10 Rekomendasi Kamus Bahasa Jepang Indonesia Terlengkap

rekomendasi kamus bahasa jepang
Photo by Emily from Pexels

Kamus adalah salah satu hal terpenting yang harus kamu miliki ketika ingin mempelajari bahasa asing, termasuk bahasa Jepang. Meskipun tersedia banyak kamus dan penerjemah digital, banyak orang merasa bahwa tetap memerlukan kamus cetak atau buku kamus bahasa Jepang – Indonesia.

Nah, kali ini Cakap akan merekomendasikan 10 kamus cetak atau kamus bahasa Jepang offline yang bisa kamu miliki. Cek rekomendasinya mulai dari kamus saku, hingga kamus lengkap paling recommended, ya! 

Table of Contents

Kamus Jepang-Indonesia Kenji Matsuura

kamus-kenji-matsura

Kamus ini adalah yang terlengkap dan paling direkomendasikan untuk kebutuhan akademik dan profesional. Sama seperti kamu sebelumnya, hanya ada terjemahan dari bahasa Jepang ke bahasa Indonesia saja.

Kamus Standar Bahasa Jepang – Indonesia

kamus-standar-bahasa-jepang

Memuat lebih dari 75.000 kata, kamus ini salah satu yang paling direkomendasian. Terdapat pula huruf kanji, contoh penggunaan kata, serta contoh penggunaan kalimat juga yang pasti dapat membantumu.

Kamus Lengkap Bahasa Jepang oleh Diramoti Benedict

kamus-lengkap-jepang-indonesia

Satu lagi kamus populer lainnya yang merupakan hasil karya dari Diramoti Benedict. Kamu dapat menggunakan kamus ini untuk berbagai kepentingan, baik sebagai pelajar, maupun sebagai masyarakat umum.

Sudah Tahu Level Bahasa Jepangmu? Ikut Placement Test di Cakap Yuk!

Kamus Lengkap Jepang-Indonesia dan Indonesia Jepang Gakushudo

kamus-lengkap-gakushudo

Jika kamu mencari kamus yang cukup lengkap tapi tidak terlalu mahal, kamus ini bisa jadi pilihanmu. Tidak hanya pelajar, kalangan umum, bahkan pekerja juga menggunakan kamus ini sebagai pilihan kamus mereka.

Kamus Bahasa Jepang: Excellent Dictionary

excellent-dictionary

Pemelajar akan sangat membutuhkan kamus ini karena memang memiliki fitur yang cukup lengkap. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan informasi pengetahuan umum yang berkaitan dengan bahasa Jepang di sini. 

 

Kamus Besar Bahasa Jepang

kamus-besar-bahasa-jepang

Karya Keichi Nagano dan Putra Buton, dalam setiap kata ada penjelasan konteks dan juga aturan penulisan bahasa Jepang yang jelas. Selain itu, kosakata percakapan sehari-hari bahasa Jepang pun tersedia di sini sehingga kamu bisa lebih leluasa untuk berbahasa Jepang. 

Kamus Lengkap Jepang – Indonesia; Indonesia – Jepang

kamus-lengkap-bahasa-jepang

Bagi kamu yang merupakan pemelajar untuk tingkat pemula dan lanjutan, kamus ini bisa kamu jadikan pegangan. Kosakata yang diberikan dalam kamus ini termasuk jelas dan lengkap sehingga akan sangat membantu. 

Raih Beasiswa Kuliah di Jepang dengan Kursus Bahasa Jepang di Cakap

Kamus Instan Nihon Jepang – Indonesia; Indonesia – Jepang

Selain untuk menerjemahkan bahasa Jepang – Indonesia dan sebaliknya, terdapat pula fitur lainnya sebagai pelengkap. Mulai dari klasifikasi kosakata, contoh kalimat, hingga ragam perubahan bentuk kata kerja. 

Grand Pocket Kamus Jepang

grand-procket-kamus-jepang

Termasuk ke dalam kamus saku, kamus ini terbilang cukup lengkap, terutama untuk kosakata dalam percakapan sehari-hari. Setiap pembelian kamus ini, kamu akan mendapat akses untuk konten digital terkait bahasa.  

Kamus Praktis Jepang – Indonesia Edisi Baru

kamus-praktis-bahasa-jepang

Kamus ini merupakan versi saku dari Kamus Lengkap Jepang ke Indonesia dan Indonesia Jepang terbitan Gakushudo. Meski demikian, kamus praktis ini sangat bisa diandalkan untuk menerjemahkan bahasa sehari-hari.

Nah, itu lah beberapa rekomendasi kamus bahasa Jepang yang bisa Sobat Cakap miliki untuk menemani beelajar. Selain itu, belajar bahasa Jepang bisa makin efektif dengan kursus secara private di Cakap, lho! Yuk, daftar kursus bahasa Jepang sekarang! #SiapaCakapDiaDapat

Baca juga: 

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Jepang Untuk Bisa Berkarir di Perusahaan Global

Keuntungan berbahasa Jepang:

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat