Parents Lyfe Club: Tips Jitu Mengoptimalkan Bakat si Kecil di Era Society 5.0

Parents-Lyfe-Club

Setiap anak lahir ke dunia dengan bakat-bakat hebat yang dibawanya. Sebagai orang tua, Moms & Dads wajib mengenali dan membantu si Kecil menemukan apa yang menjadi minat dan bakatnya. Lantas, gimana cara yang tepat untuk mengenali dan mengoptimalkan bakat si Kecil? Tenang Moms, karena di artikel akan dipaparkan rangkuman webinar Parents Lyfe Club seputar bakat si Kecil yang dibawakan langsung oleh Aristo Subowo, SE., CHt., CPS (Trainer of Ideplus) dan Feliani Oktavia (Professional Language Educator of Cakap).

Table of Contents

Pentingnya Mengoptimalkan Bakat si Kecil

Kenapa sih mengoptimalkan bakat si Kecil itu sangat penting? Seiring berjalannya waktu, jenis pekerjaan semakin banyak dan bervariasi. Membekali anak dengan mengoptimalkan minat dan bakat, mampu membantu mereka menemukan kemampuan mereka sedini mungkin. Dengan begitu, anak juga dapat menemukan arah yang tepat ketika mereka tumbuh dewasa.

Usia 2 tahun adalah usia yang tepat bagi Moms & Dads untuk mulai mencari tahu bakat anak. Hal ini dikarenakan aspek inti perkembangan si Kecil sudah terbentuk, seperti sudah dapat berjalan, berbicara, memilih yang disukai, dan lain sebagainya.

Tips Mengoptimalkan Bakat si Kecil

(1) Eksplor Bakat yang Mungkin Dimiliki Anak

Tips atau cara step by step yang dapat dilakukan dalam proses mengoptimalkan bakat si Kecil adalah melakukan eksplorasi, yakni memberikan kesempatan bagi anak untuk mencoba berbagai bentuk aktivitas positif sesuai umurnya di bawah pengawasan.

Selanjutnya, Moms & Dads bisa melakukan observasi, diskusi, dan eksekusi. Observasi dilakukan dengan cara meninjau dan mengamati bakat apa yang paling cocok dengan anak. Jika sudah ditemukan, maka ajak anak untuk berdiskusi sebelum melakukan eksekusi (mulai mengarahkan anak untuk mengoptimalkan bakatnya, seperti mengikutkan mereka pada les musik, dll).

(2) Memfasilitasi dan Memberikan Dukungan

Sikap yang harus dimiliki orang tua dalam memfasilitasi dan mendukung bakat si Kecil adalah terbuka pada pilihan minat dan bakat si Kecil. Selain itu, Moms & Dads juga perlu menerima dan menghargai pilihan atau pun minat dan bakat anak yang telah terbentuk sendirinya. Selanjutnya, berikan terus support dan dukungan pada anak saat mereka mulai berproses mengembangkan bakatnya.

(3) Menghindari 3M

Hindari melakukan 3M. Apa sih 3M itu? 3M yaitu memaksa, memberikan, dan menutup kesempatan anak saat mengeksplorasi diri. Biarkan saja mengalir apa adanya, tugas orang tua hanyalah mengarahkan dan menunjukkan jalan yang paling tepat bagi si Kecil menemukan minat dan bakatnya.

Mewujudkan Generasi Multibahasa untuk si Kecil

Salah satu minat dan bakat yang perlu diasah adalah kemampuan berbahasa asing. Di era digital dan society 5.0 ini, sangat penting bagi si Kecil untuk dapat menguasai bahasa asing. Hal tersebut tentunya akan membantu mereka untuk lebih terbuka terhadap informasi dari dunia sehingga perkembangan akan terus berjalan. Usia anak-anak, memiliki kemampuan setidaknya menguasai 2 bahasa asing karena di usia tersebut anak-anak bisa menyerap bahasa lebih baik dibandingkan saat dewasa.

Mewujudkan generasi multibahasa, bisa dimulai dari si Kecil! Dengan kemampuan beradaptasinya yang tinggi, anak-anak akan lebih mudah diperkenalkan dengan ragam bahasa baru.

So, itu dia Moms rangkuman dari webinar Parents Lyfe Club 7 Januari 2023 lalu. Gimana, sekarang kalian sudah semakin memahami bukan bagaimana cara mengoptimalkan bakat anak? Dengan mempersiapkan dan mengarahkan anak pada bakatnya sejak dini, kemampuan yang terbentuk nantinya akan jauh lebih matang. Untuk informasi menarik lainnya, yuk join Parents Lyfe Club sekarang!

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.