Perayaan Ulang Tahun Ke-5 Cakap: Konsisten Memberi Dampak & Menjadi Katalisator Perubahan

cakap 5th anniversary

Kamis, 30 Mei 2023 

Bertajuk “Catalyst of Change, Bridging the Gap for Social Transformation in Indonesia”, Cakap merayakan peringatan HUT ke-5 pada 30 Mei 2024. Acara ini dihadiri oleh Gita Wirjawan, Menteri Perdagangan RI 2011-2014, Shinta Kamdani (Ketua Umum APINDO), Dennis Pratistha (Chief Investment Officer Mandiri Capital Indonesia), Rahayu Saraswati (Politisi, aktivis perempuan dan anak-anak), serta Arya Setiadharma (CEO Prasetia Dwidharma). 

Sesuai dengan tajuknya, kegiatan Ini dirancang untuk merayakan kontribusi Cakap serta bagaimana teknologi pendidikan dapat menciptakan ekosistem yang berkelanjutan dan realisasi Sustainable Development Goals (SDG) dalam mencapai era emas Indonesia. Ada beberapa rangkaian acara mulai dari sesi gelar wicara, penyerahan laporan dampak, serta penyerahan penghargaan bagi siswa, pengajar, serta institusi yang berkolaborasi dengan Cakap di sepanjang tahun 2023. 

Lima Tahun Periode Belajar

Tommy Yunus at cakap 5th anniversary CEO Cakap, Tomy Yunus, dalam sambutannya menyatakan, “Perjalanan lima tahun Cakap selama ini merupakan periode belajar untuk kita semua. Cakap berusaha untuk memberikan inovasi-inovasi yang relevan untuk masyarakat Indonesia. Kita mencoba menggabungkan banyak elemen dari tenaga kerja profesional, teknologi, dan juga konten yang kredibel sehingga bisa relevan untuk masyarakat Indonesia.”  Sementara itu, Gita Wirjawan sebagai komisaris Cakap menegaskan bahwa pendidikan tetap akan menjadi sektor yang strategis, mengingat pendidikan menjadi kunci dalam membangun peradaban suatu bangsa. “Indonesia dengan 280 juta penduduk dan sebagian besar usia muda produktif, membutuhkan banyak platform pengembangan skill bagi anak bangsa. Tidak hanya membuat mereka mampu berkompetisi namun juga tetap relevan dengan perkembangan zaman,” ungkap Gita. 

Sesi Gelar Wicara Inspiratif

Dari sisi pendanaan, Dennis Pratistha menyatakan bahwa investasi pada institusi perusahaan rintisan, masih menarik meski terdapat dinamika pasca pandemi. Menurutnya seiring dengan peningkatan kesadaran masyarakat Indonesia akan pentingnya pendidikan dan pertumbuhan penduduk berekonomi menengah, maka mereka akan lebih bersedia berinvestasi dalam pendidikan yang berkualitas. 

“Selain itu Indonesia memiliki sejumlah faktor, mulai dari bagi sektor Edtech, mulai dari potensi globalisasi yang tinggi yang didukung letak geografis yang strategis, di mana bahasa menjadi jembatan penunjang untuk bersaing secara internasional. Di ASEAN, Indonesia menempati posisi kedua tertinggi dalam jumlah mahasiswa yang belajar ke luar negeri (18.6% dari total mahasiswa di ASEAN-6 yang pergi keluar negeri untuk belajar),” tutur Dennis. 

Sementara Shinta Kamdani menyoroti pentingnya prinsip keberlanjutan yang holistik dalam sebuah entitas bisnis termasuk perusahaan muda. “Yang fundamental tentu saja bagaimana kita shift the perspective dulu, dimulai dari bagaimana meningkatkan awareness soal isu keberlanjutan, pendidikan untuk menyiapkan SDM yang unggul dan siap beradaptasi dengan dinamika green economy dan green jobs yang akan membutuhkan skill yang relevan,” ungkap Shinta. 

Impact Report 2023

cakap impact report

Pada Laporan Dampak kali ini, Cakap menggandeng Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, dan lembaga penelitian Advisia. Cakap menerapkan Sustainable Development Goals (SDG) pada empat poin yakni poin ke-4 (Pendidikan Berkualitas), ke-5 (Kesetaraan Gender), ke-8 (Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi), serta ke-10 (Berkurangnya Kesenjangan). 

Tahun ini Cakap berupaya mewujudkan nilai-nilai tersebut sehingga bisa berdampak pada berbagai aspek baik sosial, ekonomi maupun lingkungan (impact value chain). Perwujudannya difokuskan kepada empat tema besar berupa akses Pendidikan Berkualitas untuk Semua: Siswa, Pekerja, dan Perusahaan; Mendorong Pendidikan Inklusif dan Pengembangan Keterampilan untuk Kelompok Marginal; Mengatasi Kesenjangan dan Meningkatkan Kualitas Pendidik Indonesia serta menghadirkan Asesmen Bahasa yang Terjangkau dan Inklusif. 

Sepanjang 2023, Cakap telah memperluas dampak, mulai dari memberi akses pendidikan di Timor Leste, peluncuran Cakap Kids Academy, serta menjadikan Cakap untuk Bangsa sebagai sebuah yayasan di tahun 2024 ini. 

Semoga dengan perayaan ulang tahun kelima serta diserahkannya Laporan Dampak 2023 ini, Cakap dapat semakin berkembang sebagai sebuah perusahaan serta dapat terus memberi dampak, baik dalam pendidikan maupun dalam transformasi digital. 

Baca juga: 

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.