Mengenal Istilah Morning Person & Bedanya dengan Night Owl

morning person adalah
Image by jcomp on Freepik

Morning person adalah orang yang identik dengan hidup yang teratur sehingga tidak sedikit orang yang ingin membangun kebiasaan yang sama. Lantas apa itu morning person, ciri-cirinya, serta bagaimana cara menjadi morning person? Temukan pembahasannya dalam artikel berikut ini, yuk! 

Table of Contents

Apa Itu Morning Person

“Morning person” adalah istilah bahasa Inggris yang digunakan untuk menggambarkan seseorang yang merasa paling produktif, energik, dan segar saat bangun tidur di pagi hari. Mereka cenderung merasa lebih fokus dan bersemangat pada awal hari dibandingkan di malam hari. 

Orang-orang yang disebut sebagai “morning person” biasanya lebih suka bangun tidur lebih awal dan memulai aktivitas mereka di pagi hari. Morning person juga sering disebut sebagai “early bird” dan merupakan kebalikan dari “night owl”, yaitu seseorang yang lebih aktif dan produktif di malam hari. 

Dalam bahasa Indonesia, kita tidak memiliki padanan khusus yang sesuai dengan “morning person” dalam bahasa Inggris. Oleh karena itu istilah ini biasanya diungkapkan dalam bahasa aslinya yaitu bahasa Inggris. 

Ciri-ciri Morning Person

Seorang morning person memiliki beberapa kebiasaan positif yang membuat hidup mereka lebih teratur dan ideal. Berikut adalah ciri-ciri morning person

1. Bangun dan tidur teratur

Morning person biasanya memiliki jadwal bangun pagi dan tidur malam yang teratur, baik di hari kerja maupun di akhir pekan. Mereka dapat bangun pagi di jam yang sama dengan mudah serta merasa segar, dan tidak kesulitan untuk tidur pada malam hari. 

2. Lebih produktif di pagi hari

Bangun lebih pagi membuat morning person bersemangat dan lebih produktif. Mereka akan memulai hari dengan aktivitas fisik seperti berolahraga atau yoga. Mereka juga akan mengerjakan pekerjaan atau hal penting di awal hari. 

3. Tidak butuh stimulan

Meskipun mereka aktif di pagi hari, energi mereka cenderung stabil dan tidak membutuhkan stimulan lainnya untuk tetap terjaga. Kamu juga akan jarang melihat morning person minum kopi di pagi hari untuk membantu mereka “bangun” dari rasa mengantuk. 

4. Memiliki jadwal yang terstruktur 

Morning person juga memiliki kecenderungan memiliki rencana dan jadwal yang terstruktur dan teratur. Mereka akan merencanakan dengan baik apa yang akan mereka lakukan di hari kerja maupun di akhir pekan dari pagi hingga malam hari. 

5. Menikmati santai di pagi hari

Meskipun cenderung produktif di pagi hari, morning person juga dapat menikmati waktu bersantai di pagi hari sebelum memulai aktivitas. Mereka mungkin akan membaca buku sambil menikmati secangkir teh atau kopi dengan tujuan untuk bersantai. 

morning person vs night owl
Image by tirachardz on Freepik

Morning Person vs Night Owl

Seperti dinyatakan di atas, lawan dari morning person atau early bird adalah night owl, yaitu orang yang justru bersemangat di malam hari. Berikut adalah beberapa perbedaan dasar antara morning person dan night owl

Morning Person 

Night Owl

Tidur lebih cepat, bangun lebih awal

Tidur larut, bangun lebih siang
Bersemangat di pagi hari

Lebih aktif di malam hari

Cenderung teratur dan terstruktur

Cenderung fleksibel dalam berbagai situasi
Menyukai aktivitas fisik dan mental di pagi hari

Menyukai aktivitas menyenangkan di malam hari

Mudah mendapatkan tidur yang berkualitas

Cenderung memiliki gangguan tidur

Cenderung lebih sehat secara fisik dan mental

Cenderung rentan terhadap berbagai masalah kesehatan dan mental 

Cara Menjadi Morning Person

Bagi sebagian orang, menjadi morning person adalah kebiasaan yang terjadi begitu saja. Namun, kamu dapat meniru gaya hidup morning person dengan melakukan beberapa cara menjadi morning person berikut ini. 

1. Jadwalkan tidur dan bangun yang konsisten 

Cobalah untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, termasuk di akhir pekan. Hal ini dapat membantu tubuh kamu menyesuaikan ritme sirkadian dan membuat kamu lebih mudah bangun di pagi hari. 

2. Perlahan-lahan ubah kebiasaan tidur

Jika kamu biasanya tidur larut, coba untuk mengurangi waktu tidur larut kamu secara bertahap. Kamu bisa mulai dengan bangun lebih cepat sehingga kamu dapat tidur lebih awal pada malam harinya. Hal ini juga tentunya akan membuat kamu bangun lebih pagi di kemudian hari.  

Cara Menjadi Morning Person
Image by ijeab on Freepik

3. Perhatikan asupan kafein

Cara menjadi morning person selanjutnya adalah dengan membatasi konsumsi kafein, terutama di sore dan malam hari. Seperti diketahui, minuman berkafein dapat membuat “melek” dan meningkatkan kewaspadaan sehingga dapat mengganggu tidur malammu. 

4. Buat rutinitas tidur dan bangun yang menyenangkan

Selanjutnya, cobalah untuk membuat rutinitas tidur dan bangun yang menyenangkan, seperti membaca buku sebelum tidur atau menikmati secangkir teh atau kopi di pagi hari. Hal ini dapat membantu kamu lebih mudah tertidur di malam hari dan membuat kamu lebih bersemangat untuk bangun di pagi hari.

5. Berolahraga di pagi hari

Olahraga di pagi hari dapat membantu meningkatkan energi dan mood kamu, serta membuat kamu lebih mudah bangun di pagi hari. Selain itu, olahraga juga dapat memperbaiki peredaran darah dan juga membuatmu lebih cepat tertidur di malam harinya. 

Selain memiliki manfaat melancarkan peredaran darah, olahraga di pagi hari juga dapat membantu meningkatkan mood dalam menghadapi hari. Dengan demikian, kamu bisa lebih berenergi di pagi hari yang tentunya dapat meningkatkan produktivitas. 

6. Hindari melihat layar sebelum tidur

Cahaya biru dari layar gadget dapat mengganggu kualitas tidur dan membuat kamu sulit untuk tidur. Jika kamu ingin bangun lebih cepat, hindari melihat layar beberapa jam sebelum tidur sehingga kamu dapat tidur dengan lebih mudah dan nyenyak. 

7. Bersihkan kamar tidur kamu

Hal terakhir yang dapat membantumu untuk bisa menjadi morning person adalah memperhatikan kebersihan dan kerapian kamar tidur. Kamar yang bersih dan rapi tentunya akan membuatmu tertidur dengan nyaman dan meningkatkan mood di pagi hari.

Nah, demikianlah pembahasan mengenai morning person dan juga bagaimana cara membentuk kebiasaan untuk menjadi morning person. Semoga bermanfaat bagi Sobat Cakap yang ingin mengubah kebiasaan dan menjadi pribadi yang lebih baik, ya!

Referensi: 

  • sleepfoundation.org

Baca juga: 

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.