5 Fakta yang Perlu Diketahui Seputar Kartu Prakerja

Fakta Kartu Prakerja

Pendaftaran online Kartu Prakerja telah dibuka secara resmi melalui situs prakerja.go.id. Program Kartu Prakerja sendiri merupakan bantuan biaya dari Pemerintah bagi para pencari kerja, pekerja ter-PHK, atau pekerja yang membutuhkan pengembangan kompetensi kerja.

Syarat untuk melakukan pendaftaran Kartu Prakerja adalah WNI dengan usia minimal 18 tahun dan sedang tidak dalam masa pendidikan. Sehingga lulusan SMA/SMK hingga perguruan tinggi tentunya bisa mengikuti program ini.

Untuk menjalankan program Kartu Prakerja, setidaknya Pemerintah mengalokasikan dana puluhan triliun demi menyasar jutaan penerima manfaat. Selengkapnya mari kita simak ulasan mengenai fakta-fakta seputar Kartu Prakerja berikut ini.

Tahapan Pendaftaran

Pendaftaran Kartu Prakerja dilakukan dalam tiga tahap.

Pertama, calon pemegang Kartu Prakerja diharuskan membuat akun terlebih dahulu di situs prakerja.go.id, dengan menginput identitas diri berupa nama, email, nomor hp, dll. Lalu sistem akan meminta verifikasi melalui kode yang dikirim ke nomor hp masing-masing pendaftar.

Kedua, para pendaftar akan dihadapkan dengan tes motivasi dan kemampuan dasar yang berisikan soal berjumlah 19 buah. Waktu yang diberikan untuk menyelesaikan soal-soal tersebut adalah 25 menit. Kurang lebih 5 menit kemudian hasil akan nampak. Refresh situs jika belum juga muncul.

Ketiga, akan muncul gelombang pendaftaran yang sedang dibuka. Pendaftar diharuskan memilih gelombang tersebut sesuai dengan domisili. Lalu akan ada pemberitahuan mengenai lolos atau tidaknya pendaftar dari gelombang yang telah dipilih.

Jumlah Kuota Pendaftaran

Untuk tahun 2020, Pemerintah menargetkan 30 gelombang pendaftaran. Di setiap minggunya tersedia 164.000 kuota pendaftaran, mulai dari 11 April kemarin hingga akhir November.

Setelah melakukan pendaftaran jangan lupa untuk segera bergabung dalam seleksi gelombang agar tidak kehabisan kuota. Pendaftar dapat bergabung dengan seleksi di gelombang berikutnya jika gagal dalam seleksi gelombang saat ini.

Pendaftar yang dinyatakan lolos seleksi Kartu Prakerja akan mendapatkan pemberitahuan dari E-mail dan/atau SMS.

Bentuk Kartu Prakerja

Mungkin banyak yang bertanya-tanya perihal bentuk Program Kartu Prakerja ini. Nyatanya Kartu Prakerja tidak berbentuk fisik, melainkan kode unik seperti yang tertera pada kartu atm berupa angka berjumlah 16 buah. Unique code inilah yang nantinya digunakan sebagai payment method pelatihan yang ingin diikuti.

Pemerintah telah bermitra dengan sederet platform digital di Indonesia untuk menyediakan pelatihan kerja secara online. Sehingga peserta punya banyak pilihan dalam memilih jenis pelatihan yang dibutuhkan. Jika pelatihan telah selesai dilakukan, peserta bisa langsung berlanjut mengambil pelatihan baru.

Nominal Insentif yang Diberikan

Penerima Kartu Prakerja secara total mendapatkan insentif sebesar Rp 3.550.000. Jika dirincikan, insentif tersebut diberikan untuk biaya pelatihan Rp 1 juta, pasca penyelesaian pelatihan Rp 600.000 per bulan diberikan selama 4 bulan, dan pengisian survei efektivitas program pelatihan Rp 50.000 per survei sebanyak tiga kali.

Sasaran Program Kartu Prakerja

Kartu Prakerja bukan untuk menggaji pengangguran, melainkan memberi bantuan biaya dalam rangka pengembangan kompetensi kerja. 

Program ini pun berlaku untuk pekerja, pekerja ter-PHK maupun fresh graduate, tidak hanya bagi orang yang sedang menganggur saja.

Namun memang untuk saat ini Kartu Prakerja diutamakan bagi para korban PHK, dan pelaku usaha kecil yang terdampak Virus Corona.

Jika terdapat kendala dalam melakukan pendaftaran Kartu Prakerja, silahkan hubungi customer service melalui email: info@prakerja.go.id atau Call Center Layanan Masyarakat 021-25541246, dengan waktu operasional Senin-Jumat dari pukul 8 pagi hingga 7 malam WIB.

Seperti yang kita ketahui bahwa Program Kartu Prakerja bertujuan untuk memberikan pembekalan dan peningkatan kompetensi kerja. Beragam pelatihan kerja telah disediakan, dari komputerisasi hingga kursus bahasa.

Peserta Kartu Prakerja bisa menghadiri pelatihan secara bertatap muka maupun daring. Untuk platform digital sendiri Pemerintah telah bermitra dengan banyak startup di Indonesia. Sehingga semakin banyak pula ketersediaan jenis pelatihan yang bisa diikuti sesuai kebutuhan.

Jadi tunggu apa lagi? Ingin pilih pelatihan sesuai dengan profesi? Yuk, belajar di CAKAP dengan Kartu Prakerja.

Cakap Kartu Prakerja

Baca Juga:

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google