Film Laga Mandarin Favorit Kamu Ternyata Bukan Film Kung Fu!

Film Laga Mandarin Favorit Kamu Ternyata Bukan Film Kung Fu!

Selama ini mungkin kamu tahu tentang film kung fu atau mungkin sebagian dari kamu menyebutnya dengan film silat. Padahal, sebutan asli untuk genre film laga ini adalah wuxia dan film wuxia bisa menjadi cara asyik belajar bahasa Mandarin.

Wuxia (武俠—pahlawan perang) adalah genre fiksi dari Tiongkok yang kisahnya bercerita tentang petualangan ahli beladiri di Tiongkok kuno. Meskipun wuxia secara tradisional merupakan bentuk sastra fantasi, popularitasnya telah menyebabkannya menyebar ke berbagai bentuk seni seperti opera Tiongkok, mānhuà, film, serial televisi, dan video game. Wuxia juga berhasil membentuk bagian dari budaya populer di banyak komunitas berbahasa Mandarin di seluruh dunia.

Apa itu Wuxia?

Film Laga Mandarin Favorit Kamu Ternyata Bukan Film Kung Fu!
sumber: filmsmash.com

Kata “wǔxiá” adalah gabungan dari “wǔ” (武) yang secara harfiah berarti “beladiri”, “militer”, atau “bersenjata” dan xiá (俠)yang secara harfiah berarti “ksatria”, “main hakim sendiri”, atau “pahlawan”. Seorang ahli beladiri yang mengikuti kode xia sering disebut sebagai xiákè (俠客—pengikut xia) atau yóuxiá (遊俠—pengembara xia). Dalam beberapa terjemahan, seniman atau ahli bela diri ini disebut sebagai “pendekar pedang” meskipun ia mungkin tidak selalu menggunakan pedang.

Para pahlawan dalam fiksi wuxia biasanya tidak melayani seorang tuan, memegang kekuatan militer, atau pengikut dari kelas aristokrat. Mereka sering berasal dari kelas sosial yang lebih rendah dari masyarakat Tiongkok kuno. Seorang pendekar pedang biasanya melakukan perjalanan untuk memperbaiki kesalahan, memperjuangkan kebenaran, menghilangkan penindas, dan membawa pembalasan atas kesalahan masa lalu. Tradisi xia Tiongkok dapat dibandingkan dengan kode bela diri dari budaya lain seperti tradisi bushido dari samurai Jepang.

Mengapa Serial Wuxia Dapat Membantu Belajar Bahasa Mandarin?

Film Laga Mandarin Favorit Kamu Ternyata Bukan Film Kung Fu!
sumber: people.com

Cara untuk mulai belajar bahasa Mandarin dengan Wuxia tergantung dari tingkat mana kamu berada. Cara belajar untuk kamu yang kursus bahasa Mandarin online di tingkat dasar tentu berbeda dengan mereka yang sudah di tingkat menengah atau lanjutan.

Baca Juga

Untuk pelajar kursus bahasa Mandarin online tingkat pemula

Kamu memang belum diperbolehkan untuk membaca novel wuxia atau menonton film wuxia tanpa bantuan subtitel. Namun, kamu bisa mulai mencari tentang wuxia di internet dan belajar istilah-istilahnya di sana. Kamu bisa mencari informasinya di Wuxia Wikia, Wuxiapedia, atau di situs kebudayaan Wuxia Tiongkok. Dengan ini, kamu akan belajar sesuatu tentang budaya mandarin dan mungkin memotivasimu untuk belajar bahasa Mandarin dengan lebih keras.

Belajar Bahasa Mandarin Online? Ayo Download Aplikasi Cakap

Untuk pelajar kursus bahasa Mandarin online tingkat menengah

Untuk pelajar tingkat menengah ke bawah, sarannya hampir sama dengan pelajar pemula. Jika kamu memiliki keberanian lebih kamu bisa memeriksa versi bahasa Mandarin dari salah satu situs web di atas, atau mencoba membaca/menonton wuxia dalam bahasa Mandarin.

Untuk pelajar tingkat menengah-atas, ada banyak opsi sarana belajar bahasa Mandarin lewat wuxia seperti:

  • Membaca buku komik wuxia
  • Menonton serial TV atau film wuxia
  • Membaca novel wuxia yang tidak terlalu tebal

Membaca komik dan menonton film atau serial TV wuxia sangat disarankan untuk tingkatan ini. Bila sudah mulai terbiasa, barulah bisa melanjutkan dengan membaca novel. Mengapa demikian? Karena kamu perlu mendapatkan gambaran tentang berbagai gerakan dan akan lebih mudah jika melihat gambarnya secara langsung dibandingkan dengan memainkan imajinasi.

Untuk pelajar kursus bahasa Mandarin online tingkat lanjutan

Kamu mungkin sudah nyaman menonton film bahasa Mandarin tanpa subtitle, membaca novel, atau mungkin bermain video game berbahasa Mandarin. Kamu bisa memperdalam pengetahuan tentang sejarah Tiongkok agar lebih familiar dengan yang disajikan di dalam kisah cerita wuxia. Bisa juga dengan membaca novel yang lebih tebal atau memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi.

Rekomendasi Film Wuxia

Bingung ingin memulai dari mana? Berikut rekomendasi film wuxia untuk kamu:

Crouching Tiger, Hidden Dragon

Film Laga Mandarin Favorit Kamu Ternyata Bukan Film Kung Fu!
sumber: giphy

Crouching Tiger, Hidden Dragon atau dalam bahasa Mandarin berjudul 臥虎藏龍 atau 卧虎藏龙 adalah sebuah film wuxia yang pertama dirilis pada tahun 2000. Film ini merupakan adaptasi dari novel karya Wang Dulu. Disutradarai oleh Ang Lee dan dibintangi oleh Chow Yun-Fat dan Michelle Yeoh, film ini berhasil mendapatkan berbagai penghargaan termasuk Piala Oscar.

Berkisah tentang Li Mu Bai, seorang pahlawan besar yang memutuskan untuk menyerahkan pedangnya kepada seorang temannya yang berharga. Tak lama, pedang itupun dicuri. Pada saat yang sama ia mencoba untuk membalas kematian tuannya oleh Jade Fox yang jahat. Dia pun bergabung dalam pencariannya oleh Shu Lien, cinta lamanya.

Fong Sai-Yuk

Film Laga Mandarin Favorit Kamu Ternyata Bukan Film Kung Fu!
sumber: Tumblr.com

Fong Sai-Yuk (方世玉—Fāng Shì Yù atau The Legend of Fong Sai-yuk) adalah sebuah film laga komedi yang diperankan oleh aktor kawakan Jet Li dan dirilis pada tahun 1993. Film ini berkisah tentang Fong Sai-Yuk, salah satu petarung terbaik di wilayahnya. Suatu ketika, seorang pedagang kaya merancang sebuah kompetisi dengan hadiah berupa sang pemenang boleh menikahkan putrinya. Lantas, Fong Sai-Yuk berpartisipasi pada kesempatan itu. Tak terhenti di sana, Fong Sai-Yuk harus menghadapi hal yang lebih besar dari kompetisi tersebut.

Kung Fu Panda

Film Laga Mandarin Favorit Kamu Ternyata Bukan Film Kung Fu!
sumber: giphy

Ini memang bukan film wuxia asli dari Tiongkok namun bila kamu menontonnya dalam audio bahasa Mandarin, film ini dapat menjadi media yang bagus untuk belajar. Selain ceritanya yang lucu dan percakapan yang mudah dicerna, Kung Fu Panda juga cocok untuk pelajar bahasa Mandarin usia anak-anak.

Berkisah tentang Po, seekor Panda yang ternyata adalah “Dragon Warrior” dan harus melawan Tai Lung untuk menjaga keselarasan dunia. Masalahnya adalah Po bukanlah ahli beladiri. Bersama dengan master lainnya, Po berlatih dengan keras agar bisa mengalahkan Tai Lung.

Itu dia cara asyik belajar bahasa Mandarin selain kursus bahasa Mandarin online di Cakap. Selain membantumu belajar bahasa Mandarin, serial Wuxia juga bisa menambah wawasanmu tentang sejarah Tiongkok, kebudayaan Tionghoa, dan seni beladiri. Tidak hanya itu, ceritanyapaun sangat menarik untuk diikuti.

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google