5 Lomba Agustusan yang Kreatif di Tengah Pandemi

lomba agustusan yang kreatif

Lomba agustusan udah jadi tradisi di beberapa daerah di Indonesia. Berbagai kalangan umur, baik anak kecil maupun orang dewasa, biasanya turut berpartisipasi dalam meramaikan lomba agustusan di daerahnya.

Namun, pada tahun 2020 pandemi menyerang hampir seluruh negara di dunia termasuk Indonesia. Akibatnya lomba agustusan tidak bisa berjalan seperti sedia kala. Ada berbagai protokol kesehatan yang wajib diperhatikan.

Berikut ini ide lomba agustusan yang kreatif di tengah pandemi:

Menghias Masker

source: giphy.com

Kamu pasti punya masker, kan? Sekarang masker udah jadi barang wajib untuk dimiliki selama masa pandemi. Kini masker juga udah jadi fashion item, gak jarang juga kita lihat orang memakai masker yang unik dan kreatif.

Nah, kamu bisa memanfaatkan kesempatan itu untuk lomba agustusan kali ini. Meskipun biasanya lomba menghias merupakan permainan anak tk, lomba menghias masker bisa diikuti berbagai usia, baik anak-anak maupun orang dewasa. Kamu sebagai panitia lomba agustusan cukup menyediakan masker kain dan beberapa peralatan untuk menghiasnya seperti kuas, cat, sticker atau pewarna kain. Mudah banget, kan?

Lomba Video Tiktok

source: giphy.com

Pernah ikut dance challenge #anysongchallenge di Tiktok? Atau mungkin kamu pernah ikut challenge lain di Tiktok? Tahun 2020, platform berbagi video ini jadi global trend termasuk di Indonesia! Bahkan sekarang udah ada banyak Tiktokers Indonesia yang terkenal.

Nah, buat video di Tiktok bisa jadi lomba agustusan yang kreatif di tahun ini. Kamu hanya perlu buat kategori video yang diperlombakan atau kamu juga bisa buat dance challenge untuk lomba agustusanmu. Siapa yang bisa ikut lomba ini? Siapa aja bisa ikut lomba video tiktok karena hampir semua orang dari berbagai usia dan kalangan menggunakan platform ini.

Lomba Online Quiz

source: giphy.com

Sebelum ada pandemi, mungkin lomba agustusanmu ada lomba kuis atau cerdas cermat  seperti program tv ‘Ranking 1’. Namun guna menghindari kerumunan, sekarang kamu udah engga bisa untuk buat lomba kuis dengan format seperti itu. Tapi, kamu masih bisa lho mengadakan lomba kuis atau cerdas cermat secara online.

Sekarang udah ada banyak platform yang bisa kamu pakai untuk menyelenggarakan game belajar sambil bermain ini, salah satunya Kahoot. Pertanyaan kuis bisa kamu atur sesuai keinginanmu. Jadi, kamu bisa buat pertanyaan terkait Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Selain seru, lomba kuis juga bisa untuk memperluas dan melatih pengetahuanmu.

Jago Bahasa Inggris?

Buktikan di Quiz Cakap Sekarang!

Turnamen Esports

source: giphy.com

Game online banyak digandrungi oleh anak muda. Sejak game online udah bisa dimainkan di smartphone, pasti kamu sering liat orang yang hpnya miring alias lagi main game online. Di Indonesia ada dua game online yang paling banyak dimainkan yaitu Mobile Legends dan PlayerUnknown’s Battlegrounds (PUBG).

Nah, kamu bisa buat turnamen esports untuk lomba agustusan kali ini. Arena permainan bisa kamu atur sehingga tetap mengindahkan social distancing. Untuk menyelenggarakan turnamen esports, hal yang wajib diperhatikan adalah sinyal. Bakal lebih seru lagi kalau kamu menyediakan monitor agar penonton bisa turut menyaksikan pertandingan. 

Balap Karung

source: giphy.com

Balap Karung adalah permainan klasik yang kerap menghiasi lomba agustusan. Meskipun pandemi, kamu masih bisa bermain lomba ini, lho! Beberapa pemerhati kesehatan merekomendasikan permainan ini sebagai permainan jadul yang masuk dalam kategori aman. 

Namun begitu, ada beberapa protokol kesehatan yang perlu diterapkan dalam menggelar permainan ini. Seperti, karung yang hanya digunakan oleh satu orang saja. Selain itu, penonton yang berada di luar arena permainan juga tidak bisa berkerumun lagi.

Baca Juga: 10 Bahasa Inggris Hari Kemerdekaan Anti-Mainstream!

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google