7 Rekomendasi Lomba 17 Agustus yang Kreatif di Tengah Pandemi

lomba agustusan yang kreatif

Seperti diketahui, 17 Agustus 1945 adalah hari kemerdekaan Indonesia. Di hari yang istimewa tersebut selalu ada perayaan yang kehadirannya ditunggu-tunggu banyak orang. Salah satunya adalah lomba, lomba agustusan sudah jadi tradisi di beberapa daerah di Indonesia. Berbagai kalangan umur, baik anak kecil maupun orang dewasa, biasanya turut berpartisipasi dalam meramaikan lomba agustusan di daerahnya.

Perayaan agustusan tahun 2021 ini masih sama dengan tahun 2020, gegap gempitanya berada di nuansa yang berbeda karena adanya pandemi yang melanda. Akibatnya lomba agustusan tidak bisa berjalan seperti sedia kala. Ada berbagai protokol kesehatan yang wajib diperhatikan.

Berikut ini ide lomba lomba 17an yang unik dan kreatif di tengah pandemi:

Menghias Masker

source: giphy.com

Lomba 17 Agustus yang pertama adalah menghias masker. Kamu pasti punya masker, kan? Sekarang masker udah jadi barang wajib untuk dimiliki selama masa pandemi. Kini masker juga udah jadi fashion item, gak jarang juga kita lihat orang memakai masker yang unik dan kreatif.

Nah, kamu bisa memanfaatkan kesempatan itu untuk lomba agustusan kali ini. Meskipun biasanya lomba menghias merupakanpermainan anak tk, lomba menghias masker bisa diikuti berbagai usia, baik anak-anak maupun orang dewasa. Kamu sebagai panitia lomba agustusan cukup menyediakan masker kain dan beberapa peralatan untuk menghiasnya seperti kuas, cat, sticker atau pewarna kain. Mudah banget, kan?

Lomba Membuat Ucapan Kemerdekaan

source: giphy.com

Selain mengasah kekreatifitasan dalam berbahasa dan menyusun kalimat, lomba membuat ucapan kemerdekaan ini juga bisa menjadi salah satu ungkapan cinta terhadap negara. 

Kamu bisa membuat tulisan-tulisan yang menyentuh dan membangkitkan semangat. Nah, agar tulisanmu lebih menarik, kamu bisa menambahkan design kreatif dalam tulisanmu.

Lomba Online Quiz

source: giphy.com

Sebelum ada pandemi, mungkin lomba agustusanmu ada lomba kuis atau cerdas cermat  seperti program tv ‘Ranking 1’. Namun guna menghindari kerumunan, sekarang kamu udah engga bisa untuk buat lomba kuis dengan format seperti itu. Tapi, kamu masih bisa lho mengadakan lomba kuis atau cerdas cermat secara online.

Sekarang udah ada banyak platform yang bisa kamu pakai untuk menyelenggarakan game belajar sambil bermain ini, salah satunya Kahoot. Pertanyaan kuis bisa kamu atur sesuai keinginanmu. Jadi, kamu bisa buat pertanyaan terkait Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Selain seru, lomba kuis juga bisa untuk memperluas dan melatih pengetahuanmu.

Jago Bahasa Inggris? Buktikan di Quiz Cakap Sekarang!

Turnamen Esports

source: giphy.com

Game online banyak digandrungi oleh anak muda. Sejak game online udah bisa dimainkan di smartphone, pasti kamu sering liat orang yang hpnya miring alias lagi main game online. Di Indonesia ada dua game online yang paling banyak dimainkan yaitu Mobile Legends dan PlayerUnknown’s Battlegrounds (PUBG).

Nah, kamu bisa buat turnamen esports untuk ide lomba 17 Agustus kali ini. Arena permainan bisa kamu atur sehingga tetap mengindahkan social distancing. Untuk menyelenggarakan turnamen esports, hal yang wajib diperhatikan adalah sinyal. Bakal lebih seru lagi kalau kamu menyediakan monitor agar penonton bisa turut menyaksikan pertandingan.

Balap Karung

source: giphy.com

Balap Karung adalah permainan klasik yang kerap menghiasi lomba agustusan. Meskipun pandemi, kamu masih bisa bermain lomba ini, lho! Beberapa pemerhati kesehatan merekomendasikan permainan ini sebagai permainan jadul yang masuk dalam kategori aman. 

Namun begitu, ada beberapa protokol kesehatan yang perlu diterapkan dalam menggelar permainan ini. Seperti, karung yang hanya digunakan oleh satu orang saja. Selain itu, penonton yang berada di luar arena permainan juga tidak bisa berkerumun lagi.

Lomba Menyanyikan Lagu Nasional

source: giphy.com

Salah satu lomba 17 Agustus yang cukup spekta adalah lomba menyanyi. Kamu bisa menyumbangkan bakat bernyanyimu itu untuk memeriahkan hari kemerdekaan. Karena masih di masa pandemi, tentunya lomba bernyanyi diadakan secara online.

Kamu bisa mengirimkan video bernyanyi yang menyentuh, menjiwai, kreatif, dan unik agar lebih menyita perhatian para juri.

Lomba Membuat Video Kreatif

source: giphy.com

Kamu bisa mengikuti lomba membuat video kreatif di moment 17 Agustus tahun ini. Tentunya video kreatif dengan tema kemerdekaan.

Banyak tema yang bisa diangkat menjadi konten, seperti tema pendidikan, bahasa, budaya, atau mungkin video motivasi agar orang-orang terinspirasi. Agar lebih menarik, kamu bisa menyisipkan musik sebagai salah satu pengisi suara dalam videomu.

Nah itu dia lomba agustusan kreatif yang bisa kamu tiru di tengah pandemi ini. 17 Agustus 1945 adalah hari bersejarah bagi Republik Indonesia, maka dari itu di setiap perayaannya harus disambut dengan penuh suka cita! 

Baca Juga: 10 Bahasa Inggris Hari Kemerdekaan Anti-Mainstream!

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks