Mengenal HSK 5: Isi Materi, Skor, Format Tes & Persiapannya

hsk-5

HSK 5 adalah salah satu level ujian kemahiran berbahasa Mandarin tingkat tinggi. Jika kamu sudah menyelesaikan HSK level 1-4, maka target selanjutnya yang bisa kamu bidik adalah lulus ujian HSK 5. Untuk bisa lulus ujian HSK level 5 ini, kamu perlu mempersiapkan beberapa hal, khususnya materi-materi yang harus dipelajari.

Di artikel ini, Cakap akan membantumu lebih mengenal jauh tentang HSK 5, jumlah kosakata yang harus dihafal, materi-materi yang akan diujikan, serta persiapan waktu belajar yang harus kamu luangkan untuk bisa lulus ujian HSK 5.

Table of Contents

Apa Itu HSK 5?

HSK adalah singkatan dari Hànyǔ Shuǐpíng Kǎoshì (汉语水平考试). Dalam ujian HSK, ada 6 level, nah salah satunya adalah level 5. 

HSK 5 adalah salah satu level ujian yang masuk ke dalam dua level tertinggi dari tes ini. Biasanya, ditujukan untuk mereka yang ingin melanjutkan studi ke China, mendapatkan beasiswa, atau melamar kerja di China.  Pada level ini, peserta ujian diharapkan sudah mampu membaca, menulis, berpidato, dan menonton film berbahasa Mandarin tanpa takarir atau subtitle.

Untuk lulus ujian HSK 5 berapa kosakata sih yang harus kamu kuasai? Jumlah kosakata yang harus dikuasai cukup banyak, yaitu setara dengan 2.500 kosakata bahasa Mandarin. Tidak selesai di situ, kamu juga perlu mengenal dan memahami paling tidak 1.500 karakter/huruf bahasa Mandarin.

Banyaknya kosakata dan karakter bahasa Mandarin yang harus dihafal, ujian ini hanya memungkinkan dan bisa diikuti oleh mereka yang setidaknya sudah belajar bahasa Mandarin selama 2 tahun.

Scoring HSK dan Nilai Minimum HSK 5

Berikut tabel skor HSK dan nilai minimum yang harus kamu dapatkan untuk lulus ujian HSK 5:

Level HSK

Skor Maksimum

Skor Minimum untuk Lulus

HSK 1

200 poin

120 poin

HSK 2

200 poin

120 poin

HSK 3

300 poin 

180 poin

HSK 4

300 poin

180 poin

HSK 5

300 poin

180 poin

HSK 6

300 poin

180 poin

Format Tes dalam Ujian HSK 5

Dalam ujian HSK 5, kamu akan dihadapkan dengan 3 format tes atau ujian, yaitu listening, reading, dan writing. Jumlah soal yang mungkin akan diujikan mencapai 100 soal. Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini!

(1) Tīnglì (听力)

Jenis ujian yang pertama adalah tīnglì (听力) yang artinya sama dengan “listening”. Di sini peserta akan diberikan waktu pengerjaan selama 30 hingga 35 menit. Kamu akan mendengarkan soal yang dibacakan melalui pelentang suara/speaker.

Jumlah soal yang diberikan sebanyak 45 soal yang akan dibagi ke dalam 2 sesi. Sesi pertama kamu akan mengerjakan soal 1-20, selanjutnya kamu akan mengerjakan soal nomor 21-45. Pada sesi pertama, kamu akan mendengarkan percakapan singkat antara dua orang (biasanya tidak lebih dari 2 kalimat). Sedangkan di sesi 2, kamu akan mendengarkan percakapan yang lebih panjang (biasanya 4-5 kalimat).

(2) Yuèdú (阅读)

Yuèdú (阅读) adalah jenis tes reading, di mana peserta ujian akan diarahkan untuk membaca soal. Waktu yang diberikan untuk mengerjakan soal adalah selama 45 menit. Jumlah soal yang diberikan mencapai 45 soal.

Setiap satu bahan bacaan, biasanya memuat 3-5 soal. Maka dari itu, saat mengerjakan tes ini, kecepatan, ketepatan, dan ketelitian membacamu sangat dibutuhkan.

(3) Shūxiě (书写)

Jenis ujian terakhir yang diujikan adalah shūxiě (书写) atau ujian menulis. Kamu akan diarahkan untuk mengerjakan 10 soal yang dibagi ke dalam 2 bagian. Bagian pertama mengharuskanmu menyusun kalimat acak menjadi kalimat yang baik dan benar, sesuai dengan kaidah yang berlaku. Sedangkan pada bagian kedua adalah sesi menulis esai pendek yang minimal berjumlah 80 kata.

Daftar Cakap Sekarang, Dapatkan Kelas Bahasa Mandarin Gratis

Materi yang Harus Dikuasai untuk Mengikuti Ujian HSK 5

HSK 5 harus bisa materi apa saja sih? Yuk, cari tahu materi-materi yang harus dipelajari untuk mengikuti ujian HSK 5!

(1) Kosakata Bahasa Mandarin

Kalau ditanya HSK 5 harus bisa apa? Jawaban pastinya adalah harus bisa menguasai setidaknya 2500 kosakata bahasa Mandarin. Maka dari itu, wajib banget buat kamu untuk menghafal kosakata-kosakata, seputar:

Berikut beberapa contoh kosakata yang mungkin bisa kamu hafal: meskipun jumlahnya tidak signifikan setidaknya kamu bisa mulai mencicil hafalan kosakata HSK 5 dari daftar berikut:

Kosakata Bahasa Mandarin

Terjemahan Bahasa Indonesia

爱 (ài)

Cinta 

爱心 (àixīn)

Kasih sayang

安静 (ānjìng)

Tenang/diam 

安慰 (ānwèi)

Menghibur 

岸 (àn)

Pantai 

暗 (àn)

Gelap 

按时 (ànshí)

Tepat waktu

阿姨 (āyí)

Bibi 

博物馆 (bówùguǎn)

Museum 

宾馆 (bīnguǎn)

Hotel 

报纸 (bàozhǐ)

Koran 

傍晚 (bàngwǎn)

Sore hari

宝贵 (bǎoguì)

Berharga 

餐厅 (cāntīng)

Restoran 

迟到了 (chídàole)

Terlambat 

测验 (cèyàn)

Ujian 

动物园 (dòngwùyuán)

Kebun binatang

电台记者 (diàntái jìzhě)

Reporter radio

电视 (diànshì)

Televisi 

打工 (dǎgōng)

Bekerja 

大 (dà)

Besar 

淡 (dàn)

Tipis 

工程师 (gōngchéngshī)

Insinyur 

广播 (guǎngbò)

Siaran 

灰心 (huīxīn)

Patah semangat

挥 (huī)

Melambai 

肌肉 (jīròu)

Otot 

会计 (kuàijì)

Akuntansi 

克服 (kèfú)

Mengatasai 

宽 (kuān)

Lebar 

梨 (lí)

Pir 

理论 (lǐlùn)

Teori 

利益 (lìyì)

Keuntungan 

某 (mǒu)

Yakin 

难免 (nánmiǎn)

Tidak bisa dihindari

盼望 (pànwàng)

Harpan 

匹 (pǐ)

Cocok 

期间 (qíjiān)

Periode 

浅 (qiǎn)

Dangkal 

亲切 (qīnqiè)

Baik 

清淡 (qīngdàn)

Lampu 

燃烧 (ránshāo)

Pembakaran 

晒 (shài)

Menunjuk 

上当 (shàngdàng)

Dibodohi 

首 (shǒu)

Kepala (ketua) 

主持人 (zhǔchí rén)

Moderator 

(2) Huruf Bahasa Mandarin

Huruf atau aksara bahasa Mandarin sangat penting untuk dipelajari, apalagi HSK 5 mengharuskanmu untuk menghafal setidaknya 1500 karakter. So, kamu sudah tidak lagi bermain dengan huruf dasar bahasa Mandarin, tetapi juga karakter yang lebih rumit, konsonan-konsonan unik, dan cara pelafalannya.

(3) Grammar

Materi grammar ini sangat berguna dan penting terutama saat mengerjakan soal writing. Di dalam soal writing, kamu diharuskan menulis ulang kalimat yang salah menjadi sebuah kalimat yang padu. Untuk itu, kamu harus memahami sistem grammar bahasa Mandarin dan SPOK-nya yang tepat.

Yuk, belajar grammar dan tata bahasa Mandarin dasar di artikel Grammar Bahasa Mandarin.

(4) Percakapan

Nah kalau materi percakapan ini sangat berguna di sesi speaking. Lewat materi percakapan bahasa Mandarin, kamu bisa belajar bagaimana sebuah diskusi topik berlangsung, bagaimana merespon pembicaraan, dan bagaimana harus berkomentar.

Kamu bisa belajar materi percakapan bahasa Mandarin sehari-hari untuk memperdalam persiapan ujian HSK 5: Percakapan Bahasa Mandarin.

Persiapan Mengikuti Ujian HSK 5

Sebelum mengikuti ujian HSK 5, perlu mempersiapkan beberapa hal penting. Di bawah ini persiapan-persiapan mengikuti ujian HSK 5 yang bisa kamu perhatikan:

(1) Mulai Belajar dari Sekarang

Mulai belajar dari sekarang karena waktu untuk mempersiapkan HSK 5 cukup lama. Kira-kira berapa lama belajar HSK 5? 

Jika kamu mulai dari 0 saat belajar bahasa Mandarin, maka untuk bisa lulus ujian dengan nilai sempurna, setidaknya kamu membutuhkan waktu belajar selama 2 tahun dengan durasi belajar 2-4 jam sehari. Namun, jika kamu sudah pernah belajar bahasa Mandarin sebelumnya dan kamu hanya butuh waktu persiapan ujian sebelum menghadapi ujian, kamu mungkin membutuhkan waktu kurang lebih 1-3 bulan.

(2) Cari Tahu Tempat Ujian HSK yang Terpercaya

Di mana sih tempat ujian HSK? Ujian HSK diselenggarakan oleh beberapa lembaga. Berikut official HSK center di Indonesia yang bisa jadi referensimu:

  • Jembatan Budaya School (JB School)
  • Jakarta Nanyang School
  • Panitia HSK Jakarta
  • Pusat Bahasa Mandarin Universitas Hasanudin
  • Tarakanita School of Communication and Secretarial Studies
  • Pusat Bahasa Universitas Al Azhar Indonesia

(3) Siapkan Biaya Tes

Siapkan biaya tes untuk HSK 5. Tenang, biaya tes HSK tidak semahal TOEFL atau IELTS kok. Biaya yang perlu disiapkan untuk tes HSK 5 sebesar Rp950.000. Dengan harga tersebut kamu bisa mendapatkan sertifikat HSK yang berlaku selama 2 tahun.

(4) Ikuti Simulasi Tes HSK

Satu lagi nih persiapan yang mungkin bisa kamu lakukan untuk menghadapi ujian HSK, yaitu mengikuti tes simulasi. Jangan khawatir dengan harga dan tempat mengikuti tes simulasi, karena di Cakap, kamu bisa ikut tes simulasi HSK online secara gratis, tanpa dipungut biaya apa pun.

So, what are you waiting for? Take the HSK simulation test now!

Itu dia penjelasan lengkap mengenai HSK 5. Sekarang kamu sudah jauh lebih mengerti bukan tentang pengertian, materi, format tes, dan persiapan HSK 5? Yuk, persiapkan dirimu untuk mengikuti tes HSK dengan lebih matang bersama Cakap! Booking kelas bahasa Mandarin sekarang dan pelajari materi-materi krusial seputar HSK bersama laoshi-laoshi profesional. #SiapaCakapDiaDapat!

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.