memberikan penjelasan secara rinci dan dapat diterima oleh orang lain. Ingat, wisatawan berharap bisa mendapatkan manfaat dan wawasan baru dari penjelasan seorang tour guide.

3. Mempelajari hal baru dan mengikuti tren

Belajar adalah kegiatan seumur hidup, sekalipun kamu sudah bekerja dan melakukan semua hal dengan lancar, jangan pernah berhenti untuk belajar, ya. Dengan begitu kamu dapat mengembangkan kemampuan. Ikuti juga berbagai tren tempat wisata baru yang bisa jadi referensi tempat eksplorasi baru untukmu maupun untuk wisatawan. 

4. Memiliki Lisensi Tour Guide

Untuk menjadi seorang tour guide profesional, kamu harus memiliki lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi yang diselenggarakan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi Pariwisata. Dengan adanya lisensi, kredibilitas sebagai tour guide akan lebih mudah diakui.

Prospek Karir dan Kisaran Gaji Tour Guide

Berapa gaji seorang tour guide? Sebenarnya nilai ini akan berbeda-beda di tiap wilayah, agensi, dan wisatawan yang kamu pandu. Kita ambil contoh di Pulau Bali. Pekerjaan sebagai tour guide di Pulau Dewata tersebut menjadi salah satu profesi dengan gaji besar di sana.

Gaji tour guide berkisar Rp500 ribu – Rp1 juta per harinya. Jadi dalam satu bulan, seorang tour guide bisa mengantongi cuan hingga Rp30 juta. Belum lagi jika tour guide mendapatkan tips dari wisatawan. Berapa tip untuk tour guide? Hal ini tergantung dari masing-masing wisatawan atau peserta yang kamu pandu. Tetapi, umumnya orang-orang memberi tips sekitar Rp50 ribu.

Nah, setelah membaca penjelasan di atas, tentunya kamu sudah tahu kan tentang apa itu tour guide hingga berbagai hal yang kamu butuhkan untuk memulai karir. Termasuk apa saja yang dikerjakan, skill yang dibutuhkan, hingga bagaimana prospek karir dan perkiraan gajinya. 

Menjadi tour guide bisa membuat kamu bertemu banyak orang dan lebih mudah membangun relasi lho! Tertarik tidak? Kalo iya, kamu bisa mengikuti kursus online dengan topik Menerapkan Bahasa Inggris dalam Kepemanduan Wisata untuk Tourist Guide di Cakap Upskill. Ikuti kelasnya sekarang juga!

Referensi

  • careerexplorer
  • betterteam
  • Targetjobs

Baca juga : 

Hilda
Lulusan Sastra Jepang dengan 4 tahun pengalaman menulis kreatif, terutama di bidang edukasi. Senang mencari tahu dan menjelaskannya kembali lewat tulisan.

Pelajari Sales & Marketing, Leadership, Hingga Customer Service Untuk Tingkatkan Potensi Penjualan

Subcribe untuk Dapatkan Artikel Upskill lengkap.

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap