Dari Eropa ke Seluruh Dunia: Sejarah Car-Free Day

car free day

Kamu tentu familiar dengan car-free day, bukan? Car-Free Day atau Hari Bebas Kendaraan Bermotor diperingati setiap tanggal 22 September di seluruh dunia. Peringatan ini bertujuan untuk mengajak dan mendukung para pemilik kendaraan bermotor untuk tidak menggunakan kendaraannya selama sehari. Kira-kira apa sih hal yang menjadi latar belakang kegiatan ini? Simak penjelasan lengkapnya ya!

Mengenal Car-Free Day

Car-free day merupakan gerakan yang mengimbau masyarakat untuk tidak menggunakan kendaraan bermotor dalam satu hari. Tujuan kegiatan ini adalah untuk mengkampanyekan kepedulian terhadap lingkungan di kalangan pengguna kendaraan bermotor. 

Seperti diketahui, penggunaan kendaraan bermotor identik dengan penggunaan sumber daya tidak terbarukan yaitu minyak bumi. Selain itu, emisi kendaraan bermotor juga menjadi penyumbang terbesar terhadap polusi udara

Saat ini, car-free day sudah dikampanyekan di berbagai negara di seluruh dunia. Tidak sedikit yang menjadikan kegiatan ini sebagai bagian dari program pemerintah pada hari tertentu. Meski demikian, ada sejarah yang panjang sebelum car-free day menjadi gerakan yang umum di berbagai belahan dunia. 

Sejarah Car-Free Day

Sejarah car-free day dimulai pada tahun 1956 di mana car-free day pertama diselenggarakan di Belanda dan Belgia dilatarbelakangi krisis terusan Suez. Pada saat itu belum ada gerakan massal untuk mengkampanyekan hal ini. Meski demikian, pembicaraan mengenai program yang serupa sempat terjadi di beberapa daerah di Amerika dan Eropa. 

Kesadaran masyarakat dunia terhadap pentingnya untuk mengkampanyekan pengurangan kendaraan bermotor meningkat seiring terjadinya krisis minyak pada tahun 1973. Ajakan untuk mengkampanyekan kegiatan ini muncul pertama kali pada tahun 1994 oleh Eric Britton dalam sebuah konferensi yang diadakan di Toledo, Spanyol. 

Setahun kemudian, gerakan massal dengan tujuan mengkampanyekan pengurangan penggunaan kendaraan bermotor semakin marak terjadi. Dalam perjalanannya, car-free day semakin banyak diselenggarakan di berbagai daerah, hingga pada tahun 2000 World Car-free Day pertama diselenggarakan oleh Carbuster yang telah menjadi World Carfree Network. 

22 September sebagai International Car-Free Day

Tingginya antusiasme berbagai pihak dalam kampanye car-free day membuka pembicaraan untuk menentukan satu hari khusus sebagai peringatan International Car-Free Day. Pada tahun 2000 disepakati untuk menjadikan tanggal 22 September sebagai International Car-Free Day. Kegiatan ini diawali oleh Uni Eropa di mana pusat kota-kota besar ditutup untuk kendaraan dan dibuka untuk pejalan kaki, pesepeda, dan kendaraan umum saja. 

Program ini pun meluas ke seluruh dunia, ditandai dengan partisipasi berbagai pemerintahan untuk ikut menutup jalan raya bagi kendaraan bermotor. 

Car-Free Day di Indonesia

Hari bebas kendaraan bermotor adalah istilah lokal untuk car-free day di Indonesia. Pada tahun 2007 Indonesia mengadakan hari bebas kendaraan bermotor pertama dengan menutup jalanan terpadat di ibukota, yaitu sekitar Jalan Sudirman dan Jalan Thamrin. 

Sebagai negara pertama di ASEAN yang mengadakan car-free day, kegiatan di lokasi ini dikoordinasi langsung oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Sejak tahun 2012, hari bebas kendaraan bermotor rutin diadakan setiap hari Minggu dari pukul 06.00 hingga 11.00 WIB.  

Pemandangan jalanan ibukota yang biasa padat oleh kendaraan pun tampak kontras dengan pejalan kaki yang memenuhi jalanan. Masyarakat dapat melakukan jalan santai maupun olahraga ringan di sepanjang jalanan terpadat di ibukota tersebut. 

Seiring berjalannya waktu, hari bebas kendaraan bermotor di Indonesia ini tidak lagi hanya berlangsung di Jalan Sudirman dan Jalan Thamrin. Baik daerah lain di Jakarta, maupun berbagai daerah di berbagai kota di Indonesia pun mulai mengadakan kegiatan serupa. 

Jadi begitu, Sobat Cakap!

Meskipun saat ini kegiatan hari bebas kendaraan bermotor di Indonesia ditiadakan akibat pandemi, jangan lupakan esensi kegiatan tersebut ya! Bijaklah dalam menggunakan kendaraan bermotor dan utamakan selalu untuk menggunakan angkutan umum demi kelestarian bumi kita. Selamat Hari Bebas Kendaraan Bermotor Sedunia!

Baca juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks