Contoh Percakapan Bahasa Inggris di Toko dan Terjemahannya

percakapan bahasa inggris di toko

Kemarin kita sudah belajar conversation bahasa Inggris mengenai percakapan antara driver dan penumpang, percakapan di restoran, maupun percakapan di kantor. Sekarang, kita akan membahas pekerjaan lain yang juga mengharuskan pekerjanya banyak bertemu berbagai orang, tak terkecuali orang asing, yaitu pramuniaga (sales assistant/sales clerk/salesperson)

Saat pengunjung datang ke toko atau supermarket, terkadang mereka memerlukan bantuan dari pramuniaga untuk menemukan barang yang mereka cari. Bagaimana kalau pengunjung merupakan orang asing? Pramuniaga tentu harus melayani mereka dalam bahasa Inggris. 

Begitu pula sebaliknya, kalau kita berkunjung ke negara lain dan membutuhkan bantuan penjaga tokonya, kita pasti harus berbicara dalam bahasa Inggris. Nah, biar kamu bisa berbicara dengan pramuniaga maupun pengunjung, berikut contoh percakapan di toko dalam bahasa Inggris beserta terjemahannya. 

Sebelum masuk ke percakapan, berikut beberapa kosakata yang perlu kamu tahu:

Aisle: Lorong

Shelf: Rak

Out of stock: Stok habis

Turn: Belok

Forward: Lurus

Equipment: Perlengkapan

Warehouse: Gudang

Dairy: Produk susu

Canned foods: Makanan kaleng

(Top-up) Phone credit: (Isi) pulsa

Household items: Peralatan rumah tangga

Cakap Kartu Prakerja

Melayani & Membantu Pengunjung

Pramuniaga: Welcome. How can I help you? (Selama datang. Ada yang bisa saya bantu?)

Pengunjung: Hello, I’m looking for a toothpaste. Do you have it? (Halo, saya sedang mencari odol. Apakah ada?)

Pramuniaga: Yes, we do. You can find it on aisle 2. It’s at the end of the aisle, next to the shampoo shelves. (Ya, kita punya. Anda bisa menemukannya di lorong kedua. Di ujung lorong, sebelah rak shampo.)

Pengunjung: Thank you. (Terima kasih.)

Pramuniaga: You welcome. (Sama-sama.)

Memeriksa Stok

Pengunjung: Excuse me. Can you help me find snack A? I usually buy this brand but I couldn’t find it in the shelves. (Permisi, bisakah Anda membantu saya menemukan snack A? Saya biasanya membeli brand ini tapi saya tidak bisa menemukannya di rak.)

Pramuniaga: Sure. Let me check first. There are still a few stocks left, but only the barbecue and original flavor. (Oke. Coba saya cek dulu. Masih sisa beberapa stok, tapi hanya rasa barbecue dan original.)

Pengunjung: Oh, that’s alright. I’ll take the original, please. (Oh, tak apa-apa. Saya mau yang original ya.)

Pramuniaga: Okay. Do you want the big one or the small one? (Oke. Anda mau yang ukuran besar atau kecil?)

Pengunjung: The small one. Thank you. (Yang kecil saja. Terima kasih.)

Stok Habis

Pengunjung: Hello, do you have any honey here? (Halo, apakah Anda menjual madu di sini?)

Pramuniaga: Sorry, Sir/Miss/Madam. We usually do, but we’re currently out of stock. (Maaf, Pak/Bu. Kita biasanya jual, tapi sekarang stoknya sedang kosong.)

Pengunjung: When will you restock it? (Kapan stoknya ada lagi?)

Pramuniaga: I think we will restock it next week. (Sepertinya akan di-restock minggu depan.)

Pengunjung: Oh, okay. (Oh, baiklah.)

Pramuniaga: Can I help you find anything else? (Adakah hal lain yang bisa saya bantu?)

Pengunjung: Hmm… Do you have oranges? (Apakah kamu menjual buah jeruk?)

Pramuniaga: I’m afraid they’re out of season. But you can find orange juice on aisle 4. (Maaf, sayangnya sedang tidak musim. Tapi Anda bisa menemukan jus jeruk di lorong ke-4.)

Menanyakan Harga

Pengunjung: Excuse me, how much is this shirt? (Permisi, berapa harga kaos ini?)

Pramuniaga: It’s Rp 100.000,- (one hundred thousand rupiah). But you can get a discount if you buy it with the jacket. (Rp 100.000,-. Tapi Anda bisa mendapatkan diskon jika Anda membeli jaketnya juga.)

Pengunjung: How much is the discount? (Berapa diskonnya?)

Pramuniaga: You’ll get a 25% discount for the shirt. The jacket is Rp 75.000,- (seventy five thousand rupiah) so the total will be Rp 150.000 (one hundred fifty thousand rupiah). (Anda akan mendapatkan diskon 25% untuk kaosnya. Harga jaketnya Rp 75.000,- jadi totalnya menjadi Rp 150.000,-)

Pengunjung: I’ll take it then. (Saya beli keduanya kalau begitu.)

Pramuniaga: You’re welcome. Here’s your shopping bag. You can pay it at the cashier over there. (Sama-sama. Ini kantong belanja Anda. Anda bisa membayarnya di kasir sebelah sana.)

Pengunjung: Thank you for your help. (Terima kasih atas bantuannya.)

Penutup

Setelah pengunjung selesai berbelanja, kamu bisa mengatakan:

Thank you for shopping at our store. Have a great day!” (Terima kasih sudah berbelanja di toko kami. Semoga hari Anda menyenangkan!)

Nah itu dia beberapa contoh percakapannya ya! Percakapan di atas bisa kamu jadikan sebagai materi latihan supaya kamu bisa lebih lancar bahasa Inggris dan menerapkannya di kehidupan sehari-hari, misalnya saat bekerja.

Mau berlatih bahasa Inggris yang sesuai profesi kamu, ayo manfaatkan program bahasa Inggris prakerja di Cakap. Tentu saja kamu akan mendapatkan sertifikat selesai belajar.

Baca Juga:

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google