5 Manfaat dan Contoh Olahraga Ringan Mudah dan Murah

contoh olahraga ringan

Olahraga merupakan salah satu kunci dari hidup sehat yang sangat dianjurkan untuk dilakukan setiap hari. Tidak harus olahraga yang membutuhkan fasilitas khusus seperti renang dan gym, kamu bisa mulai dari olahraga ringan di rumah. Dalam artikel ini akan dibahas beberapa contoh olahraga ringan yang mudah dan murah untuk dapat kamu lakukan sehari-hari. 

Manfaat Olahraga Ringan

 

Source: GIPHY

Sebelum masuk kepada jenis-jenis atau contoh olahraga ringan, kamu perlu mengetahui apa saja manfaat yang bisa kamu dapatkan. 

1. Membangun mood dan membuat bahagia

Olahraga dapat meningkatkan produksi hormon endorfin yang menciptakan perasaan senang dan bahagia. Jika kamu berolahraga di pagi hari, produksi hormon endorfin tersebut akan membantumu untuk membangun mood dan menjadi lebih semangat serta bahagia. 

2. Membantu menjaga berat badan

Dengan melakukan olahraga—meskipun ringan—terbukti dapat meningkatkan metabolisme dan membakar kalori yang akan menurunkan berat badan. Sebaliknya, olahraga ringan yang teratur pun dapat meningkatkan massa otot dan menaikkan berat badan yang kurang. 

3. Menurunkan risiko penyakit kronis

Olahraga ringan dapat meningkatkan kesehatan jantung dan kardiovaskular, hal ini akan mengurangi risiko terhadap berbagai penyakit kronis. Olahraga juga terbukti meningkatkan hormon insulin yang membantu proses pengolahan dan pencerahaan glukosa menjadi energi. 

4. Membantu untuk fokus

Jika kamu merasa kesulitan untuk berkonsentrasi, olahraga ringan di pagi hari bisa membantumu untuk menjadi lebih fokus. Hal ini karena beberapa jenis olahraga ringan membantu meningkatkan aliran darah ke otak. 

5. Meningkatkan kualitas tidur

Bangun lebih pagi untuk berolahraga akan membantumu untuk tidur lebih baik pada malam harinya. Selain itu, olahraga yang membuatmu terekspos sinar matahari pagi juga akan meningkatkan hormon melatonin pada malam hari. 

Contoh Olahraga Ringan Sehari-hari

 

Source: GIPHY

Berikut adalah beberapa contoh olahraga ringan yang mudah untuk kamu lakukan di rumah. 

1. Peregangan

Jenis olahraga yang mudah dan murah yang pertama adalah peregangan. Olahraga ini tidak membutuhkan peralatan atau aturan tertentu dan kamu bisa jadikan kebiasan setiap hari untuk memulai hari. Kamu bisa mulai dengan meregangkan kepala seperti menahan atau memutar kepala, kemudian dilanjutkan dengan peregangan tangan, badan, dan kaki. 

2. Lompat tali

Dengan bermodalkan tali khusus dan ruangan yang cukup lebar, kamu bisa melakukan olahraga ini di rumah. Selain mudah, lompat tali juga memiliki manfaat antara lain untuk menjaga kesehatan jantung serta membakar kalori. Kamu bisa melakukan lompat tali sekitar 15 sampai 30 menit setiap harinya.  

3. Lari atau jogging

Satu lagi olahraga ringan yang tidak membutuhkan peralatan adalah olahraga lari. Penelitian membuktikan bahwa lari 5-10 menit setiap hari dapat menurunkan risiko kematian mendadak akibat serangan jantung dan penyakit lainnya. Meski demikian, jika kamu adalah pemula, tidak disarankan untuk berlari setiap hari, melainkan cukup 3 kali seminggu saja. 

4. Body-weight exercise

Olahraga ringan lainnya adalah bodyweight exercise yang merupakan jenis olahraga untuk meningkatkan kekuatan, fleksibilitas, ketahanan, dan koordinasi seluruh tubuh. Olahraga ini tidak membutuhkan alat atau ruangan yang besar, jadi bisa dilakukan di kamar. Contoh olahraga bodyweight exercise adalah push up, plank, dan squat

5. Yoga dan meditasi

Tidak semua olahraga membutuhkan banyak gerakan yang membuat berkeringat. Jika kamu memilih olahraga yang tidak terlalu membuat berkeringat, kamu bisa melakukan yoga atau meditasi. Kedua olahraga ini akan membantumu untuk membangun mood, relaksasi, dan bahkan bisa membantumu untuk tidur lebih baik. 

Durasi Olahraga Ringan yang Dianjurkan

 

Source: GIPHY

Durasi olahraga yang dianjurkan di Indonesia adalah 150 menit per minggu. Kamu bisa membagi menjadi sekitar 30 menit per hari, atau sekitar 3-5 hari dalam seminggu. Meski demikian, kamu juga bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan dan aktivitasmu sehari-hari. 

Perlu diperhatikan, jika kamu adalah pemula dalam artian baru dalam memulai olahraga rutin, sebaiknya mulailah dari durasi yang lebih singkat terlebih dahulu setiap harinya. Selain itu, mulailah dari olahraga paling ringan seperti peregangan. 

Selamat berolahraga!

Baca juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks