Sejarah Lengkap Peringatan Hari Pahlawan 10 November

sejarah-hari-pahlawan

Dalam waktu dekat, bangsa Indonesia akan memperingati Hari Pahlawan Nasional yang jatuh pada tanggal 10 November. Hari Pahlawan menjadi salah satu bagian penting dalam sejarah perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia yang sekaligus menjadi pengingat akan semangat juang rakyat Indonesia, dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Di tahun 2022 ini, peringatan Hari Pahlawan mengangkat tema “Pahlawanku, Teladanku”.

Nah, untuk lebih mengenal sejarah Hari Pahlawan dan asal-usul ditetapkannya tanggal 10 November sebagai Hari Pahlawan, yuk simak penjelasan sejarah Hari Pahlawan di bawah ini!

Sejarah hari pahlawan

Photo from Unsplash

Hari Pahlawan ditetapkan setiap tanggal 10 November untuk memperingati perjuangan bangsa Indonesia dan para pahlawan yang gugur dalam pertempuran melawan penjajah. Pertempuran tersebut diketahui sebagai salah satu pertempuran terbesar dan terpenting melawan kolonialisme dalam sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Dilansir dari situs resmi Kemensos.go.id, pertempuran yang terjadi antara bangsa Indonesia dan pasukan tentara Inggris dipicu salah satunya oleh tewasnya Brigadir J Mallaby, pimpinan tentara Inggris di wilayah Jawa Timur. Sebelum pertempuran terjadi, tepatnya pada tanggal 29 Oktober 1945, tentara Inggris dan pihak Indonesia menyepakati penghentian perang sementara atau yang disebut dengan gencatan senjata. 

Namun, sejumlah bentrokan masih terjadi antara pihak Inggris dan rakyat Indonesia meskipun dalam masa gencatan senjata. Puncaknya, saat Brigadir J Mallaby tewas terbunuh sehingga memancing kemarahan pihak Inggris. Setelah kejadian tersebut, pihak Inggris mengeluarkan ultimatum yang berisi permintaan kepada rakyat Indonesia untuk menyerahkan seluruh persenjataan dan berhenti melakukan perlawan terhadap tentara Inggris. Pihak Inggris memberikan waktu sampai pukul 6 pagi, 10 November 1945 dan apabila ultimatum tersebut tidak diindahkan maka pihak Inggris akan menyerbu kota Surabaya.

Tentara Indonesia dan rakyat Surabaya tidak mengindahkan ultimatum tersebut sehingga terjadilah pertempuran Surabaya yang berlangsung kurang lebih selama 3 minggu. Pertempuran tersebut merupakan pertempuran pertama pihak Indonesia melawan tentara asing setelah Proklamasi Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 1945. 

Ditetapkannya 10 November sebagai Hari Pahlawan

Photo from Pixabay

Kota Surabaya dikenang sebagai Kota Pahlawan karena semangat perjuangan warga sipil dan tentara Indonesia yang membara dan tak kenal menyerah dalam pertempuran berdarah melawan tentara Inggris. Pertempuran Surabaya juga dikenal sebagai simbol perlawanan Indonesia terhadap kolonialisme.

Untuk memperingati semangat perjuangan tentara Indonesia dan rakyat Surabaya pada pertempuran 10 November 1945, tanggal 10 November pun ditetapkan sebagai Hari Pahlawan.

Ucapan Hari Pahlawan

Untuk semakin memeriahkan Hari Pahlawan, yuk berbagi ucapan Hari Pahlawan dengan beberapa kutipan tokoh terkenal dan beberapa ucapan lainnya di bawah ini!

  • Kenang, kenanglah kami. Teruskan jiwa kami, menjaga Bung Karno, menjaga Bung Hatta, menjaga Sjahrir. –Chairil Anwar (dalam puisi Karawang Bekasi).

  • Waktu jalan. Aku tidak tahu apa nasib waktu. Pemuda-pemuda yang lincah, yang tua tua keras, bermata tajam. Impinya kemerdekaan, bintang-bintangnya kepastian. Selamat Hari Pahlawan! –Chairil Anwar (dalam puisi Prajurit Jaga Malam).

  • Seperti malam merajut hujan, kusulam namamu di langitku. Ku-ukir namamu, pahlawan. Selamat Hari Pahlawan 2022! –Taufik Afandi

  • Pahlawan: Lahir, hilang, gugur, hidup, mengalir, sudah. –Mustofa Bisri

  • Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, tapi perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri. –Ir.Soekarno

  • Selamat Hari Pahlawan 2022. Selaraskan mimpi untuk tetap menjaga dan memajukan bangsa Indonesia.

  • Tundukkan kepalamu sejenak, rapalkan doa-doa untuk para pahlawan yang telah gugur dalam keabadian yang mulia. Selamat Hari Pahlawan 2022!

  • Pahlawanku, teladanku! Selamat memperingati Hari Pahlawan 2022.

  • Berteriak lantang, melawan ketidakadilan! Selamat Hari Pahlawan.

  • Selamat Hari Pahlawan 2022, yuk selalu berusaha untuk jadi pahlawan masa kini!

 

Itulah sejarah di balik peringatan Hari Pahlawan 10 November, lengkap dengan beberapa ucapan Hari Pahlawan. So, Sobat Cakap! Selamat Hari Pahlawan, ya! Mari mengenang dan menghormati perjuangan para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia karena “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya” -Ir. Soekarno.

Baca Juga: 

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.