Apa itu “Kirei” Bahasa Jepang? Ini Bedanya dengan “Utsukushii”

Apa itu "Kirei" dalam Bahasa Jepang? Cari Tahu Perbedaannya dengan "Utsukushii"

Dalam bahasa Jepang ada istilah yang sering mengecohkan yaitu “kirei” dan “utsukushii” karena keduanya sama-sama memiliki arti cantik. Walau begitu, keduanya ternyata berbeda. Nah pada artikel ini akan membahas pengertian keduanya hingga perbedaan antara kirei dan utsukushii bahasa jepang.

Apa Arti Kirei?

Kirei – 綺麗な (きれいな) merupakan kata sifat golongan 2 atau na-keiyoushi dalam bahasa Jepang. Dalam bahasa Jepang, kirei memang berarti cantik dan biasanya untuk menyatakan kecantikan sesuatu. Namun arti kirei tidak hanya cantik tetapi juga indah bersih dan rapi. 

Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa penjelasan mengenai makna kirei:

  • Warna dan hal lainnya yang terlihat cantik. 
  • Penampilan dan wajah seseorang yang terlihat cantik.
  • Suara seseorang atau apapun yang enak didengar.
  • Semua hal yang terlihat jernih, suci, bersih, tidak kotor, dan murni.
  • Barang atau suatu hal lainnya yang terlihat teratur atau tertata rapi.
  • Melakukan hal-hal tanpa menyisakan apapun (pada umumnya dalam bentuk kata keterangan yang menggunakan partikel “ni”).

Dalam penulisannya, kirei lebih banyak menggunakan hiragana daripada menggunakan kanji. Jadi saat kamu melihat beberapa tulisan bahasa Jepang, penulisan kirei akan terlihat seperti ini きれい.

Apa Arti Utsukushii?

Berbeda dengan kirei, utsukushii merupakan kata sifat golongan 1 dalam bahasa Jepang yang juga disebut dengan “i-keiyoushi” atau kata sifat berakhiran -i. Utsukushii memang berarti cantik, namun tidak hanya itu karena kata ini juga bisa berarti indah, cantik, menyenangkan, tampan, enak dilihat, atau mempesona. 

Selain itu, utsukushii juga dianggap tidak sekedar cantik atau indah saja, melainkan sebagai keindahan sesungguhnya yang mempesona. Adapun kanji untuk utsukushii (美しい) terdiri dari karakter 羊 dan 大. Karakter 羊 memiliki arti domba dan 大 berarti besar. 

Kedua arti ini merujuk pada domba yang merupakan hewan langka di masa lampau sehingga dipakai sebagai persembahan kepada para dewa. Sedangkan し (shi) dan い  (i) adalah tulisan hiragana dalam bahasa Jepang.

Sekedar informasi, di Kyoto terdapat sebuah kuil bernama Utsukushii-gizensha. Nah, utsukushii di sini berarti cantik, gozen berarti wanita, dan sha berarti kuil. Jadi kuil tersebut orang Jepang yakini bisa memberikan kecantikan bagi para wanita yang datang.

Dalam penggunaannya utsukushii bisa memiliki beberapa fungsi ketika digunakan dalam sebuah kalimat. Utsukushi bisa berfungsi sebagai kata sifat, predikat, pembatas kata benda, kata keterangan, dan kata benda. Misalnya untuk kata benda utsukushi-sa yang berarti keindahan.

Baca juga: 6 Ucapan Terima Kasih dalam Bahasa Korea dan Artinya

Apa Perbedaan antara Kirei dan Utsukushii?

Untuk mengetahui lebih detail mengenai kirei dan utsukushii, uraian mengenai perbedaan keduanya ini bisa membantu kamu. Adapun perbedaan antara kirei dan utsukushii dalam bahasa Jepang yaitu:

1. Makna

Dari segi makna, antara kirei dan utsukushii adalah dua hal yang berbeda walaupun keduanya memiliki arti yang sama. Kata kirei tidak terlalu menegaskan makna keindahan dari objek yang disebutkan melainkan lebih merujuk pada sifat rapi atau bersih dari sesuatu.

2. Penggunaan

Perbedaan antara kirei dan utsukushii dalam bahasa Jepang selanjutnya yaitu dari segi penggunaan. Penggunaan kata kirei lebih menunjukkan kesan ‘cantik’ yang terlihat oleh mata, contohnya warna, bentuk, dan hal-hal yang terlihat cantik atau bersih.

Beda halnya dengan utsukushii yang biasanya dipakai untuk menunjukkan kemegahan, keindahan dari suatu penampakan, warna, ataupun suara. Tidak hanya itu, utsukushii juga biasanya menunjukkan makna “cantik” dan “indah” yang berasal dari dalam diri. 

Selain itu, utsukushii juga bisa menunjukkan sesuatu yang emosional, misalnya keindahan dalam sebuah hubungan.

Lebih lanjut lagi, kata kirei lebih sering digunakan dalam keseharian bila dibandingkan dengan utsukushii. Hal ini karena dalam kamus arti dari kata utsukushii sendiri memiliki makna yang lebih sempit jika kamu bandingkan dengan kata kirei.

Baca juga : Ikemen, Tipe Pria yang Digandrungi Wanita Jepang

3. Nuansa Pengucapan 

Walaupun antara kirei dan utsukushii memiliki arti yang sama, namun dalam pengucapan keduanya sangat berbeda. Dalam pengucapan utsukushii biasanya lebih terdengar elegan dan anggun daripada kirei. Untuk buktinya, Anda bisa mencobanya sendiri atau mendengarkan contoh pengucapannya di internet.

Contoh Penggunaan Kalimat Kirei dan Utsukushii

pola kalimat bahasa jepang

Adapun contoh penggunaan kalimat kirei dan utsukushii dalam bahasa Jepang yaitu:

1. Utsukushii

Beberapa contoh kalimat yang menggunakan kata utsukushii yaitu:

  1. 私は美しいうみを見たいです (Watashi wa utsukushii umi o mitai desu) yang memiliki arti “Aku ingin melihat laut yang indah”.
  2. 日本のじょせいはうつくしいです (Nihon no josei wa utsukushii desu) yang memiliki arti “Wanita Jepang anggun”.
  3. 愛は美しい気持ちです (Ai wa utsukushii komochi desu) yang memiliki arti “Cinta adalah perasaan yang indah”.
  4.  マリアさんは結婚式で美しいドレスを着ていた (Maria-san wa kekkonshiki de utsukushii doresu o kiteita) yang memiliki arti “Maria mengenakan gaun yang indah di pesta pernikahannya”.  
  5. 香奈はとても美しい声で歌った。(Kana wa totemo utsukushii koe de utatta) yang memiliki arti “Kana bernyanyi dengan suara yang sangat indah”
  6. あなた 和 美し です (Anata wa utsukushi desu) yang memiliki arti “kamu cantik”.
  7. このはなのいろはうつくしいです! (Kono hana no iro wa utsukushii desu!) yang memiliki arti “Warna bunga itu cantik!”.
  8. フィリピンには美しい砂浜がたくさんあります。(Firipin ni wa utsukushii sunahama ga takusan arimasu) yang memiliki arti “Ada banyak pantai indah di Filipina”.

     

2. Kirei

Beberapa contoh kalimat yang menggunakan kata kirei bahasa Jepang yaitu:

  1. 日本の じょせいは きれいで (Nihon no Josei wa kirei desu) yang memiliki arti “Wanita Jepang cantik”.
  2. – 日本はとても綺麗な国です (にほんはとてもきれいなくにです) (Nihon wa totemo kireina kuni desu) yang memiliki arti “Jepang adalah negara yang sangat cantik”.
  3. 宮脇さんはきれいです (Miyawaki-san wa kirei desu) yang memiliki arti “Miyawaki itu cantik”. 
  4. この町は冬でも春でもきれいです。(Kono machi wa fuyu demo haru demo kirei desu) yang memiliki arti “Kota ini cantik baik di musim dingin maupun musim semi”.
  5. 太一の部屋はいつも綺麗ね。 (Taichi no heya wa itsumo kirei ne) yang memiliki arti “Kamarnya Taichi selalu rapi”
  6. あなたのははきれいですね。(Anata no ha wa kirei desu ne) yang memiliki arti “kamu mempunyai gigi yang cantik”.
  7. そこには、きれいなうみがありますよ。(Soko ni wa, kirei na umi ga arimasu yo) yang memiliki arti “laut yang cantik ada di sana”.
  8. それはきれいなドレスですね。(Sore wa kirei na doresu desu ne) yang memiliki arti “Itu adalah gaun yang cantik”.
  9. きれいな景色ですね!(Kirei na keshiki desune!) yang memiliki arti “pemandangan yang indah”.
  10. あなたの色はとてもきれいです (Anata no iro wa totemo kireidesu) yang memiliki arti “warna bajumu sangat cantik”.

Upgrade Bahasa Jepangmu Bersama Cakap, Solusi Mudah dan Tepat untuk Kursus Bahasa Jepang

Belajar Bahasa Jepang Bisa Lebih Mudah Dipahami Bersama CAKAP!

Setelah mengetahui perbedaan antara kata dan arti dari kirei maupun utsukushii tersebut, kamu bisa langsung terapkan sendiri dalam percakapan bahasa Jepang. Belajar bahasa Jepang akan lebih mudah untuk kamu pahami jika kamu lakukan bersama CAKAP. Mengapa demikian? 

Ini karena CAKAP yang menerapkan metode kursus yang santai sehingga mudah untuk kamu dan peserta kursus lainnya mengerti. Tidak hanya itu, CAKAP juga menyediakan berbagai pilihan kelas mulai dari private, semi private, hingga club yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhanmu. 

Jika kamu ingin belajar bahasa Jepang dengan serius dan eksklusif bersama tutor pilihanmu, maka bisa coba kelas Cakap Private. Namun, jika kamu ingin belajar bersama kelompok besar sehingga bisa saling mengenal dan berdiskusi dengan peserta kursus lainnya, maka pilihan kelas yang paling pas adalah Cakap Club.

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Jepang Untuk Bisa Berkarir di Perusahaan Global

Keuntungan berbahasa Jepang:

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat