Kumpulan Jenis Sentences dengan Arti dan Contoh Lengkap

sentences

Sentences merupakan materi yang biasanya dipelajari setelah frasa dan klausa. Kedudukannya dalam sebuah struktur bahasa, biasanya menempati urutan ketiga setelah wacana dan paragraf. Tentu dalam percakapan sehari-hari, baik lisan maupun tulisan, sentence sangat akrab digunakan. Kamu bisa menemukannya di mana-mana, di buku-buku, di naskah pidato, atau bahkan di selebaran-selebaran iklan.

Namun, sudahkah kamu mengetahui semua tentang sentences termasuk fungsi dan jenisnya? Lengkapi dan sempurnakan pemahamanmu seputar sentences melalui artikel berikut ini!

Table of Contents

Arti Sentence

Sentences artinya kalimat. Salah satu unit terbesar dan terlengkap dalam struktur bahasa. Kalimat juga bisa diartikan sebagai kumpulan atau sekelompok kata yang mampu menyajikan pemikiran, informasi, gagasan yang menyeluruh dan lengkap dengan cara memberikan pernyataan, perintah, atau pertanyaan. 

Setidaknya, kalimat harus mengandung satu subjek dan satu kata kerja (hadir sebagai jantung dari kalimat). Ciri lainnya dari kalimat yang bisa dengan mudah dikenali ialah selalu diawali dengan huruf kapital dan diakhiri dengan tanda titik (full stop), tanda tanya, atau pun tanda seru.

Contoh Sentences:

  • I really appreciate your decision.
    (Saya sangat menghargai keputusanmu).
  • Do you like roses?
    (Apakah kamu menyukai bunga mawar?)


Pentingnya Memahami Sentence

Apa sih fungsi sentences atau kalimat? Mengapa memahami sebuah kalimat itu sangat penting? Terdapat beberapa alasan menarik yang mengharuskanmu memahami sentence

Alasan yang pertama adalah untuk menghindari kalimat run-on alias kalimat yang terus menerus dan berkepanjangan. Biasanya run-on terjadi karena kesalahan dalam penulisan dan pemberian koma.

Memahami kalimat dan strukturnya juga akan membantumu untuk memutuskan bagaimana memberikan tanda baca yang sesuai pada kalimat yang dibuat.

Mau 14 Hari Belajar Bahasa Inggris Gratis di Cakap?

Jenis-Jenis Sentences Berdasarkan Penggunaanya

Terdapat 4 jenis sentences berdasarkan penggunaanya, yaitu declarative, interrogative, imperative, dan exclamatory sentence. Berikut penjelasan lengkap dengan contohnya:

Declarative Sentence

Jenis kalimat declarative umumnya digunakan untuk memberikan pernyataan, opini, fakta, dan informasi. Penggunaan tanda titik di akhir kalimat merupakan salah satu ciri khas dari declarative sentence.

Contoh:

  • The restaurant will open in 30 minutes.
    (Restoran akan dibuka dalam 30 menit.)

 

Interrogative Sentence

Interrogative sentence atau kalimat tanya merupakan type of sentences yang digunakan untuk membuat pertanyaan. Ciri khas dari kalimat ini adalah adanya pembubuhan tanda tanya atau question mark di akhir kalimat.

Contoh:

  • Ibra loves me, doesn’t he?
    (Ibra mencintaiku, iya kan)?

 

Imperative Sentence

Imperative sentence adalah kalimat yang mengandung larangan atau perintah (command). Lebih luas dari itu, jenis sentences ini juga berfungsi sebagai peringatan, instruksi, nasehat, bahkan permintaan.

Contoh:

  • Get out of my sight as far as possible!
    (Pergi dari pandanganku sejauh mungkin!)

 

Exclamatory Sentence

Satu lagi jenis sentences berdasarkan penggunaanya, yaitu exclamatory sentence. Biasanya, kalimat ini digunakan untuk mengungkapkan sebuah perasaan yang kuat (baik sedih, marah, maupun kagum).

Contoh:

  • How beautiful these tulips are!
    (Betapa Indahnya bunga tulip ini!)

sentences-artinya
Photo from Freepik

Jenis-Jenis Sentences Berdasarkan Strukturnya

Berdasarkan struktur atau bentuknya, kalimat dibagi menjadi empat jenis, yaitu simple, complex, compound, dan complex-compound sentences. Berikut penjelasan selengkapnya!

Simple Sentence

Sama dengan namanya, simple sentence adalah kalimat sederhana yang umumnya memiliki induk kalimat atau independent clause.

Contoh:

  • I bought a pack of bread.
    (Saya membeli sebungkus roti).

 

Complex Sentence

Complex sentence merupakan jenis kalimat yang di dalamnya terdapat gabungan antara satu independent clause dan satu atau lebih dependent clause.

Contoh:

  • You were playing when he left.
    (Kamu sedang bermain ketika dia pergi).

 

Compound Sentence

Kamu tentu mengenal istilah “kalimat majemuk” dalam bahasa Indonesia, bukan? Nah, dalam bahasa Inggris bentuk kalimat yang serupa dikenal dengan nama compound sentence. Berbeda dengan complex sentence, kalimat yang digabungkan dalam tipe sentences ini adalah dua independent clause.

Contoh:

  • I read novels, but he reads comics.
    (Saya membaca novel, tetapi dia membaca komik).

 

Complex-compound Sentence

Complex-compound sentence merupakan kalimat majemuk campuran. Jenis sentences ini memiliki main clause dan subordinat yang lebih dari satu. Memiliki beberapa induk dan anak kalimat.

Contoh:

  • He knows that his friend wants to be an architect, but his parents always want him to be a doctor.
    (Dia tahu temannya ingin menjadi arsitek, tetapi orang tuanya selalu menginginkannya menjadi dokter)

Kursus Bahasa Inggris di Cakap, Bebas Atur Jadwal Belajar

Jenis-Jenis Sentences Berdasarkan Predikatnya

Kamu tentu pernah mendengar tentang verbal dan nominal sentence. Keduanya merupakan jenis sentences berdasarkan predikatnya. Yuk, cek penjelasan selengkapnya!

Verbal Sentence

Secara sederhana, verbal sentence dapat diartikan sebagai kalimat yang predikatnya berupa kata kerja murni. Baik kata kerja bentuk pertama, kedua, maupun ketiga.

Contoh:

  •  Anand reads an old literary book.
    (Anand membaca buku sastra lama).

 

Nominal Sentence

Untuk jenis sentences yang satu ini, biasanya dikenali dengan penggunaan kata kerjanya yang menggunakan verb be, seperti is am, are. Objek atau pelengkap yang mengikuti predikat dari nominal sentence berbentuk kata sifat, kata benda, atau kata keterangan.

Contoh:

  • You are very charismatic!
    (Kamu sangat berkarisma!)

 

Ternyata ada banyak juga ya jenis-jenis sentences, bahkan dari jenisnya sendiri juga memiliki beberapa kategori. Gimana? Sekarang kamu udah lebih paham dan lebih mengerti tentang sentence, bukan? Masih ada banyak materi bahasa Inggris menarik lainnya yang bisa kamu pelajari.

Biar belajarmu makin lancar dan terencana, yuk gabung bersama kursus bahasa Inggris online Cakap! Meskipun belajar secara online, kamu masih bisa berinteraksi dan ngobrolin materi seru bareng para teachers, lho!

Referensi:
-learnagrammar.net
-academicguides.waldenu.edu
-englishclub.com
-grammar-monster.com

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Inggris Tanpa Buang Waktu Bertahun-tahun

Karyawan yang menguasai bahasa asing dapat potensi 10 – 20% gaji lebih besar.

      #SiapaCakapDiaDapat