Interview Online? Cari Tahu Tipsnya Biar Nggak Gelagapan!

interview online

Pandemi mengubah banyak hal dalam hidup kita, termasuk dalam konteks pendidikan dan pekerjaan. Dalam dunia kerja, meeting online hingga interview online sudah menjadi hal yang sangat lumrah untuk dilakukan. 

Meskipun nggak dilakukan secara langsung, interview online nggak kalah challenging, lho. Sebagai kandidat, kamu nggak hanya harus berpakaian rapi, tetapi juga harus memperhatikan ruang tempat kamu melakukan interview online

Buat kamu yang baru saja mendapat panggilan job interview terutama di tengah pandemi ini, yuk, ketahui apa aja sih yang harus kamu siapkan! 

Table of Contents

Sebelum Interview Online

Beberapa hal yang sebaiknya kamu persiapkan sebelum melaksanakan interview online antara lain adalah:

1. Research and Practice

Salah satu pertanyaan interview yang sering ditanya oleh adalah, “Apa yang kamu ketahui dari perusahaan kami?”. Agar interview berjalan lancar, cari tahu dulu tentang perusahaan tempat kamu melamar dan latihan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. 

Cari tahu pertanyaan apa saja yang biasa ditanyakan dalam interview dan terus berlatih di depan kaca agar kamu percaya diri saat menjawab. Coba juga untuk berlatih dialog interview bahasa Inggris dengan teman kamu agar terbiasa sebelum bertemu HRD atau user.  

2. Siapkan Perihal Teknis

Selanjutnya, kamu juga harus mempersiapkan detail-detail teknis seperti laptop, koneksi internet, hingga pastikan kerapian ruanganmu. Pastikan link untuk interview online yang diberikan oleh user sudah benar dan dapat diakses di perangkat yang kamu gunakan. 

Also, don’t panic! Kalau tiba-tiba perangkat yang kamu gunakan bermasalah, kamu harus sudah siapkan backup plan sebagai solusinya. Selain itu, pastikan kamera di perangkat yang akan kamu gunakan berfungsi dengan baik karena hal ini tidak kalah penting. 

3. Dressed Up is A Must!

Jangan remehkan interview online, Sobat Cakap. Meskipun kamu nggak bertemu secara langsung, cara kamu berpakaian juga akan tetap dinilai, lho. Selayaknya interview kerja pada umumnya, salah satu first impression yang dinilai tentu saja dari cara kandidat berpakaian. 

Jangan sampai kamu melaksanakan interview hanya dengan menggunakan kaos dan celana pendek. Walau kemungkinan hanya bagian atas tubuh yang terekam kamera, mengenakan pakaian yang formal secara menyeluruh bisa menjadi poin tambahan.

Mau Cepat Dapat Kerja? Yuk, Upgrade Skill-mu di Cakap Upskill!

Selama Interview Online

Sama seperti saat wawancara secara langsung, berikut adalah hal-hal yang harus kamu perhatikan:

1. Relax, Jangan Tegang!

Meskipun kamu tidak berhadapan langsung dengan pewawancara, mereka tetap dapat melihat kamu kalau kamu nervous. Tarik napas dalam-dalam dan tunjukan apa saja yang sudah kamu pelajari, misalnya bagaimana cara memperkenalkan diri saat interview yang berkesan. 

Komunikasikan jawaban-jawabanmu dengan dengan percaya diri. That’s why, practice makes perfect, Sobat Cakap. Jika kamu sudah mendalami perusahaan dan posisi yang kamu lamar, maka kamu akan lebih tenang, meskipun baru pertama interview online.

2. Eye Contact dan Body Gesture

Saat interview online dimulai, kamu harus tetap menatap mata user dengan fokus ke kamera, bukan ke layar device. Meskipun kelihatannya sepele, hal ini salah satu kesalahan yang paling umum dilakukan saat interview online, lho. 

Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan gesture tubuh selama wawancara berlangsung, karena HRD atau user tetap dapat melihat gerak-gerikmu lewat kamera. Selain itu, kamu juga sangat disarankan untuk tersenyum seperti halnya saat interview secara langsung. 

3. Siapkan Pertanyaan 

Setelah interview selesai, HRD biasanya akan memberikan kesempatan bertanya kepada kandidat, baik mengenai posisi yang dilamar maupun tentang perusahaan. Pastikan kamu menyimak setiap penjelasan yang diberikan dan tanyakan jika ada yang membuatmu ragu. 

Dalam sesi pertanyaan ini, kamu bisa menanyakan hal-hal terkait perusahaan jika kamu masih dalam tahap interview HRD. Sementara jika kamu interview dengan user, kamu bisa bertanya lebih lanjut tentang posisi yang kamu lamar, flow kerja, hingga kultur tim. 

Sesudah Interview Online

Setelah selesai interview online, sangat disarankan untuk mengucapkan terima kasih kepada interviewer, baik melalui email atau chat. Biasanya, perusahaan akan memberikan kabar mengenai status proses rekrutmen dalam beberapa hari hingga maksimal dua minggu. 

Jika kamu belum mendapatkan kabar dalam kurun waktu tersebut, kamu bisa follow-up melalui email. Kamu bisa menanyakan apakah sekiranya ada informasi tambahan yang dibutuhkan oleh perusahaan atau kepastian dari proses rekrutmen yang kamu lalui.

Nah, demikianlah tips interview online bagi Sobat Cakap yang baru akan mengalaminya. Perlu diketahui, beberapa perusahaan menerapkan interview dalam bahasa Inggris meskipun tidak diberitahukan sebelumnya, lho. Sembari menunggu panggilan interview selanjutnya, kenapa nggak belajar bahasa Inggris di Cakap dulu aja? Yuk, daftar sekarang! #SiapaCakapDiaDapat

Baca juga:

Pelajari Sales & Marketing, Leadership, Hingga Customer Service Untuk Tingkatkan Potensi Penjualan

Subcribe untuk Dapatkan Artikel Upskill lengkap.

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap