Dashi, Kaldu Khas Jepang yang Sering Digunakan dalam Makanan

dashi-adalah

Katanya, masakan khas Jepang kurang lengkap tanpa campuran dashi di dalamnya. Apa iya? Kalau benar begitu, berarti dashi mengambil bagian penting dalam membentuk cita rasa makanan yang lezat dan enak  dong? Lalu, sebenarnya dashi itu apa sih? Dashi adalah kaldu khas Jepang yang selalu digunakan dalam membuat makanan sehari-hari di Jepang.

Agar lebih mengenal apa itu dashi, yuk kenalan lewat artikel ini! Lengkapi juga pemahamanmu seputar dashi jenis-jenis dan cara membuatnya.

Table of Contents

Mengenal Dashi, Cita Rasa Khas Jepang

Dashi atau dalam tulisan hiragana disebut (だし, 出汁 ) dikenal juga dengan nama Dashijiru (出し汁). Dashi adalah kaldu sup Jepang yang menjadi kunci makanan tradisional Jepang. Dashi sangat penting dan sangat diperlukan karena memberikan cita rasa umami dalam masakan. Makanan yang disiram kaldu dashi akan menghasilkan cita rasa yang kaya, gurih, dan unik.

Dashi sendiri sudah dikenal sejak lama, yaitu dari periode Jomon (13.000 – 300 SM). Pada awal perkembangannya, dashi merupakan kaldu yang terbuat dari kerang dan tulang ikan.

Cara Membuat Dashi

Berbeda dari kaldu jenis lain, dashi dibuat dengan menggunakan bahan-bahan yang terbilang sederhana. Kunci utama dalam membuat dashi adalah lamanya waktu yang digunakan untuk merbus bahan. Hal ini bertujuan untuk mengekstraksi bahan yang dipanaskan 

Dashi dibuat dengan cara merebus berbagai campuran daging, sayuran, bumbu, dan rempah-rempah.  Atau kamu bisa juga membuat dashi dengan kombinasi kelp kering dan serpihan bonito kering.

Umami, Kunci Rasa Utama Dashi

Orang Jepang menyebut umami sebagai rasa kelima, bergabung dengan manis, pahit, asam, dan manis. Umami menjadi kunci dan rasa dasar dari dashi. Sebenarnya apa sih umami itu?

Sejarah penyebutan kata umami sendiri datang pada tahun 1908. Pada saat itu ada seorang profesor bernama Kikunae Ikeda yang menemukan kombinasi dari empat rasa dasar. Beliau mengidentifikasi rasa tersebut sebagai glutamat, yang kemudian dijuluki sebagai umami. Dan, bahan-bahan yang digunakan untuk membuat dashi sendiri ternyata sangat kaya akan zat yang merupakan sumber umami.

Sudah Tahu Level Bahasa Jepangmu? Ikuti Placement Test Cakap untuk Mengetahuinya!

Jenis-Jenis Dashi

Dashi tidak hanya memiliki varian yang terbuat dari ikan, ada juga varian dashi yang khusus dibuat untuk para vegan atau vegetarian. Ada 5 varian atau jenis Dashi yang cukup terkenal. Berikut penjelasannya:

Awase Dashi (合わせだし)

Dashi jenis ini dibuat dengan campuran kombu dan katsuoubushi. Kaldu dashi berbasis makanan laut ini merupakan yang paling terkenal dan paling umum. Kamu bisa menggunakan awase dashi dalam hidangan miso soup, oyakodon, oden, tamagoyaki, dll.

Kombu Dashi (昆布だし)

Kombu dashi berbahan dasar rumput laut. Untuk membuatnya kamu hanya perlu merendam rumput laut kering ke dalam air dingin yang kemudian direbus sampai mendidih. Ini merupakan jenis dashi vegetarian yang sangat mudah untuk dibuat. Kaldu dashi ini cocok digunakan saat kamu akan menyantap makanan yudofu, calm soup, dll.

Katsuo Dashi (かつおだし)

Katsuo dashi atau juga dikenal dengan katsuobushi ini dibuat dengan katsuo atau bonito cakalang kering yang kemudian difermentasi dan diiris tipis-tipis. Rasa dashi yang dihasilkan dari ikan katsuo ini sangat kuat dan penuh aromatik. Kaldu dashi ini cocok digunakan saat kamu menyantap noodle soup, chawanmushi, dll.

Shiitake Dashi (干し椎茸の戻し汁・椎茸だし)

Varian dashi jenis ini terbuat dari jamur shiitake kering yang direhidrasi. Untuk meningkatkan cita rasa dari deshi jenis ini, kamu bisa mencampurkannya dengan kombu dashi atau katsuo dashi.

Iriko Dashi (いりこだし・煮干しだし)

Yang terakhir ada iriko dashi. Dashi jenis ini terbuat dari ikan teri Jepang atau sarden kering yang direndam dalam air kemudian direbus. Ini adalah kaldu yang sempurna untuk campuran hidang dengan mie, seperti mie soba dan sup miso.

Hem, jadi penasaran ya dengan rasa dashi? Kalau kamu sangat ingin mengetahui cita rasa kaldu khas Jepang ini, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Atau jika kamu tidak ingin repot dan susah payah, kamu bisa datang ke restoran Jepang dan mencicipinya langsung.

Tidak hanya kaya akan makanan dan cita rasanya, Jepang juga terkenal dengan bahasa dan budayanya. Buat kamu yang tertarik mengunjungi Negeri Sakura tersebut, kamu harus mulai belajar tentang bahasanya! Cakap menyediakan kursus bahasa Jepang online bersama sensei-sensei terakreditasi dan profesional. Jadi, bisa banget nih belajar bahasa Jepang di Cakap dulu sebelum pergi atau kuliah ke Jepang.

Referensi:
-umamiinfo.com
-thespuceeats.com
-justonecookbook.com
-matcha-jp.com

Baca Lagi:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Jepang Untuk Bisa Berkarir di Perusahaan Global

Keuntungan berbahasa Jepang:

      #SiapaCakapDiaDapat