Cara Menghilangkan Ngantuk saat Belajar yang Mudah dan Ampuh

cara menghilangkan ngantuk saat belajar
Image by Freepik

Mengantuk saat belajar adalah salah satu hal yang mengganggu produktivitas, terutama bagi seorang pelajar. Jika kamu mengantuk di kelas, tidak jarang kamu akan ditegur oleh gurumu dan bahkan mungkin untuk dikenai hukuman. Nah, gimana sih cara menghilangkan ngantuk saat belajar? Yuk, simak penjelasan berikut ini sebagai salah satu cara agar produktif dan semangat belajarmu meningkat! 

Penyebab Ngantuk Saat Belajar 

Sebelum membahas bagaimana cara menghilangkan ngantuk saat belajar, Sobat Cakap perlu tahu terlebih dahulu hal-hal apa saja yang menyebabkannya. 

1. Kebosanan

Saat materi yang dipelajari terasa membosankan atau kurang menarik, maka otak akan menjadi kurang aktif. Hal inilah yang menyebabkan kamu mengantuk pada saat kamu belajar, baik sendiri maupun di kelas yang penyampaian materinya kurang menarik. 

2. Kurang tidur

Penyebab mengantuk saat belajar selanjutnya adalah kurang tidur pada malam hari. Kurang tidur dapat membuat tubuh dan otak tidak mendapatkan istirahat yang cukup sehingga mudah merasa kantuk saat belajar. 

3. Kondisi kesehatan 

Beberapa kondisi kesehatan seperti anemia, hipotensi, dan diabetes dapat menyebabkan rasa kantuk dan kelelahan. Jika kamu memiliki satu dari masalah kesehatan tersebut, biasanya kamu juga akan sulit berkonsentrasi dan mengantuk saat belajar. 

4. Lingkungan yang tidak nyaman

Seringkali faktor kenyamanan lingkungan juga mempengaruhi dirimu saat belajar. Lingkungan yang terlalu panas, terlalu dingin, terlalu bising atau terlalu redup dapat menyebabkan rasa kantuk dan sulit berkonsentrasi. 

5. Kurangnya aktivitas fisik

Kurangnya aktivitas fisik dapat menyebabkan kurangnya sirkulasi darah dan oksigen di otak sehingga membuat mudah merasa ngantuk saat belajar. Hal ini merupakan penyebab ngantuk yang paling sering tidak disadari tapi umum terjadi. 

Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Belajar

Perlu diketahui bahwa cara menghilangkan ngantuk saat belajar seringkali berkaitan dengan perubahan gaya hidup dan cara belajar. Untuk mengatasinya secara menyeluruh kamu bisa mencoba beberapa hal berikut ini. 

1. Istirahat dan tidur yang cukup

Pastikan bahwa kamu mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas sebelum memulai belajar. Hindari begadang dan cobalah untuk tidur setidaknya 7 jam dalam semalam dalam waktu yang tetap setiap harinya. 

2. Atur jadwal belajar yang teratur 

Usahakan untuk membuat jadwal belajar yang teratur dan sesuai dengan kemampuanmu. Hindari belajar terus-menerus dalam waktu yang lama dan jangan lupa untuk menyediakan waktu untuk istirahat dan bersantai. 

3. Minum air putih

Air putih dapat membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi dan mencegah rasa ngantuk. Konsumsilah air putih 1,5 sampai 2 liter sehari sesuai dengan berat badan dan tingkat aktivitas sehari-hari. 

4. Konsumsi makanan sehat

Konsumsi makanan sehat seperti sayuran dan buah-buahan, biji-bijian, dan protein dapat membantu menjaga energi dan memperbaiki konsentrasimu. Pastikan kamu memenuhi nutrisi harian yang kamu butuhkan agar tubuh lebih segar dan bebas ngantuk saat belajar. 

5. Gunakan teknik belajar yang bervariasi

Cobalah teknik belajar yang bervariasi seperti membaca, menulis, atau berdiskusi dengan teman. Hal ini dapat membantu mengurangi rasa bosan dan membuat tetap terfokus sehingga kamu juga terbebas dari mengantuk saat belajar. 

Baca juga : Teknik Pomodoro, Cara Produktif Paling Efektif

Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Belajar Secara Instan

Hal-hal di atas tentunya akan membutuhkan waktu hingga kamu benar-benar bisa merasakan dampaknya. Nah, bagaimana kalau kamu ingin menghilangkan ngantuk saat belajar secara instan? Kamu bisa mencoba hal-hal berikut ini. 

1. Berdiri atau berjalan 

Cara menghilangkan ngantuk saat belajar secara instan adalah dengan berdiri dan berjalan-jalan sejenak. Hal ini akan membantumu bergerak dan meningkatkan sirkulasi darah sehingga dapat menjadi segar kembali. 

2. Menghirup udara segar 

Terlalu lama di ruangan tertutup dapat membuat otak kekurangan oksigen, kamu bisa mengatasinya dengan membuka jendela atau keluar ruangan. Udara segar dapat membantu mengurangi rasa ngantuk dan memberikan oksigen yang lebih banyak pada otak. 

3. Minum kopi atau minuman berkafein

Dalam jumlah sedang konsumsi kafein dapat membantu membangkitkan semangat dan meningkatkan fokus. Namun, pastikan untuk tidak mengonsumsi terlalu banyak kafein karena dapat mengganggu tidur dan kesehatanmu secara keseluruhan. 

4. Berbicara atau berdiskusi 

Selanjutnya, kamu juga bisa menghilangkan kantuk saat belajar dengan diskusi atau berbicara dengan teman. Hal tersebut dapat membantu meningkatkan rasa tertarik dan minat terhadap topik yang sedang pelajari. 

5. Mencuci muka

Menyegarkan diri dengan air dingin atau membasuh wajah dengan air dingin juga dapat kamu lakukan ketika rasa kantuk datang saat sedang belajar. Air dingin akan membantumu untuk merasa segar kembali sehingga dapat lebih fokus. 

6. Mendengarkan musik

Dalam kondisi tidak fit, belajar dalam kesunyian justru akan membuatmu mudah merasa mengantuk. Kamu bisa mengatasinya dengan memutar musik untuk membantumu semangat kembali, tetapi hindari musik yang mengganggu konsentrasi. 

7. Lakukan peregangan

Cara lainnya yang mungkin dapat bisa membantumu mengatasi ngantuk saat belajar adalah dengan melakukan peregangan. Sama dengan berjalan-jalan, dengan melakukan peregangan kamu bisa membantu sirkulasi darah menjadi lebih lancar. 

8. Lakukan power nap

Jika kamu terlalu mengantuk dan tidak tertahankan, kamu bisa melakukan power nap atau tidur sejenak sekitar 10–15 menit. Meski demikian cara ini hanya bisa dilakukan ketika kamu belajar sendiri di rumah dan tentunya tidak bisa dilakukan di sekolah saat pelajaran berlangsung, ya. 

Nah, demikianlah cara menghilangkan ngantuk saat belajar yang bisa kamu coba terapkan. Meski ada cara cepat menghilangkan kantuk, sangat disarankan untuk menerapkan gaya hidup dan juga perbaikan nutrisi untuk hasil yang lebih optimal. Semoga bermanfaat! 

Referensi: 

  • daniel-wong.com
  • healthline.com

Baca juga: 

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.