Apa Arti See You? Ini Arti, Variasi Lain, & Contoh Kalimatnya

see-you-artinya

Jika suatu hari kamu atau orang-orang terdekatmu akan pergi ke luar kota atau luar negeri, untuk kuliah atau bekerja, salam perpisahan apa yang akan kamu ucapkan dalam bahasa Inggris? Apakah hanya “see you”? Atau ada yang lain, seperti “see you on top” mungkin? Kita sama-sama tahu bahwa see you artinya “sampai jumpa”, tapi kalau see you on top, kira-kira apa, ya?

Daripada penasaran, ikuti terus artikel ini dan temukan jawaban selengkapnya tentang arti see you, berikut dengan variasi penggunaan dan contohnya! Keep reading this article, ya!

Arti See You

Okay, see you!” rasanya tidak asing ya dengan kalimat itu? Biasanya seringkali ditemukan pada percakapan antara teman main atau rekan kerja yang akan berpisah atau pulang duluan. Seperti yang sudah sedikit disinggung di atas bahwa see you artinya sampai jumpa atau sampai bertemu. Ungkapan ini bersifat informal, biasanya hanya diungkapkan kepada orang yang dekat dan akrab saja, seperti teman atau keluarga.

Walaupun tergolong dalam sebuah salam perpisahan, tapi perlu diketahui bahwa jika kamu mengatakan see you, maka artinya perpisahan itu hanya bersifat sementara, bukan selamanya. Atau dengan nama lain, di lain kesempatan nanti kalian akan bertemu lagi.

Selain lekat artinya dengan “sampai jumpa”, see you juga bisa berarti “melihat kamu”. Arti dari keduanya tentu dapat dilihat dari konteks utuh kalimatnya sebelum diterjemahkan. Contoh, dalam kalimat “I can see you from my window”, frasa “see you” di sini berarti “melihatmu”.

14 Hari Belajar Bahasa Inggris Gratis di Cakap, Khusus untuk Pengguna Baru

Variasi Bentuk Penggunaan See You

Untuk mengatakan “sampai jumpa”, kamu bisa menggunakan variasi lain dari see you, lho. Ada banyak kata keterangan yang bisa kamu pakai untuk melengkapi kalimat “see you” yang kamu ucapkan. Di antara variasi see you di bawah ini, variasi mana saja yang sudah kamu ketahui?

1. See You Again

See you again artinya sampai bertemu lagi, kata “lagi” di sini menjadi penanda bahwa suatu hari akan bertemu lagi, namun untuk waktunya tidak bisa diketahui. Ungkapan see you yang satu ini termasuk ke dalam yang terpopuler, bahkan sampai ada judul filmnya, lho. 

2. See You Later

Kata later memiliki arti “nanti”, jika digabungkan dengan frasa see you, maka akan menjadi see you later dan tercipta kalimat yang berarti “sampai jumpa nanti”. Jika kamu mengatakan “see you later” artinya kamu akan bertemu di waktu yang tidak lama dari sekarang.

3. See You Next Time

Variasi yang satu ini bisa kamu gunakan saat ingin mengatakan “sampai jumpa lain waktu”, kepada teman atau orang lain pada umumnya. 

4. See You Soon

Karena soon berarti segera, maka see you soon menandakan bahwa kamu dan lawan bicaramu akan bertemu dalam waktu secepatnya.

5. See You on Top

Pemaknaan dari see you on top lebih panjang dari kalimatnya. Kalimat ini dapat berarti “Sampai jumpa nanti saat kita sudah sama-sama di atas karier yang sukses.” Tidak hanya sebatas salam “sampai jumpa”, ungkapan ini juga bisa berarti doa bagi penerimanya.

6. See You dengan Keterangan Waktu yang Jelas

Satu lagi nih variasi see you yang harus kamu ketahui, yaitu see you dengan keterangan waktu yang jelas di belakangnya. Misalnya, “See you tomorrow”, bentuk variasi ini sangat jelas, ketika kamu mengatakannya berarti kamu akan bertemu lagi dengan lawan tuturmu di esok hari. Selain see you tomorrow, ada juga see you next week, see you next month, etc

Kalimat Perpisahan dalam Bahasa Inggris Lainnya

Selain kata see you, kamu bisa menggunakan beberapa pilihan kalimat berikut saat berpisah dengan rekanmu. 

  1. Until next time! = Sampai berjumpa di lain waktu!
  2. Catch you later! = Sampai berjumpa kembali denganmu!
  3. Good bye / bye = Selamat tinggal 
  4. Nice to meet you = Senang bertemu denganmu
  5. I look forward for the next meeting = Aku menunggu kabar untuk pertemuan selanjutnya
 
see-you
Photo from Freepik

Kursus Bahasa Inggris di Cakap, Bebas Atur Jadwal Belajar

Contoh Penggunaan See You dalam Percakapan

Di bawah ini ada beberapa contoh dialog penggunaan see you dan artinya. Perhatikan baik-baik, ya!

Contoh Dialog 1

Anannya: Randi, where will you continue your studies?
(Randi, kamu akan lanjut kuliah di mana?)

Randy: I will continue my studies in Jakarta. How about you?
(Aku akan lanjut kuliah di Jakarta. Kalau kamu?)

Anannya: I plan to study abroad.
(Aku berencana mengambil kuliah di luar negeri.)

Randy: Wow, that’s cool! See you on top!
(Wah keren, see you on top!)

Anannya: See you on top!
(Sampai jumpa saat sama-sama sukses!)

Contoh Dialog 2

George: Hi Dian! Have you finished your homework?
(Apakah tugas sekolahmu sudah selesai?

Dian: Not yet. I’m just going to do it in the library.
(Belum. Aku baru akan mengerjakannya di perpustakaan.)

George: Okay, keep your spirit up! See you tomorrow.
(Okay, semangat ya! Sampai jumpa besok.)

Dian: Thank you, see you tomorrow.
(Terima kasih, sampai jumpa besok.)

Wah ternyata banyak juga ya variasi see you yang bisa digunakan untuk mengatakan sampai jumpa. Jadi bertambah lagi deh, tabungan kosakata dan pengetahuan barumu seputar bahasa Inggris.

Kalau kamu mau lebih jago berbahasa Inggris, bisa banget kok. Segera daftarkan dirimu di kursus bahasa Inggris online Cakap! Mau tahu rahasia nggak? Belajar bahasa Inggris di Cakap nggak bikin bosen karena teachers-nya seru dan materinya juga dikemas dengan cara yang menarik. Tunggu apalagi, cek sekarang, yuk!

Sumber:
– Kumparan.com
– Grammarly.com
– Fabelia.com
– Pooc.org 

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Dapatkan E-Book Bahasa Inggris Lengkap, GRATIS!

Belajar Bahasa Inggris gak sesulit Itu loh! Kamu bisa dapatkan tips dan triknya dengan satu langkah mudah, hanya dengan isi data di bawah ini.

      #SiapaCakapDiaDapat