Cerita Gardini: Mengambil Kelas Bahasa Inggris untuk Persiapan IELTS

student-testimonial-gardini-eveline

Di penghujung akhir tahun 2023, Cakap mempersembahkan student testimoni yang di dalamnya terdapat banyak inspirasi. Cerita kali ini datang dari Gardini Eveline, salah satu student English Privat Maxi Cakap. Buat kamu yang berencana mengambil kelas bahasa Inggris untuk keperluan kerja atau keperluan persiapan IELTS, yuk simak cerita Gardini, siapa tahu bisa memotivasi semangatmu jadi lebih tinggi!

Table of Contents

Berkat Rekomendasi dari Teman, Mantap Memilih Cakap

Konon pepatah mengatakan “Banyak jalan menuju Roma”. Ungkapan ini menjelaskan bahwa ada banyak jalan atau cara untuk menemukan sesuatu. Dalam hal ini, Gardini menemukan Cakap lewat rekomendasi dari temannya yang lebih dulu mengambil kelas di Cakap. 

“Sebenarnya awal tahunya itu dari teman, jadi temen cerita dia mengikuti satu kelas dan ternyata itu di Cakap. Dijelasin tentang proses dia belajar seperti apa, dan saya jadi tertarik.”

Semenjak itu, Gardini mulai tertarik dan mulai mencari tahu metode pembelajaran di Cakap. Ternyata memang fleksibel, bisa belajar online dan bebas atur jadwal menyesuaikan kesibukannya.

“Saya jadi semakin tertarik ketika saya dengar dari teman saya kalau Cakap itu ada sesi ngobrol atau konsultasi sama buat ngebahas materi. Kelasnya juga fleksibel, dengan solusi dari Cakap ini bisa sangat membantu mengatur waktu belajar yang pas dengan jadwal saya. Jadi saya coba dulu dan ternyata sampai sekarang masih betah belajar di Cakap.”

Makin Lancar Berbahasa Inggris Saat Bertemu Klien Foreigners

Sebagai seseorang yang bekerja di bidang research marketing, bertemu dan berbincang dengan klien asing adalah hal yang sangat common. Maka dari itu, penting bagi Gardini untuk bisa menguasai bahasa Inggris agar komunikasi dengan klien foreigners bisa berjalan lancar.

“Aku seringnya dapet klien mostly dari luar negeri, klien foreigners. Panduan diskusi dan pekerjaan saya juga pakai bahasa Inggris, laporannya bahasa Inggris. Jadi memang semuanya sudah didesain dengan bahasa Inggris. Ketika mengikuti les di Cakap jadi percaya diri saat berbicara dengan klien foreigners. Saat kita bisa bicara lebih percaya diri, mereka jadi lebih menghargai.”

Bagi Gardini, belajar di Cakap bukan hanya me-refresh ingatan tentang bahasa Inggris yang sebelumnya sudah dipelajari. Lebih dari itu, belajar di Cakap bisa membuatnya lebih sering menggunakan bahasa Inggris secara aktif.

“Menurut saya belajar di Cakap bisa bantu saya untuk terpapar lagi sih sama bahasa Inggris dan menggunakannya dengan para teacher secara lebih intens, bukan hanya sekedar teks gitu. Kalau cuman baca teks dan nonton filmkan belajar pasif ya.”

14 Hari Belajar Bahasa Inggris Gratis di Cakap, Khusus untuk Pengguna Baru

Les di Cakap Menyenangkan, Kita Juga Bisa Cerita Kecil-Kecilan ke Teacher

Selama kurang lebih 1 tahun lamanya belajar di Cakap, Gardini merasa kalau vibes belajar di Cakap itu sangat cocok untuk kesibukan dan kesehariannya. Tidak sampai di situ, menurutnya suasana belajarnya juga sangat menyenangkan. Apalagi bisa pilih teacher sendiri, jadi lebih enak dan bebas cari teacher yang cocok dengannya.

“Saya kemarin ambil paket 6 bulan dan sekarang lanjut ambil lagi paket yang 6 bulan. Menariknya waktu paket pertama itu yang kelas setiap hari jadi terasa banget intensifnya ya harus masuk walaupun ada bolongnya, namun ambil paket yang tiap hari itu jadi makin pede ketika bicara dengan foreigners. So far, pengalaman belajar di Cakap sangat menyenangkan. Aku juga bisa pilih teacher-ku sendiri, mostly aku belajar sama teacher yang dari Filipina.”

Selain berbagi pengalamannya belajar di kelas yang menyenangkan, Gardini juga mengatakan bahwa setiap memulai sesi belajar, dia diharuskan untuk cerita kecil-kecilan menggunakan bahasa Inggris tentang aktivitas yang sudah dilakukan pada hari tersebut. Menurut Gardini, hal itu sangat menarik. Dia juga mengungkapkan kalau ngobrol dengan teacher sangat asik, mereka sangat terbuka dan ramah.

“Di Cakap itu sebelum les dimulai yang menarik buat saya kita harus cerita kecil-kecil-an tentang aktivitas hari ini, misalnya tadi pagi ngapain aja gitu. Terus yang menarik juga bahan bahannya, materinya itu melatih kemampuan berpikir kritis saya. Karena saya menjawab itu sifatnya “what do you think”. Terus itu saya menjawab sesuai dengan apa yang aku believe, jadi like argumentasi yang saya kasih memang argumentasi saya pribadi, bukan supaya terlihat bagus.”

Mulai Mengambil Kelas Persiapan IELTS

Selain belajar materi bahasa Inggris. Di paket barunya ini, Gardini mengambil kelas persiapan IELTS.

“Di kursus pertama, aku ambil paket General English yang Maxi Private, sekarang saya ambil paket persiapan IELTS.”

Setelah merasa bahwa salah satu tantangan besar dalam belajar bahasa Inggris adalah saat menghadapi test atau exam, akhirnya Gardini memantapkan diri untuk mengambil paket persiapan IELTS.

“Aku sering banget ngerasa kesusahan, aku menikmati proses belajarnya tapi ketika melakukan test itu jadi harus belajar dulu. Karena memang tesnya memang nggak bisa nggak belajar. Dan nggak bisa nebak nebak juga. Jadi memang menurut saya tantangan saya ya di situ, di saat test-nya. Maka dari itu, aku mulai coba upgrade diri dengan mengikuti persiapan test IELTS. Saya pikir saya perlu persiapan dengan lebih serius saja.”

Gardini: “Aku Selalu Rekomendasiin Cakap ke Temen-Temenku”

Seberapa pantas sih Cakap direkomendasikan ke teman-teman, keluarga, atau ke orang-orang sekitar? Gardini mengaku kalau Cakap sangat pantas direkomendasikan, bahkan dia sudah banyak bercerita tentang Cakap ke teman-temannya.

Aku sebenernya udah sering banget rekomendasiin Cakap. Kan di sekitarku ada banyak teman-teman yang mau ke luar negeri, jadi aku sering kasih tahu ke temen temen. Kalau ngomongin harga, ya nggak papalah kalau kamu bayar lebih mahal tapi kamu dapatkan manfaatnya. Karena aku sendiri pribadi merasa kebantu, terutama tentang boosting my confidence.”

So, itu dia cerita perjalanan Gardini Eveline saat belajar bahasa Inggris di Cakap. Buat kamu yang ingin lebih lancar dan percaya diri saat berbicara menggunakan bahasa Inggris, yuk segera daftarkan dirimu di kelas bahasa Inggris online Cakap! Pastikan kamu booking kelasnya sekarang, ya karena #SiapaCakapDiaDapat!

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.