Tips Menghadapi JLPT (Japanese Language Proficiency Test)

tips menghadapi jlpt

JLPT atau Japanese Language Proficiency Test adalah uji kemampuan bahasa Jepang untuk non-first speaker bahasa Jepang. Bagi kalian yang belajar bahasa Jepang tentu saja sudah tidak asing dengan JLPT. Pada umumnya tes JLPT ini diperuntukan buat kamu yang ingin bekerja dan sekolah di Jepang.

Untuk kamu yang mau mengikuti JLPT, berikut ada beberapa hal yang dapat kamu perhatikan dalam menghadapi tes JLPT.

TIPS MENGHADAPI JLPT

 

Membaca

Banyak membaca artikel berita dalam bahasa Jepang atau komik berbahasa Jepang. Atau teman-teman bisa membaca dari buku pelajaran bahasa Jepang yang teman-teman miliki.  Semakin banyak membaca maka akan semakin terbiasa dan semakin lancar berbahasa Jepang.

Mencari

Mencari kosa kata atau bahakan kanji didalam kamus. Kemudian mencatat dan menghapalkannya.  Ini adalah bagian yang penting untuk menambah kosakata bahasa Jepangmu.  Semakin banyak mengetahui kosakata, maka akan semakin mudah untuk berbahasa Jepang.

Berlatih soal-soal

Teman-teman bisa mengunduh soal-soal latihan JLPT yang ada di situs resmi JLPT. Selain dari sana teman-teman juga bisa mencari buku-buku latihan soal JLPT.  Kamu akan lebih mengerti dengan bentuk bentuk soal JLPT yang terdahulu kan.

Bergabung dengan komunitas yang membahas trik-trik dalam ujian bahasa Jepang

Disini teman-teman bisa berbagi pengalaman atau metode dengan sesama orang yang sudah melewati JLPT, atau juga mempersiapkan diri dalam menghadapi JLPT sama seperti kamu.

Mencari Tutor

Jika teman-teman merupakan mahasiswa jurusan bahasa Jepang, jangan sungkan untuk meminta bantuan kakak kelas untuk mengajarkan materi yang tidak diketahui. Jika teman-teman bukan mahasiswa jurusan bahasa Jepang, teman-teman bisa mengikuti persiapan kelas JLPT secara online maupun Offline.  Secara online kamu bisa berlatih di CAKAP bersama pengajar dari Aki No Sora yang siap membantumu untuk mendapatkan score terbaik pada JLPT. 

Untuk info lebih detail tentang Kursus Online Persiapan JLPT di  Cakap > https://cakap.com/persiapan-jlpt/ 

Yuk, Belajar bahasa Jepang online di CAKAP

 

Berdo’a

Harus disertai berdoa ya, supaya ujiannya lancar.

Jaga stamina

Umumnya sebelum ujian biasanya teman-teman melakukan sistem belajar kebut semalam bahkan sampai larut malam. Jika stamina kita menurun dikhawatirkan tidak akan maksimal dalam mengerjakan soal-soal JLPT keesokan harinya.  So jangan lupa istirahat dan tidur yang cukup agar kamu siap dalam menghadapi semua soal soal JLPT.

Selamat menghadapi JLPT. Ganbatte!

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google