Exclusive E-Book: Tips dan Trik Belajar Dasar Bahasa Mandarin Untuk Pemula Dengan Mudah

Thumbnail - Belajar Bahasa Mandarin Untuk Pemula

Belajar Bahasa Mandarin dari Dasar

Saat ini China telah bertransformasi menjadi negara dengan ekonomi terbesar ke-2 di dunia. Hal tersebut dapat dilihat dari perkembangan penggunaan bahasa Mandarin yang menempati posisi ke-2 dunia dengan total mencapai 1,1 miliar orang yang menggunakannya. Kebutuhan akan bahasa Mandarin sebagai bahasa komunikasi di perusahaan-perusahaan besar menyebabkan banyak orang Indonesia belum bisa bersaing dengan orang-orang berkemampuan bahasa Mandarin. Tak mengherankan, banyak orang yang tertarik belajar bahasa Mandarin.

Kesempatan bekerja di perusahaan besar China seperti TikTok, Alibaba, Tencent dan lain-lain membuat persaingan kerja menjadi semakin sulit. Tantangan tersebut bahkan menjadi semakin berat jika tidak dibarengi dengan kemampuan berbahasa Mandarin yang baik untuk berkomunikasi.

Meski begitu, Sobat Cakap tidak perlu khawatir. Dalam hal ini Sobat Cakap tidak sendirian. Para Sobat Cakap lainnya juga memiliki kerisauan yang sama. Bahkan tidak sedikit yang masih bingung tentang bagaimana caranya belajar bahasa Mandarin untuk pemula.

Dalam Artikel ini, Sobat Cakap akan mengetahui informasi lengkap seputar bahasa Mandarin dan bagaimana cara belajar bahasa Mandarin untuk pemula. Dengan begitu, Sobat Cakap bisa mengetahui dasar-dasar bahasa Mandarin yang perlu dipelajari untuk membantu membangun percakapan bahasa Mandarin yang lebih baik.

Baca Juga :

Bagian 1 | Bahasa Mandarin

Introduksi: Berkenalan dengan Bahasa Mandarin

 

Bahasa Mandarin kini banyak digunakan oleh masyarakat dunia dimana popularitas bahasa Mandarin kini terus berkembang seiring dengan banyaknya bangsa asing yang ingin mempelajari dan menggunakannya sebagai bahasa komunikasi, baik itu sehari-hari maupun untuk bisnis. Kemajuan Tiongkok sebagai sebuah negara juga punya andil yang besar terhadap popularitas bahasa Mandarin. Namun sebenarnya apa itu bahasa Mandarin?

Sebenarnya tidak ada penjelasan sederhana yang dapat menjelaskan apa itu bahasa Mandarin. Di Cina sendiri, terdapat beragam bahasa dimana setiap daerahnya memiliki pengucapan dan pelafalan yang berbeda-beda. Namun secara singkat, bahasa Mandarin bisa diartikan sebagai salah satu bahasa yang paling banyak digunakan dalam kelompok bahasa Cina yang terdiri dari banyak bahasa dan dialek. Setidaknya, lebih dari 955 juta rakyat Tiongkok merupakan penutur asli bahasa Mandarin.

Bahasa Mandarin banyak digunakan oleh bangsa Tionghoa. Bahasa ini juga menjadi bahasa resmi di beberapa negara, seperti Republik Rakyat Tiongkok, Taiwan dan Singapura. Namun meski sama-sama menggunakan bahasa Mandarin, dialek yang digunakan pada dasarnya berbeda.

Sejarah Bahasa Mandarin

Sejarah dan perkembangan bahasa Mandarin tidak dapat dipisahkan dari kawasan Utara dan Barat Daya Cina. Di kawasan ini ada dua dialek yang banyak digunakan, yakni Putonghua dan Guoyu. Dua dialek inilah yang menjadi cikal bakal bahasa Mandarin yang saat ini dikenal dunia.

Putonghua dan Guoyu sebenarnya merupakan dua dialek yang berbeda. Namun karena standar bahasanya memiliki banyak kesamaan, banyak yang menganggapnya dua dialek yang sama. Selain itu, keduanya juga sama-sama berasal dari bahasa lisan Beifanghua.

Di daratan Cina atau Tiongkok, Putonghua dijadikan sebagai bahasa resmi di sana. Singapura juga menetapkan Putonghua yang sering disebut Huayu sebagai salah satu bahasa resminya. Di sisi lain, dialek Guoyu dijadikan sebagai bahasa resmi Taiwan.

Fakta Unik Tentang Bahasa Mandarin

Saat ingin belajar bahasa Mandarin, sobat cakap pasti bingung harus mulai dari mana. Banyak yang terburu-buru dengan hal-hal yang rumit atau bahkan langsung masuk ke kosakata bahasa mandarin. Walau memang sebenarnya semua itu memang penting, namun agar lebih ringan bahasa Mandarin sebenarnya punya beberapa fakta yang menarik yang sobat cakap perlu ketahui:

  • Total Pengguna Bahasa Mandarin

Jumlah pengguna bahasa Mandarin sangat besar, bahkan diperkirakan angkanya melebihi 1 miliar jiwa. Angka tersebut tidak terlepas dari banyaknya keturunan Tionghoa yang hingga kini masih menjaga bahasa leluhurnya. Selain itu, beberapa negara seperti Taiwan dan Singapura juga menetapkan bahasa Mandarin sebagai bahasa resminya. 

Jika total populasi dunia adalah 7 miliar jiwa dan lebih dari 1 miliar diantaranya adalah penutur bahasa Mandarin, sedikitnya 15% dari total populasi dunia aktif melakukan percakapan bahasa Mandarin.

  • Jumlah Karakter dalam Bahasa Mandarin

Karakter bahasa Mandarin juga jumlahnya sangat banyak dimana setidaknya ada 100.000 karakter yang tercatat di dalam kamus bahasa Mandarin. Meski begitu, kurang lebih hanya 2500-3500 karakter yang sering digunakan dalam percakapan bahasa Mandarin. Jadi saat belajar bahasa Mandarin, Sobat Cakap tidak perlu menguasai semua karakter yang ada.

  • Jumlah Intonasi dalam Bahasa Mandarin

Saat mulai belajar bahasa Mandarin untuk pemula, Sobat Cakap akan menyadari bahwa ada satu hal yang membuat bahasa Mandarin begitu unik. Saat menuturkan bahasa ini, ada nada atau bunyi yang berbeda untuk setiap kelompok kosakata bahasa Mandarin.

  • Asal Karakter Mandarin

Bahasa Mandarin adalah bahasa yang terus berkembang. Huruf atau karakternya yang disebut dengan Hanzi Mandarin juga terus bertambah mengikuti perkembangan zaman. Sering kali, inilah yang membuat belajar bahasa Mandarin terasa begitu sulit.

Hanzi Mandarin sebenarnya merupakan salah satu huruf tertua yang ada di dunia. Karakter huruf Hanzi juga terus mengalami perubahan bentuk, seperti Jiaguwen, Jinwen, Xiaozhuan, Lishu dan Khaisu. Namun saat belajar bahasa Mandarin, huruf yang dipelajari biasanya adalah huruf Hanzi bentuk khaisu.

Pembagian Bahasa Mandarin

Bahasa Cina merupakan satu kelompok bahasa yang kaya dimana saat ini ada sekitar 81 bahasa yang masuk dalam kelompok bahasa ini. Dari 81 bahasa, 3 bahasa diantaranya punya jumlah pengguna yang sangat besar. Berikut pembagian bahasa tersebut:

  • Bahasa Mandarin Cina

Saat belajar bahasa Mandarin, biasanya inilah bahasa yang akan Sobat Cakap pelajari. Dari 3 kelompok bahasa Cina, bahasa Mandarin Cina inilah yang memiliki jumlah penutur paling banyak. Dalam percakapan bahasa Mandarin seperti percakapan bisnis hingga percakapan dalam dunia pendidikan, biasanya bahasa ini yang digunakan.

  • Bahasa Kanton

Bahasa Kanton memiliki struktur, karakter dan pengucapan yang sangat berbeda dengan bahasa Mandarin. Sedikitnya bahasa ini digunakan oleh lebih dari 71 juta orang. Saat belajar bahasa Mandarin untuk pemula, jarang ada lembaga pendidikan bahasa yang mengajarkan bahasa ini. Meski begitu, bahasa Kanton banyak ditemukan dan digunakan di Hong Kong, Makau, provinsi Guangxi, Guangdong dan Asia Tenggara.

  • Bahasa Wu

Sebenarnya Wu adalah sebutan untuk kelompok bahasa di mana bahasa Shanghai menjadi salah satu diantaranya. Sesuai dengan namanya, bahasa Shanghai sendiri merupakan bahasa yang banyak digunakan oleh warga Shanghai. Selain Shanghai, bahasa ini juga banyak digunakan di Jiangsu dan Zhejiang.

Baca Juga :

Bagian 2 | Elemen Dasar Dalam Bahasa Mandarin

Saat belajar bahasa Mandarin untuk pemula, ada 3 elemen dasar yang biasanya diajarkan. Ketiga elemen tersebut dikenal dengan istilah Pinyin Mandarin, Hanzi dan Sheng Diao. Tapi sebelum beralih ke prakteknya, yuk kenalan dengan Pinyin Mandarin, Hanzi dan Sheng Diao dulu.

Pinyin

Sebelum belajar tentang huruf atau Hanzi Mandarin, orang yang baru belajar bahasa Mandarin umumnya belajar kosakata dari pinyin. Bagaimana cara membaca huruf Mandarin, hal tersebut biasanya dilakukan dengan membaca tulisan dalam huruf latin. Inilah yang disebut dengan pinyin.

Secara lebih jelasnya, Pinyin Mandarin dapat diartikan sebagai terjemahan dari huruf Mandarin menjadi huruf latin. Meski belum bisa membaca Hanzi Mandarin, Sobat Cakap bisa mengetahui bagaimana bacaan tulisan Mandarin.

Alfabet Latin

Abjad Mandarin (Hanzi)

Pelafalan (Pinyi)

A

ēi

B

C

西

D

E

F

艾弗

ài fú

G

H

艾尺

ài chǐ

I

ài

J

jié

K

kāi

L

艾勒

ài lè

M

艾马

ài mǎ

N

艾娜

ài nà

O

ó

P

Q

吉吾

jí wú

R

艾儿

ài ér

S

艾丝

ài sī

T

U

伊吾

yī wú

V

wéi

W

豆贝尔维

dòu bèi ěr wéi

X

艾克斯

yī kè sī

Y

吾艾

wú ài

Z

吾艾

zéi dé

Bagi orang yang terbiasa dengan huruf latin, Pinyin bahasa Mandarin ini akan sangat membantu. Jadi meski belum mulai belajar soal Hanzi Mandarin, Sobat Cakap bisa mulai mengenal kosakata dalam bahasa Mandarin.

Hanzi

Sebenarnya Pinyin Mandarin dan Hanzi adalah satu paket. Saat baru belajar bahasa Mandarin untuk pemula, buku-buku pelajaran bahasa Mandarin akan menampilkan keduanya secara berdampingan.

Jika Pinyin Mandarin ditulis dalam huruf latin, beda halnya dengan Hanzi. Bisa dikatakan, Hanzi Mandarin adalah tulisan atau huruf Mandarin itu sendiri.

Saat baru belajar mengenal tulisan Mandarin, Sobat Cakap akan sering berhadapan dengan Pinyin dan Hanzi. Dari Pinyin Sobat Cakap bisa tahu bagaimana bunyi dari tulisan Mandarin. Namun dari Hanzi Mandarin, Sobat Cakap bisa tahu bagaimana bentuk tulisan Mandarinnya. Berangkat dari keduanya, barulah Sobat Cakap bisa mulai belajar kosakata bahasa Mandarin.

Sheng Diao

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahasa Mandarin adalah bahasa yang bernada. Saat belajar bahasa mandarin, Sobat Cakap akan menemukan bahwa tidak semua kata memiliki nada yang sama. Nada-nada ini punya pengaruh yang sangat besar. Beda nada artinya juga bisa berbeda. 

Secara singkat, Sheng Diao adalah nada dalam bahasa Mandarin. Dalam percakapan bahasa Mandarin, ada empat nada dasar. Berikut keempat nada dasar Sheng Diao:

  • Nada Tingkat Tinggi

Nada tingkat tinggi juga sering disebut dengan sebutan nada tinggi datar. Jika diibaratkan dalam skala 1-5, nada tingkat tinggi ini berangkat dari nada ke-5 menuju ke nada ke-5. Tidak ada perubahan dalam nada pelafalannya. Nada tingkat tinggi atau nada datar ini umumnya digunakan saat orang sedang berpikir.

  • Nada Naik

Dalam percakapan bahasa Mandarin, terkadang Sobat Cakap akan menjumpai kata-kata yang dilafalkan dengan nada menaik. Nada naik ini dilafalkan dari nada tengah ke nada tinggi. Jadi dari nada tingkat ke-3 naik ke-5. Biasanya nada ini digunakan saat orang merasa heran.

  • Nada Celup

Beberapa kosakata bahasa Mandarin ada yang dilafalkan dengan nada yang satu ini. Nada celup atau nada gelombang adalah nada pelafalan yang berangkat dari nada setengah rendah ke nada rendah kemudian naik ke nada setengah tinggi. Jika digambarkan dalam skala ketinggian nada 1-5, nada celup berawal dari nada ke-2, turun ke-1 kemudian naik ke-4. Nada ini biasanya digunakan seseorang saat sedang manja.

  • Nada Jatuh

Saat baru belajar bahasa Mandarin, Sobat Cakap akan menemui perubahan nada pelafalan yang cukup dramatis dari nada tinggi ke nada rendah atau dari nada tingkat ke-5 menuju ke-1. Inilah yang disebut dengan nada jatuh. Biasanya, nada ini sering dijumpai dalam ucapan orang yang sedang marah.

Baca Juga :

Bagian 3 | Dasar Kosakata Bahasa Mandarin

Setelah mengenal dasar-dasar bahasa Mandarin, berikutnya Sobat Cakap bisa mulai mempelajari kosakata bahasa Mandarin. Namun mengingat banyaknya kosakata dalam bahasa Mandarin, tentunya sulit untuk bisa hafal semuanya.

Sama seperti bahasa lain, sebenarnya tidak semua kosakata bahasa Mandarin sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Rata-rata hanya ada 100 kata yang paling sering digunakan. 

Dengan menghafal 100 kata yang paling sering digunakan, Sobat Cakap sudah bisa memahami 50% tulisan bahasa Mandarin yang Sobat Cakap temukan. Jadi kalau Sobat Cakap sedang belajar bahasa Mandarin, Sobat Cakap bisa mulai dari sini.

  • Kata Ganti

Kata ganti termasuk kata yang paling sering diucapkan dalam percakapan sehari-hari. Hal ini juga berlaku dalam percakapan bahasa Mandarin. Penempatan kata ganti bisa ditemukan baik sebagai subjek maupun objek. 

Sedikitnya, ada 10 kata ganti inti dalam bahasa Mandarin. Berikut kesepuluh kata ganti tersebut.

Bahasa Mandarin

Pinyin

Bahasa Indonesia

Saya

Kamu

nín

Anda

他 / 她 / 它

Dia (laki-laki / perempuan / benda + hewan)

我 们

wǒmen

Kami / Kita

你 们

nǐmen

Kalian

他 们

tāmen

Mereka (laki-laki / perempuan)

zhè

Ini

Itu

这 里

zhèli

Di sini

那 里

nàli

Di sana

Kata Ganti Kepemilikan

Bahasa Mandarin

Pinyin

Bahasa Indonesia

我 的

wǒ de

milik / punya saya

你 的

nǐ de

milik / punya kamu

妳 的

nǐ de

milik / punya kamu  ( perempuan)

他 的

tā de

milik / punya dia

她 的 

tā de

milik /punya dia ( perempuan  )

我 们 的

wǒ men de

milik / punya kami

你 们 的

nǐ men de

milik / punya kalian

他 们 的

tā men de

milik / punya mereka

Kata Benda

Dalam bahasa Mandarin, kata benda punya jumlah paling banyak jika dibandingkan dengan kata lainnya. Namun kalau melihat frekuensi penggunaan, Berkata benda yang sering digunakan dalam percakapan bahasa Mandarin. Berikut kata-kata tersebut.

Anggota Keluarga

Di bahasa Mandarin, topik mengenai keluarga menjadi salah satu kosa-kata yang penting yang wajib sobat cakap pelajari sebagai dasar-dasar dalam belajar bahasa mandarin. berikut kosa-kata anggota keluarga bahasa mandarin tersebut.

Bahasa Mandarin

Pinyin

Bahasa Indonesia

中 国

Zhōng guó

Cina

中 文

Zhōng wén

Cina (bahasa)

rén

Orang

名 字

míng zì

Nama

家 庭

Jiātíng

Keluarga

父 母

Fùmǔ

Orang Tua

妈 妈

māma

Ibu

爸 爸

bàba

Ayah

兄弟

Xiōngdì

Saudara (kakak/Adik)

哥 哥

Gēge

Kakak Laki-laki

姐 姐

jiějie

Kakak Perempuan

弟 弟

dìdi

Adik Laki-laki

妹 妹

mèimei

Adik Perempuan

儿 子

érzi

Anak Laki-laki

女 儿

nǚ er

Anak Perempuan

朋 友

péng yǒu

Teman

孩 子

hái zi

Anak-anak

奶奶

nǎi nai

Nenek (Dari Ayah)

爷爷

yé ye

Kakek (Dari Ayah)

伯伯

bó bo

Paman (Kakak Laki-laki Ayah)

叔叔

shū shu

Paman (Adik Laki-laki Ayah)

姑姑

gū gu

Tante (Kakak/Adik Perempuan Ayah)

姑夫

Gūfū

Paman (Suami dari Kakak/Adik Perempuan Ayah)

伯母

Bómǔ

Tante (Istri dari kakak laki-laki ayah)

婶婶

Shěnshěn

Tante (Istri dari adik laki-laki ayah)

堂兄弟、堂姐妹

táng xiōng dì, táng jiě mèi

Sepupu Laki-laki/perempuan (anak dari kakak/adik laki-laki ayah)

表兄弟、表姐妹

biǎo xiōng dì, biǎo jiě mèi

Sepupu Laki-laki/perempuan (anak dari kakak/adik perempuan ayah)

外婆

wài pó

Nenek (Dari ibu)

外公

wàigōng

Kakek (Dari ibu)

舅舅

jiù jiu

Paman (Kakak/adik laki-laki ibu)

姨妈/阿姨

yí mā / ā yí

Tante (Kakak/Adik Perempuan ibu)

姨父/姨丈

yí fu / yí zhàng

Paman (Suami dari Kakak/Adik Perempuan ibu)

舅母/舅妈

jiù mu / jiù mā

Tante (Istri dari kakak/adik laki-laki ibu)

表兄弟、表姐妹

biǎo xiōng dì, biǎo jiě mèi

Sepupu Laki-laki/perempuan (anak dari kakak/adik ibu

Tempat Umum

Selain anggota keluarga, sobat cakap juga bisa mempelajari kata benda untuk tempat umum dalam bahasa mandarin sehingga sobat cakap bisa mengetahui tempat umum yang kerapkali dijumpai ketika sobat cakap akan melakukan percakapan sehari-hari. Berikut kosa-kata tempat umum bahasa mandarin tersebut.

Bahasa Mandarin

Pinyin

Bahasa Indonesia

diàn

Toko

大賣場

dà màichǎng

Supermarket

市场

shichang

Pasar

学校

Xuéxiào

Sekolah

办公室

Bàngōngshì

Kantor

清真寺

Qīngzhēnsì

Masjid

教堂

jiào táng

Gereja

寺院

sì yuàn

Vihara

佛寺

fó sì

Kuil

飞机场

Fēi jī cháng

Bandara

火车站

Huǒ chē zhàn

Stasiun Kereta Api

银行

Yín háng

Bank

书店

Shūdiàn

Toko Buku

咖啡厅

Kā fēi tīng

Cafe

电影院

Diàn yǐng yuàn

Bioskop

购物

Gòuwù

Mall

餐厅

Cāntīng

Restoran

酒店

Jiǔdiàn

Hotel

大学

Dà xué

Universitas

博物馆

Bó wù guǎn

Museum

公园

Gōng yuán

Taman

药店

Yàodiàn

Apotek

医院

Yī yuàn

Rumah Sakit

港口

Gǎng kǒu

Pelabuhan

动物园

Dòng wù yuán

Kebun Binatang

图书馆

Tú shū guǎn

Perpustakaan

游乐场

Yóulè chǎng

Taman Bermain

体育馆

tǐ yù guǎn

Gedung Olahraga

体育场

Tǐ yù chǎng

Stadion

房子

Fángzi

Rumah

房间

Fang jiān

Ruangan

客厅

kètīng

Ruang Tamu

餐厅

cān tīng

Ruang Makan

洗手间

xĭ shŏu jiān

Kamar Mandi

卧室

wò shì

Kamar Tidur

 

Benda

Berikut ini merupakan kata benda sehari-hari yang umumnya dipakai di bahasa mandarin.

Bahasa Mandarin

Pinyin

Bahasa Indonesia

东西

dōngxi

Benda

qián

Uang

工作

gōngzuò

Kerja

Chuáng

Tempat Tidur

枕头

zhěn tou

Bantal

抱枕

bào zhěn

Guling

毯子

tǎnzi

Selimut

Mén

Pintu

窗户

Chuānghù

Jendela

橱柜

chú guì

Lemari

书架

shū jià

Rak buku

镜子

Jìngzi

Cermin

台灯

tái dēng

Lampu meja

桌子

Zhuōzi

Meja

椅子

Yǐzi

Kursi

衣架

yī jià

Gantungan baju

毛巾

máo jīn

Handuk

牙刷

yá shuā

Sikat Gigi

肥皂

féi zào

Sabun mandi

洗发乳

xǐ fǎ rǔ

Shampoo

Bāo

Tas

裙子

Qúnzi

baju

裤子

Kù zi

Celana

手表

Shǒu biǎo

Jam Tangan

眼镜

Yǎnjìng

Kacamata

袜子

Wàzi

Kaos Kaki

Xié

Sepatu

人字拖

Rén zì tuō

Sendal Jepit

食物

Shíwù

Makanan

饮料

Yǐnliào

Minuman

刀子

dāo zi

Pisau

盘子

pán zi

Piring

杯子

bēi zi

Gelas

勺子

sháo zi

Sendok

叉子

chā zi

Garpu

wǎn

Mangkok

剪刀

jiǎndāo

Gunting

尺子

chǐzi

Penggaris

计算机

jìsuànjī

Komputer

冰箱

Bīng xiāng

Kulkas

洗衣机

xǐyī jī

Mesin cuci

吸尘器

xīchénqì

Vacuum Cleaner

果汁机

guǒ zhī jī

Blender

电烤箱

diàn kǎoxiāng

Oven listrik

空调

kōngtiáo

AC

电视机

diànshì jī

Televisi

扫帚

Sàozhǒu

Sapu

拖把

Tuōbǎ

Alat Pel

垃圾箱

lèsè xiāng

Tong Sampah

风扇

fēngshàn

Kipas angin

shuǐ

Air

chá

Teh

fàn

Nasi

蔬菜

Shūcài

Sayur

水果

Shuǐguǒ

Buah

牛肉

Niúròu

Daging Sapi

鸡肉

Jīròu

Daging Ayam

diàn

Listrik

手机

shǒujī

Telepon

shū

Buku

铅笔

Qiānbǐ

Pensil

圓珠筆

yuán zhū bǐ

Bolpoin

手机

Shǒujī

Handphone/Smartphone

自行车

zì xíng chē

Sepeda

chē

Mobil atau kendaraan

摩托车

mó tuō chē

Motor

火车

huǒ chē

Kereta

飞机

fēi jī

Pesawat

巴士

bā shì

Bus

Jalan

现在

xiànzài

Sekarang

前天

qián tiān

Dua hari yang lalu

今天

jīntiān

Hari ini

明天

míngtiān

Besok

昨天

zuótiān

Kemarin

后天

hòutiān

Lusa

时间

shíjiān

Waktu

小时

xiǎoshí

Jam

分钟

fēnzhōng

Menit

miǎo

Detik

nián

Tahun

yuè

Bulan

Hari

星期

xīngqī

Minggu

里面

lǐmiàn

Dalam

外面

wàimiàn

Luar

shàng

Atas

xià

Bawah

yòu

Kanan

zuǒ

Kiri

Nama Hewan

Agar dapat menulis kalimat sederhana dalam bahasa Mandarin, kamu butuh beberapa kosakata seperti nama hewan. Cek selengkapnya disini!

Bahasa Mandarin

Pinyin

Bahasa Indonesia

宠物

chǒng wù

Hewan peliharaan

gǒu

Anjing

māo

Kucing

兔子

tù zǐ

Kelinci

仓鼠

cāng shǔ

Hamster

刺猬

cì wèi

Landak

Ikan

乌龟

wū guī

Kura-kura

niǎo

Burung

野生动物

yě shēng dòng wù

Hewan liar

老虎

lǎo hǔ

Harimau

狮子

shī zi

Singa

豹子

bào zi

Macan

鳄鱼

È yú

Buaya

大象

xà xiàng

Gajah

xióng

Beruang

熊猫

xióng māo

Panda

猴子

hóu zi

Monyet

犀牛

xī niú

Badak

shé

Ular

长颈鹿

cháng jǐng lù

Jerapah

袋鼠

dài shǔ

Kangguru

鹿

Rusa

蜥蜴

xī yì

Kadal

 

Kata Kerja

Waktu belajar bahasa Mandarin untuk pemula, Sobat Cakap bisa mulai dengan menghafalkan 24 kata kerja yang paling sering digunakan. Berikut semua kata kerja tersebut.

Bahasa Mandarin

Pinyin

Bahasa Indonesia

zuò

Melakukan

shì

Menjadi

zài

Di

yǒu

Memiliki

lái

Datang

Pergi

huí

Kembali

xiǎng

Berpikir

yào

Ingin

chī

Makan

Minum

shuō

Berbicara

kàn

Melihat

tīng

Mendengar

jiàn

Bertemu

jiào

Menelpon

gěi

Memberi

Bermain

mǎi

Membeli

dào

Datang

děng

Menunggu

xué

Belajar

喜欢

xǐhuan

Suka

ài

Cinta

 

Kata Sifat dan Kata Keterangan

Mirip seperti kata kerja, jumlah kata sifat juga sangat banyak. Jadi kalau Sobat Cakap sedang belajar bahasa Mandarin, Sobat Cakap bisa mulai dari 20 kata sifat dan kata keterangan yang paling sering dipakai.

Bahasa Mandarin

Pinyin

Bahasa Indonesia

hǎo

Baik

huài

Buruk

Besar

xiǎo

Kecil

duō

Banyak

shǎo

Sedikit

yuǎn

Jauh

jìn

Dekat

Panas

lěng

Dingin

nán

Pria

Perempuan

漂亮

piàoliang

Cantik

高兴

gāoxìng

Senang

有趣

yǒuqù

Menarik

hěn

Sangat

tài

Terlalu

Juga

dōu

Keduanya atau semuanya

不/没

bù/méi

Bukan

 

Kata Konjungsi Inti

Kata konjungsi berperan sebagai penyambung kata ataupun kalimat. Saat belajar bahasa Mandarin, sedikitnya ada 8 kata konjungsi yang perlu Sobat Cakap hafalkan.

Bahasa Mandarin

Pinyin

Bahasa Indonesia

Dan

但是

dànshì

Tapi

因为

yīnwèi

Karena

所以

suǒyǐ

Jadi

如果

rúguǒ

Juka

比如

bǐrú

Contohnya

然后

ránhòu

Kemudian

那个

nèige/nàge

Ummm…

PRONUNCIATION

Setelah mempelajari kosakata, gak afdol kalau gak tahu cara bacanya. Maka itu, penting bagi kita untuk tahu aturan-aturan pelafalan bahasa Inggris. Pernah lihat kamus bahasa Inggris dengan tulisan alfabet yang bentuknya aneh seperti æ atau ú:? Simbol-simbol ini ada untuk membantu kamu mengetahui cara membaca suatu kata yang tidak kamu kenal. Berikut penjelasan mengenai cara pelafalan dalam bahasa Inggris.

Angka

Dalam bahasa Mandarin, angka dapat dibagi menjadi beberapa kelas. Berikut pembagian beserta pinyin dan hanzi Mandarinnya.

Angka 1 Sampai 10
Angka 1-10 merupakan inti dari angka Mandarin. Nantinya, angka-angka ini menjadi dasar dari angka yang lebih besar.

Angka

Pinyin

Hanzi

yī 

一 

èr 

二 

liǎng 

两 

sān 

三 

sì 

四 

wǔ 

五 

liù 

六 

qī 

七 

bā 

八 

jiǔ 

九 

10 

shí 

十 

Angka 11 Sampai 19
Konsep angka belasan adalah “Shí (10) + satuan”.

Angka

Pinyin

Hanzi

11

Shí yī

十一

12

Shí èr

十二

13

Shí sān

十三

14

Shí sì

十四

15

Shí wǔ

十五

16

Shí liù

十六

17

Shí qī

十七

18

Shí bā

十八

19

Shí jiǔ

十九

Angka 20 Sampai 30
Konsep angka puluhan dengan satuan di belakangnya memiliki struktur “satuan + 10 (shí) + satuan”.

Angka

Pinyin

Hanzi

20

Èr shí

二十

21

Èr shí yī

二十一

30

Sān shí

三十

Angka 10 Sampai 90 (Puluhan)
Untuk angka puluhan tanpa satuan di belakangnya, konsepnya adalah “satuan + 10 (shí)”.

Angka

Pinyin

Hanzi

10 

shí 

十 

20

Èr shí

二十

30

Sān shí

三十

40

Sì shí

四十

50

Wǔ shí

五十

60

Liù shí

六十

70

Qī shí

七十

80

Bā shí

八十

90

Jiǔ shí

九十

Angka 100 Sampai 900 (Ratusan)
Untuk angka ratusan, konsep angka Mandarinnya adalah “ratusan (bǎi) + puluhan + satuan”.

Angka

Pinyin

Hanzi

100

bǎi

200

èr bǎi/liǎng bǎi

二百/两百

300

sān bǎi

三百

400

sì bǎi

四百

500

wǔ bǎi

五百

600

liù bǎi

六百

700

qī bǎi

七百

800

bā bǎi

八百

900

jiǔ bǎi

九百

Angka 1000 Sampai 10.000 (Ribuan)
Pada angka ribuan, konsep dalam bahasan Mandarinnya adalah “ribuan (qiān) + ratusan + puluhan + satuan”.

Angka

Pinyin

Hanzi

1000

yī qiān

一千

1200

yī qiān liǎng bǎi

一千两百

1230

Yīqiān liǎng bǎi sānshí

一千两百三十

1234

Yīqiān liǎng bǎi sānshísì

一千两百三十四

2000

liǎng qiān

两千

3000

sān qiān

三千

4000

sì qiān

四千

5000

wŭ qiān

五千

6000

liù qiān

六千

7000

qī qiān

七千

8000

bā qiān

八千

9000

jiŭ qiān

九千

10000

yī wàn

一万

H3 – Angka Di Atas 10.000
Untuk angka di atas 10.000, pelafalan bahasa Mandarinnya dilakukan dari jumlah 10.000-an (wàn). Berikut contohnya.

Angka

Pinyin

Hanzi

10.000

yī wàn

一万

17.000

yī wàn qī qiān

一 万七千

17.500

Yī wàn qīqiān wǔbǎi

一 万七千五百

17.550

Yī wàn qīqiān wǔbǎi wǔshí

一 万七千五百五十

17.555

Yī wàn qīqiān wǔbǎi wǔshíwǔ

一万七千五百五十五

42.300

sì wàn liǎng qiān sān bǎi

四万兩千 三百

Tanggal

Tanggal dalam Bahasa Mandarin

Bahasa Mandarin memiliki cara penulisan dan pelafalannya sendiri. Menariknya, dalam beberapa hal istilah dan pelafalannya mirip seperti angka. Baik dalam pelafalan nama hari, tanggal, bulan hingga tahun, unsur-unsur yang juga biasa ditemukan dalam angka Mandarin bisa dijumpai. Untuk penulisan tanggal sendiri, strukturnya adalah “tahun + bulan + tanggal”.

Penulisan Tanggal
Dalam bahasa Mandarin, aturan penulisan tanggal sama seperti penulisan angka. Perbedaannya hanya terletak di bagian akhir yang ditambah “rì”.

Tanggal

Pinyin

Hanzi

Tanggal 1

Yī rì/ 1 rì

一日 / 1日

Tanggal 2

Èr rì/ 2 rì

二日 / 2日

Tanggal 3

sān rì/ 3 rì

三日 / 3日

Tanggal 4

sì rì/ 4 rì

四日 / 4日

Tanggal 5

wǔ rì/ 5 rì

五日 / 5日

Tanggal 6

liù rì/ 6 rì

六日 / 6日

Tanggal 7

qī rì/ 7 rì

七日 / 7日

Tanggal 8

bā rì/ 8 rì

八日 / 8日

Tanggal 9

jiǔ rì/ 9 rì

九日 / 9日

Tanggal 10

shí rì/ 10 rì

十日 / 10日

Tanggal 11

shíyī rì/ 11 rì

十一日 / 11日

Tanggal 12

shí’èr rì/ 12 rì

十二日 / 12日

Tanggal 13

shísān rì/ 13 rì

十三日 / 13日

Tanggal 14

shísì rì/ 14 rì

十四日 / 14日

Tanggal 15

shíwǔ rì/ 15 rì

十五日 / 15日

Tanggal 16

shíliù rì/ 16 rì

十六日 / 16日

Tanggal 17

shíqī rì/ 17 rì

十七日 / 17日

Tanggal 18

shíbā rì/ 18 rì

十八日 / 18日

Tanggal 19

shíjiǔ rì/ 19 rì

十九日 / 19日

Tanggal 20

Èr shí rì/ 20 rì

二十日 / 20日

Tanggal 21

èrshíyī rì/ 21 rì

二十一日 / 21日

Tanggal 22

èrshí’èr rì/ 22 rì

二十二日 / 22日

Tanggal 23

èrshísān rì/ 23 rì

二十三日 / 23日

Tanggal 24

èrshísì rì/ 24 rì

二十四日 / 24日

Tanggal 25

èrshíwǔ rì/ 25 rì

二十五日 / 25日

Tanggal 26

èrshíliù rì/ 26 rì

二十六日 / 26日

Tanggal 27

èrshíqī rì/ 27 rì

二十七日 / 27日

Tanggal 28

èrshíbā rì/ 28 rì

二十八日 / 28日

Tanggal 29

èrshíjiǔ rì/ 29 rì

二十九日 / 29日

Tanggal 30

sānshí rì/ 30 rì

三十日 / 30日

Tanggal 31

Sān shíyī rì/ 31 rì

三十一日 / 31日

Penulisan Bulan
Penulisan nama bulan bahasa Mandarin sama seperti penulisan angka. Hanya saja, ada tambahan hanzi “yuè” di bagian belakang.

Bulan

Pinyin

Hanzi

Januari

Yī yuè/ 1 yuè

一月/ 1月

Februari

Èr yuè/ 2 yuè

二月 / 2月

Maret

sān yuè/ 3 yuè

三月 / 3月

April

sì yuè/ 4 yuè

四月 / 4月

Mei

wǔ yuè/ 5 yuè

五月 / 5月

Juni

Liù yuè/ 6 yuè

六月 / 6月

Juli

qī yuè/ 7 yuè

七月 / 7月

Agustus

bā yuè/ 8 yuè

八月 / 8月

September

jiǔ yuè/ 9 yuè

九月 / 9月

Oktober

shí yuè/ 10 yuè

十月 / 10月

November

Shí yī yuè/ 11 yuè

十一月 / 11月

Desember

shí’èr yuè/ 12 yuè

十二月 / 12月

Penulisan Tahun
Penulisan tahun dalam bahasa Mandarin dapat ditulis dengan hanzi atau angka. Hanya saja, ada tambahan hanzi “nián” di belakang.

Tahun

Pinyin

Hanzi

Tahun 1999

Yī jiǔ jiǔ jiǔ nián/ 1999 nián

一九九九年 / 1999年

Tahun 2003

Èr líng líng sān nián/ 2003 nián

二零零三年 / 2003年

Tahun 2010

Èr líng yī líng nián/ 2010 nián

二零一零年 / 2010年

Tahun 2020

Èr líng èr líng nián/ 2020 nián

二零二零年 / 2020年

Tahun 2021

èr líng èryī nián/ 2021 nián

二零二一年 / 2021年

Tahun 2022

èr líng èr’èr nián/ 2022 nián

二零二二年 / 2022年

Waktu

Jam atau Waktu dalam Bahasa Mandarin

Bahasa Mandarin memiliki format penulisan waktu yang sama seperti bahasa lainnya. Polanya juga sama. Format dasar penulisannya adalah jam (diǎn) + menit (fēn) + detik (miǎo). Sebagai contoh untuk menulis jam 09:24:37, dalam bahasa Mandarin bisa ditulis “Shàng wǔ 9 diǎn 24 fēn 37 miǎo”.

Penulisan Jam

Untuk menulis jam dalam bahasa Mandarin, Sobat Cakap bisa menuliskannya dalam format “Shàng wǔ + angka + diǎn”. Jadi untuk penulisan jam 9, Sobat Cakap bisa menulisnya “Shàng wǔ 9 diǎn”.

Penulisan Menit

Sama seperti dalam bahasa lain, menit dalam bahasa Mandarin ditulis di belakang jam. Format penulisannya adalah “angka + fēn”. Jadi untuk penulisan menit 24, Sobat Cakap bisa menulisnya “24 fēn”.

Bagian 4 | Percakapan, Menulis & Membaca Bahasa Mandarin

Percakapan Sehari-Hari

Salah satu cara terbaik untuk belajar bahasa Mandarin adalah dengan percakapan. Kosakata bahasa Mandarin yang sebelumnya dihafalkan jadi lebih tertanam. Namun lebih dari itu, Sobat Cakap jadi tahu bagaimana menerapkan kata-kata tersebut ke dalam percakapan bahasa Mandarin yang sesungguhnya.

Di bagian ini, Sobat Cakap akan belajar tentang bagaimana percakapan bahasa Mandarin diaplikasikan. Dengan mengenal pola kalimat sederhana, nantinya diharapkan Sobat Cakap bisa mulai berbicara dalam bahasa Mandarin.

Cara Memperkenalkan Diri dan Berkenalan

Perkenalan diri umumnya dimulai dari memperkenalkan nama, pekerjaan, usia hingga domisili. Untuk lebih jelasnya, berikut contoh perkenalan bahasa Mandarin.

Hanzi

Pinyin

Indonesia

早上好朋友们,很高兴认识你们。我叫Raisa。我来自南唐格朗,万丹。现在我在一家媒体当一个作者作家。我当作家已经四年了。认识你们很高兴。

Zǎoshanghǎo péngyǒumen, hěn gāoxìng rènshí nǐmen. Wǒ jiào Raisa. Wǒ láizì nán táng gé lǎng, wàn dān. Xiànzài wǒ zài yījiā méitǐ dāng yīgè zuòzhě zuòjiā. Wǒ dàng zuòjiā yǐjīng sì niánle. Rènshí nǐmen hěn gāoxìng.

Selamat pagi teman-teman, salam kenal. Nama saya Raisa. Saya Berasal dari Tangerang Selatan, Banten. Sekarang saya bekerja sebagai seorang penulis di salah satu media. Saya telah bekerja sebagai penulis selama empat tahun. Senang bertemu dengan kalian.

大家下午好。 我叫Elizabeth。 我在雅加达出生于1995年8月16日。

Dàjiā xiàwǔ hǎo. Wǒ jiào Elizabeth. Wǒ zài yǎjiādá chūshēng yú 1995 nián 8 yuè 16 rì.

Selamat siang semuanya. Nama saya Elizabeth. Saya lahir di Jakarta pada tanggal 16 Agustus 1995. 

我的全名是Susi Pujiastuti,平时人家叫我Susi。我今年23岁,来三宝垄。三年前,我来到雅加达。目前,妹妹和我住在克Kelapa Gading的公寓。

Wǒ de quán míng shì Susi Pujiastuti, píngshí rénjiā jiào wǒ Susi. Wǒ jīnnián 23 suì, lái sānbǎo lǒng. Sān nián qián, wǒ lái dào yǎjiādá. Mùqián, mèimei hé wǒ zhù zài kè Kelapa Gading de gōngyù.

Perkenalkan, nama lengkap saya Susi Pujiastuti, biasa dipanggil Susi. umur saya 23 tahun dan saya dari Semarang. Tiga tahun lalu, saya datang ke Jakarta. Saat ini saya dan adik saya tinggal di Apartemen di Kelapa Gading.

Cara Menyapa Orang Lain

Untuk menyapa orang lain, berikut ini contoh kalimatnya:

  • Roni:  Ihsan, 你好吗?
  • Ihsan, ni hao ma?
  • Ihsan, bagaimana kabarmu?
  • Ihsan: 我很好,你好吗?
  • Wo hen hao, ni hao ma?
  • Kabarku baik, bagaimana kabarmu? 
  • Roni: 很好,谢谢
  • Hen hao, xie xie.
  • Kabarku juga baik, terima kasih.

Cara Bertanya

Untuk bertanya dengan menggunakan bahasa Mandarin, ada beberapa kalimat yang biasa digunakan. Sebagai contoh, berikut ini cara bertanya kepada guru.

  • Roni: 老师,请教我更多的普通话词汇好吗?
  • Lǎoshī, qǐngjiào wǒ gèng duō de pǔtōnghuà cíhuì hǎo ma?
  • Guru, ajarkan aku lebih banyak kosakata bahasa Mandarin, ya? 
  • Lǎoshī: 当然,我很乐意这样做
  • Dāngrán, wǒ hěn lèyì zhèyàng zuò
  • Tentu saja, saya akan sangat senang melakukannya! 
  • Roni: 非常感谢老师
  • Fēicháng gǎnxiè lǎoshī
  • Terima kasih banyak, guru!

Teknik Menulis

Saat melihat karakter Mandarin, mungkin banyak yang langsung merasa pusing. Karakternya terlihat rumit. Namun untuk pemula, Sobat Cakap bisa memulainya dari belajar teknik menulis huruf Cina. Berikut huruf-huruf Cina sesuai dengan abjad huruf latin.

Abjad Indonesia

Hanzi

Pinyin

A

ēi

B

C

西

D

E

F

艾弗

ài fú

G

H

艾尺

ài chǐ

I

ài

J

jié

K

kāi

L

艾勒

ài lè

M

艾马

ài mǎ

N

艾娜

ài nà

O

ó

P

Q

吉吾

jí wú

R

艾儿

ài ér

S

艾丝

ài sī

T

U

伊吾

yī wú

V

wéi

W

豆贝尔维

dòu bèi ěr wéi

X

艾克斯

yī kè sī

Y

吾艾

wú ài

Z

贼德

zéi dé

Setelah belajar cara menulis huruf, Sobat Cakap bisa mulai ke tingkat selanjutnya, yakni menulis karakter Cina. Dalam menulis karakter Cina, ada urutan yang perlu dipahami. 

Karakter Cina ditulis dari kiri ke kanan dan dari atas ke bawah. Cara penulisannya juga dimulai secara horizontal baru vertikal. Tulis dengan cara mengisi kotak imajiner sebelum Sobat Cakap menutupnya. Selain itu, tulislah satu karakter dalam satu waktu.

Setelah memahami urutan penulisan bahasa Mandarin, Sobat Cakap bisa mulai dengan menulis kosakata dasar kemudian baru beralih ke kalimat-kalimat dasar. 

Saat baru belajar bahasa Mandarin, Sobat Cakap juga perlu memahami struktur kalimatnya. Dalam bahasa Mandarin, tidak ada perbedaan antara maskulin dengan feminin. Selain bentuk tunggal dan jamak bahasa Mandarin juga tidak mengenal segmentasi lain. Selain itu, tidak ada konjugasi dalam bahasa Mandarin dengan struktur kalimat yang sederhana, yakni subjek, predikat dan pelengkap.

Teknik Membaca

Setelah belajar teknik menulis, Sobat Cakap bisa melanjutkan ke tingkat berikutnya, yakni cara membaca. Untungnya, belajar bahasa Mandarin untuk pemula kini menjadi lebih mudah berkat adanya sistem Pinyin. Berangkat dari pinyin Mandarin, bukan tidak mungkin Sobat Cakap bisa fasih berbahasa Mandarin meski belum lancar pelafalan karakter Cina.

Meski ditulis dengan huruf latin, pelafalan pinyin tidak selalu sama dengan bahasa Indonesia. Sebagai contoh, konsonan F, L, M, N, S, W dan dibaca sama seperti dalam bahasa Indonesia. Sedangkan untuk konsonan lainnya, cara bacanya bisa sangat berbeda. Berikut konsonan yang dibaca dengan cara berbeda.

Konsonan

Cara Baca

Golongan

b

Dibaca bwo

Bilabial

p

Dibaca ph

Bilabial

d

Dibaca seperti huruf t

Alveolar

t

Dibaca th

Alveolar

g

Dibaca k

Velar

k

Dibaca kh

Velar

j

Dibaca c

Palatal

q

Dibaca ch

Palatal

x

Dibaca s

Palatal

z

Dibaca c

Fricative

c

Dibaca ch

Fricative

r

Dibaca seperti r

Retroflex

zh

Dibaca seperti c

Retroflex

ch

Dibaca chu

Retroflex

sh

Dibaca shu

Retroflex

Selain itu, beberapa konsonan juga memiliki aturan khusus. Berikut contohnya:

  • Konsonan “w” yang diikuti “u” dibaca seperti “u”
  • Konsonan “y” yang diikuti “i” dilafalkan seperti “i”
  • Konsonan “s, sh, c, ch, z dan zh” yang diikuti “i” huruf “i” dibaca seperti “e”

Penutup

Setelah mengetahui dasar-dasar dalam belajar bahasa Mandarin, keinginan Sobat Cakap pasti untuk belajar bahasa Mandarin lebih dalam lagi pasti semakin tumbuh. Agar bisa menguasai bahasa Mandarin secara maksimal, Sobat Cakap perlu belajar secara terus-menerus dan rutin. 

Belajar bahasa Mandarin juga tidak bisa dilakukan dengan hanya sekedar membaca saja. Sobat Cakap juga perlu praktik dan membutuhkan bantuan dari orang yang tepat. 

Agar belajar bahasa Mandarin jadi lebih mudah, sobat cakap bisa mengikuti kelas bahasa Mandarin dari Cakap bersama mentor tersertifikasi. Yuk cari tahu produk Cakap selengkapnya.

Hilda
Lulusan Sastra Jepang dengan 4 tahun pengalaman menulis kreatif, terutama di bidang edukasi. Senang mencari tahu dan menjelaskannya kembali lewat tulisan.