5 Tongue Twister Bahasa Mandarin, Wajib Cobain!

tongue twister bahasa mandarin
5 Tongue Twister Bahasa Mandarin, Wajib Cobain!

Belajar bahasa asing nggak pernah lepas dari yang namanya tongue twister, termasuk ketika kamu belajar bahasa Mandarin. Seperti diketahui, bahasa Mandarin sendiri merupakan bahasa yang pengucapannya sangat bergantung pada nada. Nah, kira-kira tongue twister bahasa Mandarin seperti apa ya? 

Yuk, latihan dengan lima tongue twister singkat bahasa Mandarin berikut ini dan buktikan kamu sudah jago berbahasa Mandarin!

1. Four is Four

tongue twister for is for
Photo by benzoix from freepik

Tongue twister bahasa Mandarin yang pertama ini adalah yang paling populer karena sekilas terdengar sama, namun sebenarnya berbeda. 

四是四。

十是十,

十四是十四,

四十是四十,

四十四是四十四。

sì shì sì. 

Shí shì shí, 

shí sì shì shí sì, 

sì shí shì sì shí.

Terjemahan: 

Empat adalah empat. 

Sepuluh adalah sepuluh, 

empat belas adalah empat belas, 

empat puluh empat adalah empat puluh empat. 

Daftar Cakap Sekarang, Dapatkan Kelas Bahasa Mandarin Gratis

2. Eat Grapes

eat grapes
Photo by 8photo from freepik

Beberapa tongue twister mungkin terdengar aneh dan tidak bisa dilogikakan, karena berupa permainan kata. Seperti yang satu ini, nih!

吃葡萄不吐葡萄皮

不吃葡萄倒吐葡萄皮。

chī pú táo bù tǔ pú táo pí,

bù chī pú táo dào tǔ pú táo pí.

Terjemahan:

Makan anggur tapi jangan kupas kulitnya, 

Jangan makan anggur tapi kupas kulitnya. 

3. Bird and Cat

bird and cat mandarin tongue twister
Photo by wirestock from freepik

Tongue twister bahasa Mandarin yang satu ini tidak kalah menantang meskipun hanya terdiri dari dua baris. Cobain, deh!

树上一只鸟,

地上一只猫。

地上的猫想咬树上的鸟,

树上的鸟想啄猫的毛。

shù shàng yì zhī niǎo, 

dì shàng yì zhī māo. 

dì shàng de māo xiǎng yǎo shù shàng de niǎo,

shù shàng de niǎo xiǎng zhuó māo de máo. 

Terjemahan: 

Burung di pohon, 

Kucing di lantai.

kucing di lantai mencoba untuk menggigit burung

burung di atas pohon mencoba untuk mematuk bulu kucing

4. Butterfly Flies

Satu lagi nih, tongue twister yang singkat namun menantang karena hitam dan abu-abu pengucapannya hampir mirip. 

黑蝴蝶飞,

灰蝴蝶飞,

黑蝴蝶飞完,

灰蝴蝶还飞。

hēi hú dié fēi,

huī hú dié fēi,

hēi hú dié fēi wán,

huī hú dié hái fēi.

Terjemahan: 

Kupu-kupu hitam terbang,

kupu-kupu abu-abu terbang,

kupu-kupu hitam telah selesai terbang,

kupu-kupu abu-abu masih terbang. 

Skill Bahasa Mandarin Buka Pintu Kesempatan Baru, Saatnya Kamu Mulai Belajar

5. If you know, say you know

Photo by wnakaridore from freepik

Kamu harus bilang kamu tahu kalau kamu tahu, Sobat Cakap. Tongue twister bahasa Mandarin satu ini menggunakan struktur kalimat yang berbelit sehingga tidak mudah diucapkan. 

知道就说知道,

不知道就说不知道,

不要知道说不知道,

也不要不知道说知道,

你知道不知道?

zhī dào jiù shuō zhī dào,

bù zhī dào jiù shuō bu zhī dào,

bù yào zhī dào shuō bu zhī dào,

yě bù yào bù zhī dào shuō zhī dào,

nǐ zhī dào bù zhī dào?

Terjemahan:

Jika kamu tahu, katakan bahwa kamu tahu, 

jika kamu tidak tahu katakan bahwa kamu tidak tahu

Kamu jangan sebenarnya tahu namun mengatakan bahwa kamu tidak tahu

dan kamu jangan sebenarnya tidak tahu namun mengatakan bahwa kamu tahu

Apakah kamu mengerti? 

source: giphy.com

Gimana? Gimana? Apakah kamu berhasil melakukan kelima tongue twister di atas dengan benar dalam satu kali percobaan? 

Bahasa Mandarin sebenarnya tidak sulit dipelajari, namun perlu latihan untuk dapat berbicara dengan lancar. Nah, biar kamu bisa ngomong “fafifu wasweswos” pake bahasa Mandarin, kamu kayaknya perlu ikut kursus bahasa Mandarin online di Cakap deh! Buruan daftar dan pilih sendiri jadwal kelas serta pengajar favoritmu! #SiapaCakapDiaDapat

Baca juga: 

Hilda
Lulusan Sastra Jepang dengan 4 tahun pengalaman menulis kreatif, terutama di bidang edukasi. Senang mencari tahu dan menjelaskannya kembali lewat tulisan.

Tips & Trik E-Book

Kuasai Mandarin dan Siap Bersaing di Perusahaan Multinasional

Faktanya China merupakan:

      #SiapaCakapDiaDapat