Catat, Ini 5 Persiapan Penting ketika Anak Masuk Sekolah TK

persiapan-anak-masuk-sekolah-tk

Momen anak akan masuk sekolah TK adalah salah satu momen penting sekaligus menggembirakan bagi para orang tua. Itu karena anak akan mulai petualangan belajar mereka untuk pertama kalinya bersama teman-teman di ruang kelas yang ditentukan. Di saat-saat seperti ini, pastinya parents perlu mencari tahu apa saja persiapan anak masuk sekolah TK yang dibutuhkan. 

Ada banyak cara orang tua dapat membantu anak-anak mempersiapkan hari pertama mereka di Taman Kanak-kanak. Selain mencari sekolah terbaik, Moms & Dads juga perlu mempersiapkan beberapa hal lainnya lho. 

Table of Contents

Waktu yang Tepat bagi Anak Masuk TK

Masuk TK bagusnya umur berapa sih? Ini adalah bagian yang paling sering ditanyakan sekaligus harus ditandai. Jangan sampai Moms & Dads melewatkan hal-hal kecil seperti ini hingga akhirnya anak terlambat masuk TK.

Waktu yang tepat bagi anak untuk masuk TK adalah sekitar usia 4 sampai 5 tahun. Hal ini dikarenakan, usia ideal anak masuk SD adalah di angka 6 tahun. Sedangkan, tingkatan untuk Taman Kanak-Kanak ada 2, yaitu TK A dan TK B. Di mana usia 4-5 tahun masuk TK A, dan usia 5-6 tahun masuk di TK B.

Apakah Sebelum TK Harus PAUD Dulu?

Kadang suka bingung dengan perbedaan TK dan Paud. Padahal, keduanya jelas berbeda jika dilihat dari berbagai aspek. PAUD merupakan akronim dari Pendidikan Anak Usia Dini (pendidikan non-formal) di mana anak-anak belajar dari usia 0-6 tahun. Sedangkan TK atau Taman Kanak-Kanak adalah pendidikan formal di mana anak-anak usia 4-6 tahun belajar sebelum nantinya masuk SD.

Lantas, apakah sebelum TK harus PAUD dulu? Jawaban dari pertanyaan tersebut bergantung pada pilihan orang tua dan usia anak saat akan masuk jenjang pendidikan. Jika usia anak sudah menginjak 4-5 tahun saat akan mendaftar sekolah pertamanya, maka pilihan terbaik adalah anak bisa langsung saja masuk TK.

Kenali Tingkat Keahlian Bahasa Inggris Si Kecil Sekarang

5 Persiapan Anak Masuk Sekolah TK

Inilah 5 persiapan penting yang harus dilakukan sebelum anak masuk sekolah TK. Ada apa saja ya Moms? Check this out!

(1) Menyiapkan Skill yang Dibutuhkan 

Ketika masuk TK, anak harus mempersiapkan dirinya dengan beberapa kemampuan dasar. Beberapa poin berikut ini merupakan skill anak yang perlu dilatih sebelum masuk TK:

  • Mampu mengenalkan diri sendiri
  • Mengetahui huruf 
  • Bisa berhitung dari angka 1-10 
  • Mengenal nama-nama warna
  • Mengenal alat tulis
  • Memperhatikan arahan guru

Poin-poin di atas hanyalah contoh yang bisa Moms & Dads siapkan sekarang. Kenali skill lain yang anak TK harus kuasai selengkapnya pada artikel 9 Kemampuan yang Harus Dimiliki Anak TK.

(2) Menjelaskan pada si Kecil tentang Sekolah

Persiapan anak masuk sekolah TK yang satu ini juga nggak kalah penting lho Moms. berikan mereka gambaran tentang apa itu sekolah, pentingnya sekolah, dan beberapa peraturan-peraturannya. Misalnya, Moms bisa menjelaskan bahwa sekolah sangat penting bagi keberlangsungan pendidikannya. Atau beri pengertian tentang jadwal masuk sekolah, pelajaran apa saja yang nantinya akan didapat, dan lain sebagainya.

(3) Menyiapkan Alat Tulis untuk Anak TK Secukupnya

Alat tulis anak SD, SMP, dan SMA pastinya berbeda dengan alat tulis anak TK. So, alat tulis TK apa saja ya kira-kira? Bagi anak TK, rasanya beberapa alat tulis di bawah ini saja sudah cukup:

  • Pensil
  • Buku tulis
  • Buku gambar
  • Pulpen
  • Alat mewarnai
  • Penghapus
  • Alat pensil

Selain alat tulis, Moms & Dads juga bisa lho mempersiapkan beberapa perlengkapan lain, seperti tas, sepatu, seragam, dan wadah bekal untuk anak.

(4) Mulai Toilet Training Jika si Kecil Belum Mampu

Toilet training adalah proses belajar anak agar mampu buang air sendiri di toilet. Usia 4-5 tahun kadang masih kesusahan untuk melakukan aktivitas toiletnya secara mandiri. Nah, sebelum masuk TK Moms & Dads harus mengajarkan mereka seputar toilet training, untuk melatih kemandirian mereka selama di sekolah. Rangkaian toilet training yang mungkin perlu diperhatikan dan diajarkan pada anak adalah sebagai berikut:

  • Buang air sendiri di toilet
  • Melepaskan pakaiannya
  • Membersihkan bagian tubuh setelah buang air
  • Menyiram toilet
  • Memakai pakaiannya kembali
  • Dan yang terakhir mencuci tangan

Gabung Komunitas Parents di Cakap dan Raih Banyak Keuntungan

(5) Membuat Jadwal Kegiatan untuk si Kecil Selama di Sekolah

Berbeda dengan hari-hari sebelum sekolah, saat anak sudah masuk sekolah TK, Moms perlu menyesuaikan kembali jadwal rutin yang biasanya dilakukan anak. Misalnya, atur jam main, jam belajar, jam tidur, dan jam bangunnya. 

Apalagi jika mereka mengikuti kegiatan tambahan seperti les. Yap Moms, di usia anak TK mereka sudah boleh mengikuti les. Nah, salah satu les yang bagus untuk motorik si Kecil adalah les bahasa Inggris. Moms & Dads bisa mencari les bahasa Inggris anak yang tepat dan terpercaya, seperti di Cakap!

So, itu dia Moms beberapa persiapan penting untuk anak sebelum masuk sekolah TK. sekarang Moms & Dads jadi lebih siapkan menyambut hari pertama anak masuk sekolah?

Referensi:
-parents.com
-cakap.com

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.