8 Rekomendasi Les Untuk Anak SMP yang Bagus dan Manfaatnya

les-untuk-anak-smp

Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya pintar, serta berhasil di bidang akademik maupun non akademik. Jika anda adalah orang tua yang anaknya sedang duduk dibangku SMP, tak perlu khawatir dengan peningkatan prestasinya.  Ada banyak kegiatan akademik yang bisa dilakukan di luar sekolah yang diberikan kepada anak untuk meningkatkan potensi menjadi lebih maksimal. Salah satu kegiatan yang bisa anda tawarkan adalah mencoba berbagai macam les. Selain untuk mendukung kegiatan akademiknya, Moms juga bisa mendaftarkan les untuk anak SMP yang mampu menunjang minat dan bakatnya. Berikut merupakan informasi terkait les dan kursus untuk remaja yang harus Moms ketahui! 

Table of Contents

Rekomendasi Les Untuk Anak SMP 

Di bawah ini ada 8 rekomendasi les untuk anak SMP yang mungkin bisa jadi pilihan terbaik untuk anak Moms and Dads. Let’s check it out!

(1) Les Matematika

Matematika sering dianggap sulit bagi para siswa, terdapat beberapa faktor yang menyebabkan banyak siswa tidak senang dengan Matematika di antaranya penjelasan guru di sekolah yang sulit dipahami, faktor dari siswa itu sendiri, dan banyaknya omongan dari luar yang mengatakan bahwa Matematika itu sulit. Ketiga faktor tersebut menyebabkan hilangnya motivasi belajar anak. 

Untuk mengatasi hal tersebut, mendaftarkannya les Matematika merupakan rekomendasi les untuk anak SMP yang tepat. Dengan belajar privat dan mengulang lagi pelajaran dengan disiplin, bukan hanya dapat mengerjakan soal, tetapi juga membantu memaksimalkan persiapan ujian si anak.

(2) Les Olahraga

Olahraga memiliki banyak manfaat bagi tubuh, tentunya juga harus dibarengi dengan pilihan olahraga yang tepat untuk anak. Selain memiliki manfaat bagi fisik, olahraga juga dapat membantu tingkah dan pola perilaku keseharian anak di kelas sehingga mereka lebih bisa berkonsentrasi saat belajar. Salah satu pilihan olahraga yang cocok untuk anak SMP adalah basket. 

Bermain basket dapat memperkuat fisik dan daya tahan otot tubuh, mendukung pertumbuhan tulang, menjaga kesehatan jantung, dan melatih ketangkasan. Olahraga basket juga berdampak baik bagi perkembangan mental anak, meningkatkan rasa percaya diri, membangun kecerdasan anak, meningkatkan fokus dan konsentrasi, hingga meningkatkan fungsi otak. Jika anak bunda tertarik dengan basket, Moms and Dads bisa mendaftarkannya di tempat les atau kursus bola basket terdekat dengan rumah kalian.

Selain bola basket, beberapa rekomendasi olahraga yang tepat untuk anak adalah olahraga futsal, sepak bola, voli, dan renang.

(3) Beladiri

Jika anak anda tertarik dengan latihan fisik, Moms and Dads bisa mengirim anak belajar beladiri. Manfaat beladiri bagi anak di antaranya meningkatkan kebugaran fisik, melatih ketangkasan, serta baik untuk kesehatan mentalnya.

Jenis beladiri yang cocok untuk anak SMP antara lain taekwondo, pencak silat, karate, dll. Jika berlatih dengan serius, bukan tidak mungkin suatu saat anak juga akan berpotensi untuk menjadi atlet.

(4) Les Komputer

Di era yang serba modern ini, bisa mengoperasikan komputer merupakan hal penting yang harus dikuasai. Oleh karena itu, mendaftarkan anak untuk ikut les komputer adalah pilihan yang tepat. Selain membantu anak untuk bisa lebih paham dengan program komputer, dengan mengikuti les komputer juga dapat membantu mengasah kemampuan berpikir anak, serta mengajarkan anak untuk bisa menggunakan komputer dengan bijak. Jika anak tertarik dengan dunia editing, ini juga sangat membantu, lho.

Baca juga : Rekomendasi Bahasa Pemrograman untuk Anak Terbaik Tahun Ini!

(5) Les Musik

Tidak hanya cocok bagi orang dewasa, les musik juga merupakan kursus yang cocok bagi remaja. Les musik bisa membantu untuk lebih fokus, mengendalikan emosi, serta melatih keterampilan fisik. Jika Moms masih bingung untuk memutuskan les apa yang bisa diikuti anak, beberapa les ini mungkin bisa jadi pilihan; les piano, gitar, dan biola.

Untuk informasi lebih lanjut, Moms bisa mencari tahu tempat kursus les musik di internet atau jika kalian memiliki alat musik di rumah, kalian bisa mendatangkan gurunya langsung ke rumah. 

(6) Menulis dan Public Speaking

Jika anak Moms tertarik dengan dunia menulis dan bercerita, kalian bisa mengarahkannya untuk ikut kursus menulis dan public speaking untuk melatih kemampuannya. Mengikuti les ini di usia SMP sangat membantu untuk meningkatkan kepercayaan dirinya di bangku SMA nanti bahkan sampai kuliah. Jika tertarik, bisa dengan mendatangkan guru secara privat maupun dengan kursus online di rumah. 

(7) Melukis

Dunia lukis merupakan hal yang tepat untuk mengembangkan kreativitas dan daya imajinasi anak. Les melukis sangat tepat diarahkan bagi anak-anak yang memiliki bakat menggambar. Di tempat les, nantinya anak akan dilatih berbagai macam teknik melukis untuk menghasilkan lukisan yang lebih indah. So, bakatnya bisa tersalurkan, anak pun jadi happy.

(8) Les Bahasa Inggris

Jika anda memiliki anak yang sedang bersekolah di bangku SMP, mendaftarkannya untuk mengikuti les bahasa Inggris adalah pilihan yang tepat. Bahasa Inggris sendiri merupakan pelajaran yang biasanya sudah dikenalkan sejak SD, ketika SMP tentunya materinya akan lebih kompleks lagi, untuk menunjang pemahaman materi serta meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris anak maka diperlukan les.

Untuk materi bahasa Inggris SMP sendiri dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu grammatical, reading, writing, listening, dan speaking. Dengan mengikuti les tentunya akan lebih memudahkan anak memahami pelajaran tersebut. Moms bisa mendatangkan langsung guru les atau dengan mengikutsertakan anak di kelas bahasa Inggris online di Cakap.

Kenali Tingkat Bahasa Inggris Kamu Sekarang, GRATIS!

Manfaat Mengikuti Les untuk Anak SMP

Selain dapat melatih kemampuan otak anak, manfaat mengikuti les untuk anak SMP juga ada banyak lho, di antaranya sebagai berikut.

(1) Melatih Keberanian Anak

Kondisi yang lebih kondusif, jumlah teman yang lebih sedikit akan membuat anak lebih berani bertanya dan berpendapat dalam diskusi. 

(2) Meningkatkan Kemampuan Kognitif

Selain membantu meningkatkan prestasi anak di sekolah, les juga dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak. Les akan meningkatkan intensitas belajar anak dengan metode yang lebih menyenangkan.

(3) Meningkatkan Percaya Diri

Pada umumnya, interaksi anak dan guru les jauh lebih intens daripada interaksi anak dengan guru-guru di sekolah. Sehingga, guru les bisa mengerti kebutuhan belajar anak dengan lebih baik. Dengan begitu anak dapat mengatasi tantangan dan kesulitan belajarnya sehingga meningkatkan rasa percaya dirinya.

(4) Meningkatkan Prestasi

Dengan mengikuti les, akan membantu anak lebih pintar dan paham dengan materinya. Hal ini tentu akan berpengaruh juga terhadap akademik siswa di sekolahnya.

(5) Mengembangkan Minat dan Bakat

Manfaat mengikuti les untuk anak SMP yang sesuai dengan minat bakatnya adalah menambah kemampuan dan mengembangkan bakatnya. Anak juga akan lebih terarah dalam mencapai tujuan dan target individu serta meningkatkan soft skill mereka. 

(6) Menambah Teman

Mengikuti les di luar jam sekolah tentunya akan menambah teman dan kenalan, terlebih jika mengikuti les atau kursus olahraga yang mengharuskan anak berada dalam sebuah tim. Selain menambah teman juga dapat melatih kerjasama dan kemampuan bersosialisasi bagi mereka.

(7) Melatih Diri untuk Karir Masa Depan

Mengikuti kursus untuk anak SMP yang tepat ternyata juga bisa membangun karir masa depan yang cukup baik. Dengan perkembangan yang baik, pelatihan skill teknikal maupun soft skill akan memudahkannya dalam bekerja kelak. 

Baca juga : Rekomendasi Kerja Online untuk Pelajar yang Mudah dan Tipsnya

Demikian rekomendasi kursus untuk remaja beserta manfaatnya yang bisa bunda jadikan sebagai referensi. Sebisa mungkin, cobalah untuk memilih jenis les yang disukai anak. Jangan memaksakan kehendak anak karena akan memicu beberapa faktor, seperti emosional anak, mudah depresi, dan memberontak.

Referensi:

-privatetuitionspecialist.com
-id.teasianparnet.com

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.