Jadi Luar Biasa dengan Komunitas Muda Mengangkasa! Yuk, Daftar!

oprec muda mengangkasa banner

Sobat Cakap tahu nggak sih kalau Indonesia akan memasuki puncak bonus demografi pada tahun 2030 mendatang? Dengan kata lain, Indonesia mulai memasuki era di mana penduduk berusia produktif akan lebih banyak daripada penduduk usia non-produktif. Memangnya ada apa sih dengan puncak bonus demografi ini? Yuk, bahas! 

Table of Contents

Potensi Indonesia di Puncak Bonus Demografi

Memasuki puncak bonus demografi pada tahun 2030, Indonesia memiliki potensi yang besar untuk menciptakan generasi produktif yang unggul dan berdaya saing tinggi secara global. Hal ini harus dibarengi dengan berbagai persiapan, termasuk memaksimalkan akses pendidikan. 

Idealnya, pendidikan sudah dapat diakses oleh siapa pun, kapan pun, dan di mana pun, sehingga generasi muda bisa memaksimalkannya untuk bertumbuh. Sayangnya, hingga saat ini masih banyak generasi muda Indonesia yang masih belum memiliki akses untuk pendidikan. 

Pemerataan pendidikan berkualitas tentunya tidak dapat dilakukan oleh satu pihak saja, melainkan melibatkan banyak pihak. Melalui kontribusi aktif, baik pemerintah maupun penggerak dalam bidang pendidikan, pemerataan tersebut diharapkan dapat terwujud. 

Komunitas Muda Mengangkasa

Cakap menyadari bahwa pemerataan pendidikan berkualitas harus melibatkan banyak pihak, termasuk generasi muda itu sendiri. Hal ini menjadi latar belakang bagi Cakap untuk mewadahi pemimpin muda di Indonesia melalui komunitas Muda Mengangkasa. 

Komunitas Muda Mengangkasa adalah wadah semangat muda merajut impian tinggi dan aksi nyata mengubah dunia lebih baik. Muda Mengangkasa adalah panggung bagi para pemimpi dan pelaku, anak muda untuk menciptakan dampak nyata dalam pendidikan dan masyarakat. 

Untuk mewujudkannya, Muda Mengangkasa sendiri memiliki tiga pilar utama yaitu Kepemimpinan, Sosial & Pendidikan, serta Kolaborasi

Visi: 

  • Membangun ekosistem bagi agen perubahan yang siap membawa transformasi pendidikan di Indonesia yang lebih baik.

Misi: 

  • Membuka pintu bagi pemikiran kreatif dan solusi inovatif
  • Memfasilitasi para pemuda untuk mengasah jiwa kepemimpinan dan kemampuan yang dimiliki
  • Melibatkan para pemuda dalam aktivitas sosial untuk menciptakan dampak berkelanjutan.

Bergabung dengan Komunitas Muda Mengangkasa

Saat ini komunitas Muda Mengangkasa yang didukung oleh Cakap sedang melakukan Open Recruitment untuk mengisi berbagai posisi, yaitu Leader, Vice Leader, Secretary, Ketua Divisi Eksternal Partnership, Ketua Divisi Media Sosial, serta Ketua Divisi Event & Project

Syarat dan Ketentuan Umum: 

  • Berusia 18–25 tahun
  • Memiliki ketertarikan di bidang pendidikan dan sosial
  • Berjiwa kepemimpinan yang tinggi
  • Bersedia komitmen selama 1 tahun
  • Berdomisili di Bandung & Yogyakarta

Kamu yang bergabung untuk posisi-posisi yang disebutkan di atas akan mendapatkan: 

  • Akses belajar bahasa asing dengan expert selama 1 bulan 
  • Community activity space
  • Networking
  • e-Certificate
  • Penghargaan lainnya
  • Pengalaman dan kontribusi nyata di bidang pendidikan
  • Peluang magang di Cakap

Cara dan Alur Pendaftaran:

  1. Follow IG @mudamengangkasa
  2. Membaca & memahami informasi yang ada dalam Booklet (terlampir pada form pendaftaran)
  3. Mengisi formulir pendaftaran, serta melampirkan file pendukung berupa CV terbaru
  4. Menunggu pengumuman seleksi tahap selanjutnya via Email dan/atau IG Muda Mengangkasa.

Pendaftaran akan ditutup pada tanggal 1 November 2023 dengan pengumuman seleksi administrasi tanggal 2–5 November 2023. Nah, bagi Sobat Cakap yang memiliki ketertarikan dalam bidang sosial dan pendidikan serta ingin berkontribusi secara nyata, gabung Muda Mengangkasa sekarang, yuk! #SiapMengangkasa

Baca juga: 

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.