Mengenal Tes HSK 3 dari Isi Materi, Skor, Format Tes & Persiapannya

apa-itu-hsk-3

HSK 3 menjadi salah satu tes bahasa Mandarin tingkat menengah. Mereka yang berhasil lulus tes ini artinya telah melewati dua level beginner menuju level intermediate dari tes HSK. Di tahap ini, kamu harus sudah memiliki hafalan kosakata bahasa Mandarin lebih banyak dari tes di level sebelumnya.

Untuk bisa mendapatkan skor maksimal dalam HSK 3, tentunya perlu strategi dan mengetahui lebih lanjut apa saja materi yang diujikan dalam tes HSK level 3 ini. Langsung saja yuk, cari tahu HSK 3 itu apa sih pengertiannya? Dan soal HSK 3 kira-kira ada berapa banyak? Temukan jawabannya dalam artikel ini!

Table of Contents

Apa Itu HSK 3?

HSK 3 itu apa sih? HSK 3 adalah jenis tes yang mengukur kemampuan bahasa Mandarin non-native speakers untuk kehidupan sehari-hari, akademik, dan profesi. Mereka yang telah lulus HSK 3 setidaknya sudah bisa berkomunikasi dengan baik ketika bepergian ke wilayah Tiongkok.

Dalam tes HSK level 3 ini, kamu perlu menguasai minimal 600 kosakata dalam bahasa Mandarin. Maka dari itu, dibutuhkan waktu belajar atau les selama satu setengah tahun dengan durasi 2-3 jam per minggu untuk dapat lulus tes yang satu ini.

Ujian ini biasanya diikuti oleh calon mahasiswa yang ingin melanjutkan kuliah di Negeri Tirai Bambu.

Format Tes dalam Ujian HSK 3

Ada 3 format tes dalam HSK 3 yang harus kamu selesaikan, yaitu listening, reading, dan writing. Jumlah soal yang diujikan sebanyak 100 soal. Berikut penjelasan lengkapnya:

(1) Tes Listening HSK 3

Tes listening atau dalam bahasa Mandarin disebut juga  听 力 (tīnglì) menjadi tes pertama yang diujikan. Jumlah soalnya sekitar 40 butir.

Soal dalam sesi listening dibagi dalam 4 section atau bagian, yaitu:

  • Bagian 1 → di section 1 ada 10 soal. Di sini kamu akan mendengarkan percakapan singkat kemudian kamu diarahkan untuk menemukan gambar yang sesuai dengan percakapan yang sedang berlangsung.
  • Bagian 2 → di section 2 ada 10 soal. Di sini kamu akan mendengarkan percakapan singkat. Kemudian mencocokkan percakapan dengan pernyataan yang ada di soal. Jika pernyataannya sesuai kamu bisa memilih tanda( √ )dan jika tidak kamu memilih (X).
  • Bagian 3 → di section 3 juga ada 10 soal. Di sini kamu akan mendengarkan percakapan, lalu akan diberikan pertanyaan dengan jawaban pilihan ganda.
  • Bagian 4 → di section terakhir ini ada 10 soal. Kamu akan mendengarkan percakapan yang lebih panjang dari section sebelumnya. Kemudian kamu akan diberikan pertanyaan dengan jawaban pilihan ganda.

Kamu hanya diberikan waktu 35 menit untuk mengerjakan keempat section listening HSK 3.

(2) Tes Reading HSK 3

Tes reading atau disebut juga dengan 阅读 (yuèdú) merupakan tes kedua yang diujikan setelah tes listening. Kamu akan diberikan 30 soal yang harus diselesaikan. Soal reading dibagi ke dalam 3 section, yaitu:

  • Bagian 1 → di section 1 ini ada 10 soal. Di sini kamu akan diberikan beberapa pernyataan. Kemudian kamu akan mencocokkan pernyataan tersebut dengan soal yang diberikan.
  • Bagian 2 → di section 2 ini juga ada 10 soal. Di sini kamu akan diberikan beberapa contoh kosakata. Kemudian kamu akan memilih kosakata yang tepat untuk melengkapi kalimat.
  • Bagian 3 →  di section terakhir ada 10 soal. Kamu akan menjawab pertanyaan dari sebuah pernyataan sederhana dengan jawaban pilihan ganda. 

Kamu hanya diberikan waktu 30 menit untuk mengerjakan ketiga section reading HSK 3.

(3) Tes Writing HSK 3

Yang terakhir adalah format tes writing atau disebut juga 书写 (shūxiě). Jumlah soal yang diberikan adalah 10 butir soal yang dibagi ke dalam 2 section, yaitu:

  • Bagian 1 → di section 1 ada 5 soal. Kamu diarahkan untuk menyusun kata acak menjadi kalimat yang tepat dan sesuai dengan tata bahasa Mandarin.
  • Bagian 2 → di section 2 juga ada 5 soal. Kamu diarahkan untuk menulis satu kosakata bahasa Mandarin dalam huruf Hanzi.

Nilai Minimum untuk Lulus  HSK 3 

Bagaimana pembagian nilai untuk HSK 3 dan nilai minimum yang harus dikantongi untuk bisa mendapatkan sertifikat? Cek tabel berikut:

Section

Maksimal Score

Listening 

100

Reading 

100

Writing 

100

Total skor maksimal untuk HSK 3 adalah 300. Namun, kamu hanya perlu mengamankan 180 poin agar bisa lulus tes HSK 3.

Daftar Cakap Sekarang, Dapatkan Kelas Bahasa Mandarin Gratis

Materi HSK 3

hsk-3-adalah
Photo from Freepik

Berikut materi yang wajib kamu pelajari sebelum mengikuti ujian HSK level 3:

(1) Kosakata yang Harus Dihafal untuk Tes HSK 3

Seperti yang kita ketahui, dalam ujian HSK 3 setidaknya kamu sudah memiliki bekal hafalan kosakata bahasa Mandarin sebanyak 600 kata. Berikut kosakata-kosakata dasar yang mungkin bisa kamu pelajari:

Dalam tabel di bawah ini, Cakap mengajakmu untuk menghafal beberapa kosakata yang mungkin bisa berguna dan muncul di soal ujian HSK 3:

Kosakata Bahasa Mandarin

Terjemahan Bahasa Indonesia

矮 (Ǎi)

Pendek 

把 (Bǎ)

Bundel / handel

班 (Bān)

Kelas 

杯子 (bēizi)

Cangkir 

城市 (Chéngshì)

Kota 

9点 (9 Diǎn)

Jam 9

蛋 (Dàn)

Telor 

东 (Dōng)

Timur 

飞机 (Fēijī)

Pesawat 

发 (Fā)

Mengirim 

公斤 (Gōngjīn)

Kilogram 

会议 (huìyì)

Pertemuan 

后来 (Hòulái)

Nanti/kemudian 

解决 (jiějué)

Menyelesaikan

绿色 (lǜsè)

Hijau 

见面 (Jiànmiàn)

Bertemu 

领带 (Lǐngdài)

Dasi 

邻居 (Línjū)

Tetangga 

楼 (Lóu)

Bangunan/gedung 

猫 (Māo)

Kucing 

拿 (Ná)

Mengambil 

盘子 (Pánzi)

Piring 

胖 (Pàng)

Gemuk 

瓶子 (Píngzi)

Botol 

爬山 (Páshān)

Mendaki gunung

热情 (Rèqíng)

Ramah, hangat

晴 (Qíng)

Cerah 

伞 (Sǎn)

Payung 

刷牙 (Shuāyá )

Sikat gigi 

我 (wǒ)

Aku 

香蕉 (Xiāngjiāo)

Pisang 

裙子 (Qúnzi)

Rok 

要 (Yào)

Ingin 

(2) Percakapan Sehari-Hari

Goals atau Tujuan utama dari ujian HSK level 3 adalah peserta mampu berkomunikasi dengan baik saat berada di Tiongkok. Sehingga, materi tentang percakapan sehari-hari menjadi salah satu materi landasan dalam ujian HSK 3.

Beberapa contoh percakapan sehari-hari dalam bahasa Mandarin bisa kamu cek dalam artikel:

Di artikel tersebut ada banyak contoh percakapan, mulai dari percakapan di sekolah, restoran, tempat kerja, hingga percakapan bersama teman-teman.

(3) Grammar dan Kalimat Sederhana

Dalam sesi reading, kamu akan banyak dihadapkan dengan soal pernyataan. Sehingga kamu perlu memahami arti dan makna koheren dari sebuah kalimat.

Sedangkan materi grammar akan sangat dibutuhkan dalam sesi writing. Kamu akan diarahkan untuk menyusun kata acak menjadi kalimat yang padu dan sesuai SPOK yang berlaku dalam grammar bahasa Mandarin.

Contoh Soal HSK 3 

Mempelajari contoh-contoh soal HSK 3 membantumu memudahkan mengerjakan soal-soal pada saat ujian sungguhan. Ketika kamu sudah terbiasa berlatih soal, kamu akan memiliki gambaran tentang jenis-jenis soal yang mungkin akan keluar.

Nah, berikut ada artikel yang cocok nih buat kamu yang ingin belajar latihan soal HSK 3 lengkap dengan pembahasannya!

Ikuti Tes Simulasi HSK GRATIS

Selain berlatih mengerjakan soal HSK 3, mengikuti tes simulasi menjadi salah satu persiapan yang harus kamu lakukan. Hem, tapi ikut tes simulasi mahal dan berbayar nggak sih? Jangan khawatir! Di Cakap, kamu bisa mengikuti tes simulasi HSK GRATIS TIS TIS TIS! Yuk, klik linknya sekarang dan langsung mulai tesnya!

Demikianlah penjelasan mengenai HSK 3. Gimana? Sekarang kamu sudah mengenal lebih dalam tentang HSK 3, format tes, dan materi-materinya, bukan?

Buat kamu yang ingin lebih jago berbahasa Mandarin dan sat-set sat-set lulus setiap level tesnya, yuk merapat! Daftar dan ikuti kelas bahasa Mandarin online di Cakap! Bersama laoshi-laoshi profesional, kami siap membantumu mahir berbahasa Mandarin! Booking kelasnya sekarang karena #SiapaCakapDiaDapat!

(Content telah ditinjau ulang oleh Calvina Effie Tanama, Mandarin Course Admin)

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.