Mengapa Kamu Harus Lulus Tes JLPT dan Apa Manfaatnya?

Mengapa Kamu Harus Lulus Tes JLPT dan Apa Manfaatnya?

Tes Kecakapan Bahasa Jepang (The Japanese-Language Proficiency Test—JLPT) merupakan sebuah ujian atau tes yang dilakukan untuk mengukur kemampuan berbahasa jepang bagi penutur yang berasal dari luar Jepang. JLPT berada di bawah organisasi gabungan Yayasan Jepang dan Pertukaran Pendidikan Jepang dan Layanan (the Japan Foundation and Japan Educational Exchanges and Services) dan mulai digunakan pada tahun 1984 sebagai tes untuk mengukur dan menyertifikasi kemahiran berbahasa Jepang dari mereka yang memiliki bahasa asli bukan bahasa Jepang.

Ingin Jago Berbahasa Jepang? Yuk, Download Aplikasi CAKAP!

Seiring waktu, pelamar ujian menjadi lebih beragam dan penggunaan hasil JLPT telah berkembang dari pengukuran keterampilan hingga mencakup penyaringan pekerjaan dan evaluasi untuk promosi dan kenaikan gaji serta penggunaan sebagai bentuk kualifikasi.

Untuk memastikan relevansi dan akurasi yang berkelanjutan dari JLPT, the Japan Foundation and Japan Educational Exchanges and Services memperkenalkan versi tes yang direvisi pada tahun 2010. Tes baru ini mengambil keuntungan penuh dari penelitian paling maju dalam pedagogi dan teori pengujian Jepang, dan mencerminkan kekayaan data yang terakumulasi sejak JLPT asli diluncurkan lebih dari 25 tahun yang lalu.

Mengapa Kamu Harus Lulus Tes JLPT?

 

Mengapa Kamu Harus Lulus Tes JLPT dan Apa Manfaatnya?
sumber: jlpt.jp

Kamu akan menapatkan poin untuk perawatan istimewa untuk imigrasi ke Jepang

Jika kamu lulus JLPT N1, kamu akan menerima 15 poin. Jika kamu lulus JPLT N2, kamu akan menerima 10 poin di bawah “Sistem Perawatan Imigrasi Preferensial Berbasis Titik untuk Profesional Asing dengan Keterampilan Tinggi.” Individu dengan total 70 poin atau lebih tinggi menerima perlakuan istimewa di imigrasi.

Salah satu syarat untuk mengikuti ujian nasional Jepang untuk praktisi medis

Sertifikat JLPT N1 diperlukan untuk praktisi medis berlisensi di luar negeri yang ingin mengikuti ujian nasional Jepang untuk praktisi medis dan profesi lainnya.

Salah satu persyaratan untuk mengikuti ujian prefektur Jepang untuk asisten perawat

Sertifikat JLPT N1 diperlukan untuk lulusan sekolah perawat luar negeri yang ingin mengikuti ujian asisten perawat Jepang.

Salah satu persyaratan untuk calon perawat/pengasuh di bawah EPA

Berdasarkan Perjanjian Kemitraan Ekonomi (EPA—Economic Partnership Agreement) dengan Indonesia, Filipina, dan Vietnam, sertifikat JLPT diperlukan untuk orang Indonesia, Filipina (sekitar Level N5 atau lebih tinggi), dan kandidat perawat atau pengasuh Vietnam (Level N3 atau lebih tinggi) yang mengunjungi Jepang.

Akreditasi ujian masuk Sekolah Menengah Pertama di Jepang

Tes bahasa Jepang dilakukan untuk peserta ujian kewarganegaraan asing yang lulus JLPT N1 atau N2 untuk melanjutkan pendidikan di Jepang.

Baca Juga

Format Tes JLPT

 

Mengapa Kamu Harus Lulus Tes JLPT dan Apa Manfaatnya?
sumber: gogonihon.com

Pola uji revisi diterapkan pada tahun 2010. Tes ini terdiri dari lima level: N1, N2, N3, N4, dan N5, dengan N1 menjadi level tertinggi dan N5 yang terendah. Tidak ada Spesifikasi Konten Uji yang diterbitkan karena tidak disarankan untuk belajar dari daftar kanji dan kosakata.

Level: Ringkasan kompetensi linguistik yang diperlukan untuk setiap level

N1 Level Mahir: Kemampuan untuk memahami bahasa Jepang yang digunakan dalam berbagai keadaan.

  • Membaca –> Seseorang dapat membaca tulisan dengan kompleksitas logis dan /atau tulisan abstrak tentang berbagai topik, seperti editorial dan kritik surat kabar, dan memahami struktur dan isinya. Seseorang juga dapat membaca materi tertulis dengan isi mendalam tentang berbagai topik dan mengikuti narasi mereka serta memahami maksud penulis secara komprehensif.
  • Menyimak –> Seseorang dapat memahami materi yang disampaikan secara lisan seperti percakapan yang koheren, laporan berita, dan ceramah yang diucapkan dengan kecepatan alami dalam berbagai pengaturan yang luas, dan mampu mengikuti ide-ide mereka dan memahami isinya secara komprehensif. Seseorang juga dapat memahami rincian materi yang disajikan seperti hubungan di antara orang-orang yang terlibat, struktur logis, dan poin-poin penting.

N2 Level Pra-Mahir: Kemampuan untuk memahami bahasa Jepang yang digunakan dalam situasi sehari-hari, dan dalam berbagai keadaan hingga tingkat tertentu.

  • Membaca –> Seseorang dapat membaca materi yang ditulis dengan jelas tentang berbagai topik, seperti artikel, komentar di surat kabar dan majalah serta kritik sederhana, dan memahami isinya. Juga dapat membaca materi tertulis tentang topik umum dan mengikuti narasinya serta memahami maksud penulis.
  • Menyimak –>  Seseorang dapat memahami materi yang disampaikan secara lisan seperti percakapan yang koheren dan laporan berita yang diucapkan dengan kecepatan yang hampir wajar dalam situasi sehari-hari serta dalam berbagai pengaturan, dan mampu mengikuti ide-ide mereka dan memahami isinya. Seseorang juga dapat memahami hubungan antara orang-orang yang terlibat dan poin-poin penting dari materi yang disajikan.

N3 Level Menengah: Kemampuan untuk memahami bahasa Jepang yang digunakan dalam situasi sehari-hari hingga tingkat tertentu.

  • Membaca –> Seseorang dapat membaca dan memahami materi tertulis dengan konten spesifik mengenai topik sehari-hari. Seseorang juga dapat memahami informasi ringkasan seperti berita utama surat kabar. Selain itu, seseorang juga dapat membaca tulisan-tulisan yang sedikit sulit ditemui dalam situasi sehari-hari dan memahami poin utama konten jika beberapa frasa alternatif tersedia untuk membantu pemahaman seseorang.
  • Menyimak –> Seseorang dapat mendengarkan dan memahami percakapan yang koheren dalam situasi sehari-hari, berbicara dengan kecepatan yang hampir wajar, dan umumnya mampu mengikuti isinya serta memahami hubungan di antara orang-orang yang terlibat.

N4 Level Dasar: Kemampuan untuk memahami bahasa Jepang dasar.

  • Membaca –> Seseorang dapat membaca dan memahami bagian-bagian tentang topik sehari-hari yang sudah dikenal yang ditulis dalam kosakata dasar dan kanji.
  • Menyimak –> Seseorang dapat mendengarkan dan memahami percakapan yang ditemui dalam kehidupan sehari-hari dan umumnya mengikuti isinya, asalkan mereka diucapkan perlahan.

N5 Level Dasar: Kemampuan untuk memahami beberapa bahasa Jepang dasar.

  • Membaca –> Seseorang dapat membaca dan memahami ungkapan dan kalimat khas yang ditulis dalam hiragana, katakana, dan kanji dasar.
  • Menyimak –> Seseorang dapat mendengarkan dan memahami percakapan tentang topik yang sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari dan situasi kelas, dan mampu mengambil informasi yang diperlukan dari percakapan singkat yang diucapkan perlahan.

Yuk, Daftarkan Dirimu Sekarang di Cakap untuk Persiapan JLPT!

#BelajarTanpaBatas

 

Nilai Minimum Kelulusan Tes JLPT

LevelNilai MinimumVocabulary/GrammarMembacaMenyimak
N1100 poin19 poin19 poin19 poin
N290 poin19 poin19 poin19 poin
N395 poin19 poin19 poin19 poin
Kemungkinan Nilai Total180 poin60 poin60 poin60 poin
N490 poin38 poin38 poin19 poin
N580 poin38 poin38 poin19 poin
Kemungkinan Nilai Total180 poin120 poin120 poin60 poin

Durasi Tes JLPT

N1
Seksi TesDurasi Tes
Vocabulary/Grammar | Membaca110 menit
Menyimak60 menit
Total Durasi170 menit

N2
Seksi TesDurasi Tes
Vocabulary/Grammar | Membaca105 menit
Menyimak50 menit
Total Durasi155 menit

N3
Seksi TesDurasi Tes
Vocabulary30 menit
Grammar | Membaca70 menit
Menyimak40 menit
Total Durasi140 menit

Jika sobat Cakap ingin lulus tes JLPT, maka kamu harus berlatih dengan bersungguh-sungguh. Selain berlatih dengan mengerjakan soal, kamu juga harus berlatih menyimak atau mendengarkan agar lebih cepat fasih. Kamu bisa mengikuti kursus bahasa Jepang online di Cakap. Jika kamu ingin melakukan simulasi tes JPLT, kamu bisa melakukannya DI SINI. Selamat mencoba!

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google