Proper Nouns; Pengertian dan Penggunaan ‘The’ yang Mengawalinya

proper nouns

Bicara mengenai noun atau kata benda, pasti tak lepas dari materi mendasari, yaitu common dan proper nouns. Kedua nouns tersebut berada pada tataran yang saling berkaitan satu sama lain. Dalam pembahasan nouns sebelumnya, sempat menyinggung sedikit mengenai common dan proper nouns. Apakah kamu masih ingat?

Secara tidak langsung mempelajari proper nouns juga membantu kamu memahami PUEBI tentang penulisan huruf kapital, loh! Mari segarkan lagi ingatanmu serta tambah referensi mengenai proper nouns melalui artikel ini. So, read it more ya!

Proper Nouns

via GIPHY

Proper nouns adalah kata benda yang secara spesifik membahas atau menyebutkan nama-nama orang, benda, tempat, atau gagasan secara umum. Karena penulisannya secara spesifik, biasanya kata benda yang termasuk dalam proper nouns ditulis dengan diawali huruf kapital, jika proper nouns terdiri dari dua kata maka kata keduanya pun tetap harus ditulis dengan huruf kapital. Contoh Cristiano Ronaldo (nama orang), Disneyland (nama tempat), Macdonald (nama merek), dll.

Sedikit penyegaran mengenai perbedaan common noun dan proper nouns, tabel berikut akan memberikan pemahaman yang lebih mudah mengenai keduanya.

                   People

                          Places

Common Nouns

Proper Nouns

Common Nouns

Proper Nouns

Actor

Reza Rahadian

City

Jakarta

President

Joko Widodo

Mall

Paris Van Java (Bandung)

Football Player

Mesut Ozil

Street

Dago Street

 

14 Hari Belajar Bahasa Inggris Gratis di Cakap, Khusus untuk Pengguna Baru

Penggunaan ‘The’ pada Proper Nouns

Definite article ‘the’ ini memiliki peranan penting dalam proper nouns. Ada beberapa proper nouns yang penulisannya diawali dengan definite article ‘the’. Kira-kira proper nouns apa saja yang penulisanya diawali dengan definite article ‘the’ ya? Yuk pelajari aturan penggunaanya di bawah ini!

Sebelum Nomina Geografis

Penggunaan definite article ‘the’ pada proper nouns yang pertama adalah sebelum kata benda kategori nama-nama geografis, seperti nama gunung, sungai, gurun, dan lain sebagainya. Agar lebih jelas, simak contoh kalimat yang mengaplikasikan ‘the’ sebelum nama geografis.

Contoh;

  • The Prau is located in Wonosobo. (Prau terletak di Wonosobo.)
  • The Gross Venter is the most beautiful river in the United States, its length is about 120 km. (Gross Venter adalah sungai paling indah di Amerika Serikat, panjangnya sekitar 120 km.)

Sebelum Pluralize Names (nama jamak)

The juga dibubuhkan sebelum proper nouns yang merupakan nama-nama jamak dari keluarga, kelompok kepulauan, pegunungan, atau danau. Seperti, The Andes Mountains, Untuk lebih jelasnya simak contoh proper nouns dalam kalimat berikut ini;

Contoh;

  • The longest mountain range in the world is the Andes. (Pegunungan terpanjang di dunia adalah pegunungan Andes.)
  • The Riau Islands has 24 dialek. (Kepulauan Riau memiliki 24 dialek.)

Sebelum Nomina yang Diikuti Preposisi

Penggunaan ‘the’ di depan proper nouns selanjutnya berlaku apabila kata benda tersebut diikuti oleh preposition yang berupa ‘of’. Untuk lebih jelasnya simak contoh proper nouns dalam kalimat berikut! 

Contoh;

  • The Nasional University of Singapore that was founded in 1905. (Universitas Nasional Singapura didirikan pada tahun 1905.)
  • Why is the City of Dubai so rich? (Mengapa Kota Dubai begitu kaya?)

Tingkatkan Peluang Kuliah di Eropa dengan Kursus Bahasa Inggris di Cakap

Sebelum Nomina Khusus

Nomina khusus yang dimaksud adalah proper nouns yang menunjuk secara spesifik nama fasilitas umum, surat kabar, peristiwa, jabatan, dan lembaga. Perhatikan contoh kalimat berikut ini!

Contoh;

  • One of the famous mosques in Indonesia is the Wapauwe Mosque. (salah satu masjid terkenal di Indonesia adalah Masjid Wapauwe.)
  • The Asian-African Conference is the momentum for the rise of Asian-African countries. (Konferensi Asia Afrika adalah momentum kebangkitan negara-negara Asia-Afrika.)

Gimana sudah bisa membedakan common dan proper nouns bukan? Pada intinya, kamu hanya perlu mengingat bahwa proper nouns adalah penyebutan kata benda yang paling spesifik. Serta jangan lupakan bahwa penggunaan definite article ‘the’ tidak dapat dipisahkan dengan beberapa proper nouns.

Materi bahasa Inggris yang berhubungan dengan nouns memang sangat menarik. Selain belajar mengenai kata benda dalam tataran kelas kata, kamu juga bisa belajar mengenai penulisannya. Nah buat kamu yang masih haus ilmu dan materi bahasa Inggris lainnya, Cakap adalah solusi tepat yang dapat menjawab semua tanyamu. Melalui kursus Bahasa Inggris online di Cakap kamu bisa mengetahui lebih dalam topik-topik menarik bahasa Inggris!

Baca Juga;

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks