Interview Online? Cari Tahu Tipsnya Biar Nggak Gelagapan!

interview online

Yup, selama WFH, pasti familiar dong, dengan kegiatan serba online, mulai dari meeting, kelas, hingga ketemu teman pun harus dilakukan lewat Google Meet karena kita harus melaksanakan social distancing. Sedikit riskan kalau perusahaan tetap melaksanakan interview secara face-to-face. Meskipun di tengah work from home (WFH), recruitment  harus tetap berjalan. Salah satu caranya agar recruitment tetap terlaksana adalah dengan mengadakan interview online.

Eits, walaupun nggak dilakukan secara langsung, interview online tidak kalah challenging. Kandidat nggak hanya harus berpakaian rapi, namun juga harus berada di ruangan yang sepi karena user dapat melihat suasana kamar mereka. 

Buat kamu yang baru saja mendapat panggilan job interview terutama di tengah pandemi ini, ketahui dulu yuk, apa aja sih yang harus kamu siapkan?

Sebelum Interview Online

source: giphy.com

Research and Practice

Salah satu pertanyaan interview yang sering ditanya oleh user adalah, “Apa yang kamu ketahui dari perusahaan kami?”. Agar interview berjalan lancar, cari tahu dulu tentang perusahaan tempat kamu melamar dan latihan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Cari tahu pertanyaan apa saja yang biasa ditanyakan dalam interview dan terus berlatih di depan kaca agar kamu percaya diri saat menjawab.

Coba juga untuk berlatih dialog interview Bahasa Inggris dengan teman kamu agar terbiasa dalam interview.  Itu bisa menjadi salah satu nilai jual kamu bagi perusahaan.

Siapkan Perihal Teknis

Nggak hanya harus mempersiapkan diri, kamu juga harus mempersiapkan detil-detil teknis seperti laptop, koneksi internet, hingga pastikan ruangan kamu menjalankan interview rapi. Pastikan link untuk interview yang diberikan oleh user sudah benar dan dapat diakses di device yang kamu gunakan. Also, don’t panic! Kalau tiba-tiba device yang kamu gunakan bermasalah, kamu harus sudah siapkan backup plan sebagai solusinya. 

Selain itu, karena user tetap harus melihat kamu, pastikan juga kalau kamera dari device yang akan kamu gunakan berfungsi dengan maksimal ya!

Dressed Up is A Must!

Jangan remehkan online interview ya. Meskipun kamu nggak bertemu user secara langsung, cara kamu berpakaian juga akan tetap dinilai lho. Selayaknya interview kerja pada umumnya, first impression turut dilihat dari cara kandidat berpakaian. Jangan sampai kamu melaksanakan interview hanya dengan menggunakan kaos dan celana pendek. Walau kemungkinan hanya bagian atas tubuh yang terekam kamera, mengenakan pakaian yang formal secara menyeluruh bisa menjadi poin tambahan.

Baca juga: Akan Interview User? Ini Tips dan Contoh Pertanyaannya!

Selama Interview Online

source: giphy.com

Relax, Jangan Tegang!

Meskipun kamu tidak berhadapan langsung dengan user, mereka tetap dapat melihat kamu kalau kamu nervous. Tarik napas dalam-dalam dan tunjukan apa saja yang sudah kamu pelajari. Cara memperkenalkan diri saat interview di awal harus memberikan kesan yang kuat bagi user. Komunikasikan jawaban-jawabanmu dengan dengan percaya diri. That’s why, practice makes perfect. Kalau kamu sudah mendalami perusahaan dan posisi yang kamu lamar, you will be fine!

Eye Contact dan Body Gesture

Saat interview dimulai dengan perkenalan, Ketika melakukan interview daring, kamu harus tetap menatap mata user dengan fokus ke kamera, bukan ke layar device. Perhatikan juga gesture tubuh selama interview. User tetap dapat melihat gerak-gerikmu lewat kamera. Jangan lupa juga untuk tersenyum ya!

Siapkan Pertanyaan 

Setelah interview selesai, user biasanya memberikan kesempatan kepada kandidat untuk bertanya mengenai jabatan yang dilamar atau perusahaan itu sendiri. Sesi ini dapat dimanfaatkan oleh kandidat untuk mempelajari lebih lanjut tentang job description yang akan ia jalankan atau feedback setelah interview.

Mau Cepat Dapat Kerja?

Ayo Tambah Skill Kamu di Cakap Upskill!

Sesudah Interview Online

source: giphy.com

Selesainya interview bukan berarti selesai pula proses recruitment. Ucapkan terima kasih kepada user yang mewawancarai kamu baik langsung atau melalui email. Perusahaan akan memberikan kabar mengenai status proses recruitment dalam beberapa hari hingga seminggu. 

Jika kamu belum mendapatkan kabar dalam kurun waktu tersebut, kamu bisa follow-up melalui email dengan bertanya apakah sekiranya ada informasi tambahan yang dibutuhkan oleh perusahaan atau kepastian dari proses recruitment yang kamu lalui.

Kemampuan berbahasa Inggris juga bisa dilihat dari lamaran pekerjaan dalam Bahasa Inggris yang kamu kirimkan ke perusahaan. Perusahaan bisa menilai kemampuan Bahasa Inggrismu lewat tata bahasa yang kamu tulis di surat lamaran.

Supaya Bahasa Inggris kamu semakin lancar, yuk belajar Bahasa Inggris di Cakap! Kamu bisa tanya secara privat ke guru Bahasa Inggris di Cakap seputar interview dalam Bahasa Inggris juga lho!

Baca Juga:

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google