Suka Sakura? Berikut Nama-nama Tanaman dan Bunga Dalam Bahasa Jepang

nama nama tanaman dan bunga dalam bahasa jepang

Bahasa Jepang merupakan salah satu bahasa yang cukup terkenal di dunia. Tidak hanya dipertuturkan oleh orang-orang Jepang saja, bahasa ini juga banyak dituturkan oleh orang-orang di beberapa negara bekas jajahan Jepang, seperti Korea Selatan dan Tiongkok. Selain itu, beberapa negara di kawasan Amerika Serikat dan Brazil juga ternyata menggunakan Bahasa Jepang meskipun sudah tidak fasih lagi.

Bahasa Jepang sendiri merupakan bahasa resmi yang digunakan di negara Jepang dengan jumlah penutur sebanyak 125 juta orang di seluruh dunia. Bahasa ini menjadi bahasa pengantar di kampus-kampus ternama di Jepang yang juga diisi oleh mahasiswa asing.Kebanyakan program belajar di Jepang mewajibkan mahasiswa asing untuk mengambil kursus Bahasa Jepang selama setahun sebelum mengikuti studi mereka.

Jepang Sebagai Negara yang Kaya Akan Bunga

Selain terkenal dengan kampus-kampus besar yang masuk ke dalam jajaran kampus ternama dunia, Jepang juga dikenal sebagai salah satu negara yang kaya akan jenis bunga. Sebut saja seperti bunga Sakura yang sangat identik dengan negara yang satu ini. 

Saat menyebut bunga Sakura, banyak orang yang akan langsung mengaitkannya dengan negeri matahari terbit. Bunga yang satu ini memang sudah menjadi ikon di negeri tersebut. Namun selain bunga Sakura, Jepang juga masih punya jenis bunga lain. Sebut saja seperti bunga seruni, bunga mawar, bunga tulip sampai bunga lily.

Ngomong-ngomong soal bunga Sakura dan bunga-bunga lainnya, tidakkah kamu penasaran apa sebutan bunga-bunga ini dalam bahasa Jepang? Daripada penasaran, yuk belajar sama-sama tentang nama-nama bunga dalam bahasa Jepang!

Tanaman-Tanaman Terkenal di Jepang

bunga sakura di jepang
Sumber: Pexel.com

1. Sakura

Dari semua nama-nama bunga dalam bahasa Jepang, bunga Sakura seakan memiliki kastanya sendiri. Siapa saja yang berkunjung ke Jepang pasti ingin berfoto dengan latar belakang bunga Sakura yang sedang mekar. Ya, bunga yang satu ini memang sudah menjadi ikon negara Jepang hingga dinobatkan sebagai bunga nasional negara Jepang. 

Sakura umumnya mekar di musim semi yang berlangsung sekitar bulan April. Pohon Sakura sendiri merupakan tanaman yang tergolong ke dalam famili Rosaceae, genus Prunus dan sub genus Sakura. Bunga Sakura memiliki warna yang beragam tergantung dari jenisnya. Meski demikian, bunga Sakura yang paling populer adalah yang berwarna merah jambu. 

Bagi masyarakat Jepang, nama bunga Sakura memiliki arti yang sangat mendalam. Bunga Sakura merupakan simbol yang melambangkan ikatan antar manusia, keberanian, kesedihan dan kegembiraan. Tak mengherankan, kamu bisa menemukan pohon Sakura hampir di seluruh wilayah negeri matahari terbit. 

Adapun nama bunga ini dalam bahasa Jepang adalah Sakura (桜). Dalam bahasa Inggris, bunga ini disebut dengan nama Cherry Blossom

Jika waktu yang tepat untuk melihat bunga Sakura di Jepang adalah pada bulan April, lalu di mana tempat terbaik untuk menyaksikan bunga ini mekar?

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kamu bisa menemukan bunga ini di setiap sudut negara Jepang. Hanya saja, kamu memiliki beberapa pilihan tempat yang bisa kamu kunjungi untuk melihat pemandangan bunga Sakura yang terbaik. Di mana saja itu? 

Beberapa tempat yang sering digunakan untuk melihat bunga Sakura yang sedang mekar diantaranya adalah Shinjuku Gyoen National Garden, Ueno Park, Chidorigafuchi, Sumida Park dan juga Inokashira Park. 

Contoh kalimat:
Fukuoka no uminonakamichikaihinkōen ni itte sakura o mite mimashou.
Ayo kita berkunjung ke Uminonakamichi Seaside Park di Fukuoka untuk melihat bunga sakura.

tanaman bonsai di jepang
Sumber: Pexel.com

2. Bonsai

 

Sebagian dari kamu mungkin sudah tahu kalau tanaman hias yang satu ini merupakan seni tanaman yang berasal dari Jepang. Sebenarnya, bonsai adalah istilah yang digunakan untuk tanaman yang sengaja dikerdilkan dengan tujuan menciptakan miniatur dari bentuk pohon aslinya. 

Nama tanaman bonsai dalam bahasa Jepang ditulis 盆栽 dengan pelafalan penzai. Kata bonsai sendiri berasal dari dua kata, yaitu bon yang berarti pot dangkal dan sai yang berarti penanaman. Hal ini sesuai dengan proses penanaman tanaman bonsai yang menggunakan pot dangkal.

Bonsai adalah sebuah seni yang melibatkan banyak teknik penanaman, mulai dari teknik pemotongan, pemangkasan, pengawatan hingga teknik membuat akar. Adapun jenis pohon yang biasa dijadikan bonsai adalah jenis pohon pinus, pohon buah, tumbuhan berbunga dan pohon dengan bentuk daun yang indah. 

Bonsai dulunya menjadi kegiatan yang dilakukan sebagai pengisi waktu luang oleh samurai zaman Edo. Namun sejak zaman Meiji popularitas bonsai terus meningkat hingga saat ini. 

Jika kamu berkunjung ke Jepang, jangan lupa untuk mampir ke Prefektur Shiga. Di sana kamu dapat melihat koleksi bonsai terbaik di Jepang. Waktu terbaik untuk mengunjungi lokasi tersebut adalah di awal tahun. Pada awal tahun, sedikitnya 300 pohon bonsai Plum Nagahama mekar secara bersamaan. 

Contoh kalimat:
Bonsai wa totemo utsukushīdesu.
Tanaman bonsai itu sangat indah.

tanaman-chrysanthemum-di-jepang
Sumber: Pexel.com

3. Chrysanthemum 

Selain Sakura, ada satu lagi nama bunga yang juga masuk ke dalam daftar bunga Nasional negara Jepang. Nama tanaman tersebut adalah bunga Chrysanthemum atau yang lebih dikenal dengan sebutan bunga seruni. 

Bunga seruni merupakan tanaman yang termasuk ke dalam suku kenikir atau Asteraceae yang terdiri dari 50 puluh spesies bunga seruni. 

Bunga ini memiliki bentuk mahkota yang sangat indah sehingga sering dijadikan sebagai tanaman hias yang diletakkan di pekarangan rumah. Selain itu, bunga ini juga kerap menjadi latar belakang foto yang apik saat sedang berlibur di Jepang.

Dalam bahasa Jepang, bunga seruni ditulis キク (kiku). Selain memiliki warna yang indah, bunga yang satu ini juga dikenal memiliki aroma yang wangi. Itulah kenapa banyak orang Jepang yang menambahkan bunga seruni ke dalam teh agar lebih wangi dan nikmat.

Kalau kamu ingin menikmati indahnya bunga seruni, bulan November adalah waktu yang tepat. Di bulan ini, ada festival bunga Chrysanthemum di Jepang. Jika kamu berkunjung di waktu tersebut, jangan lupa untuk berkunjung ke Jalan Bawah Tanah Sapporo Ekimae-dori (Chi-Ka-Ho). Sedikitnya ada 800 bunga seruni yang ditampilkan dalam festival tersebut. 

Contoh kalimat:
Matsuri ni wa gōkei 800-pon no kiku ga tenji sa rete imasu.
Sebanyak 800 bunga seruni ditampilkan dalam festival.

Nama-nama Tanaman dan Bunga Dalam Bahasa Jepang

Sebagai salah satu negara yang kaya akan bunga, Jepang sebenarnya masih punya jenis bunga lainnya. Jika kamu ingin mengetahui lebih banyak lagi, berikut beberapa jenis bunga dan tanaman lain beserta nama-nama tanaman, khususnya bunga dalam bahasa Jepang. 

 

Bahasa Indonesia

Bahasa Jepang

bunga



(はな)

hana

serbuk sari

花粉

(かふん)

kafun

kuntum

つぼみ

tsubomi

melati

ジャスミン

(じゃすみん)

jasumin

(jasmin)

melati putih

マツリカ

(まつりか)

matsurika

anggrek

ラン

(らん)

ran

anggrek bulan

コチョウラン

(こちょうらん)

kochooran

padma raksasa

ラフレシア

(らふれしあ)

rafureshia

(raflesia)

bunga bangkai raksasa

ショクダイオオコンニャク

(しょくだいおおこんにゃく)

shokudaiookonnyaku

bunga kertas,

bougainvillea

ブーゲンビリア

(ぶーげんびりあ)

buugenbiria

( bougainvillea)

bunga kembang sepatu

ハイビスカス

(はいびすかす)

haibisukasu

(hibiscus)

anyelir

カーネーション

(かーねーしょん)

kaaneeshon

(carnation)

kemboja

プルメリア

(ぷるめりあ)

purumeria

(plumeria)

bunga teratai

スイレン

(すいれん)

suiren

bunga seroja (lotus)

ハス

(はす)

hasu

kiacret

カエンボク

(かえんぼく)

kaenboku

jengger ayam

ケイトウ

(けいとう)

keitoo

bunga sakura

サクラ

(さくら)

sakura

prem Cina/ aprikot Jepang

ウメ

(うめ)

ume

mawar

バラ

(ばら)

bara

Mawar merah

赤い 薔薇

akaibara

Mawar merah muda

ピンク の 薔薇

pinku no bara

Mawar kuning

黄色い 薔薇

kiiroibara

Mawar putih

白い 薔薇

shiroibara

bunga matahari

ヒマワリ

(ひまわり)

himawari

hortensia, kembang bokor

アジサイ

(あじさい)

ajisai

seruni, krisan

キク

(きく)

kiku

bunga morning glory

アサガオ

(あさがお)

asagao

tulip

チューリップ

(ちゅーりっぷ)

chuurippu

(tulip)

viola

スミレ

(すみれ)

sumire

bakung

ユリ

(ゆり)

yuri

herbras

ガーベラ

(がーべら)

gaabera

(gerbera)

 

Kosakata Berkaitan Dengan Bunga Dalam Bahasa Jepang

Selain beberapa nama-nama bunga yang sudah disebutkan di atas, berikut kata-kata dalam bahasa jepang yang masih berhubungan dengan bunga.

Bahasa Indonesia

Bahasa Jepang

Benih

たね

tane

Bibit 

なえ

nae

Tanaman

しょくぶつ

shokubutsu

Biji

こくもつ

kokumotsu

Serbuk sari

かふん

kafun

Ki 

pohon

Cabang

えだ

eda

Kan

かん

batang

Tangkai

きき

kiki

Daun

ha

akar

Ne

Rumput 

くさ

kusa

Duri

とげ

toge

Vas bunga

かびん 

kabin

Toko bunga

花 屋

hanaya

Taman bunga

花 の 公園

hana no kouen

Menanam bunga

花 を うえる

hana o ueru

Menyiram bunga

花 に 水 を まく

hana ni mizu o maku

Memetik bunga

花 を つむ

hana o tsumu

Merangkai bunga

花 を いける

hana o ikeru

Sekarang kamu sudah tahu berbagai jenis bunga dan nama-nama tanaman di Jepang. Kamu juga sudah tahu bagaimana pelafalan nama-nama bunga dalam bahasa Jepang. Namun, tentunya masih ada banyak hal yang perlu kamu pelajari untuk bisa menguasai bahasa Jepang sepenuhnya, terlebih jika suatu hari nanti kamu berniat untuk melanjutkan pendidikan di negara Jepang

Untuk kamu yang tertarik belajar bahasa Jepang, kamu bisa mempelajarinya di kursus bahasa Jepang online di Cakap. Di sini kamu akan belajar dari orang-orang yang berpengalaman dan fasih berbahasa Jepang. 

Yuk, cek di sini untuk segera gabung dengan Cakap agar dapat mendapatkan materi kursus yang lebih lengkap dan menarik, jangan sampai ketinggalan. #SiapaCakapDiaDapat.

 

Baca Juga:

Hilda
Lulusan Sastra Jepang dengan 4 tahun pengalaman menulis kreatif, terutama di bidang edukasi. Senang mencari tahu dan menjelaskannya kembali lewat tulisan.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Jepang Untuk Bisa Berkarir di Perusahaan Global

Keuntungan berbahasa Jepang:

      #SiapaCakapDiaDapat