7 Makanan Khas Jepang Terpopuler yang Wajib Dicoba!

makanan khas jepang

Negeri matahari terbit, Jepang, dikenal secara luas di seluruh dunia atas budaya populernya seperti anime dan manga. Meski demikian, popularitas hal-hal tradisional dan klasik mengenai Jepang pun tidak berkurang dari masa ke masa. Nah, kali ini akan dibahas mengenai salah satu bagian budaya Jepang yaitu makanan khas yang digemari di mana-mana. Baca selengkapnya ya!

Makanan Khas Jepang yang Mendunia

Hidangan Jepang atau yang disebut dengan washoku atau nihonshou identik dengan penggunaan nasi serta makanan dengan kuah miso yang khas. Selain itu, seafood juga merupakan bahan makanan umum yang dijumpai dalam makanan khas Jepang. Yuk, intip tujuh hidangan Jepang terpopuler berikut!

1. Sushi 

Sushi adalah hal pertama yang terlintas di benak sebagian besar orang ketika membahas makanan khas negeri sakura. Makanan ini terbuat dari nasi yang dilengkapi makanan laut, telur, dan sayuran. Biasanya sushi disantap bersama kecap asin atau wasabi. Kamu juga menemukan gari atau irisan jahe merah muda yang fungsinya sebagai penetralisir rasa.

2. Sashimi

Hidangan khas Jepang yang terdiri hewan laut yang disajikan mentah untuk disantap dengan kecap asin atau wasabi disebut sashimi. Jenis hewan laut yang disajikan sangat beragam dan biasanya diolah secara khusus oleh chef yang berlisensi. Makanan ini juga mendunia sebagai makanan khas Jepang yang wajib dicoba jika kamu berkunjung ke negara tersebut.  

3. Shabu-shabu

Irisan daging tipis, jamur, tahu dan sayuran direbus bersama kaldu dan disajikan dalam panci khusus adalah shabu-shabu, makanan tradisional Jepang yang terkenal. Makanan ini biasa disajikan bersama saus gomadare yang mengandung wijen. Di Indonesia sendiri kamu dapat menemukan banyak restoran yang khusus menyajikan hidangan populer ini. 

4. Ramen

Makanan Jepang ramen adalah sajian mie dengan kuah kaldu dan berbagai topping termasuk narutomaki yang merupakan olahan ikan. Masyarakat Indonesia sendiri sering menyamakan ramen dengan makanan lokal mie ayam, karena sama-sama hidangan mie dengan kuah kaldu. Hanya saja, kaldu dan topping yang digunakan pada ramen tidak sebatas ayam saja. 

5. Udon

Jika mie yang digunakan pada ramen adalah mie berukuran kecil, udon menggunakan mie berukuran besar dan lebih kenyal. Hidangan ini biasa disajikan bersama kuah sup selagi hangat. Ada dua jenis kuah sup yang umum disajikan yaitu kuah yang kental dan asin, serta kuah yang tidak begitu asin dan lebih bening. 

6. Onigiri

Onigiri merupakan olahan nasi yang dipadatkan bersama isian lauk selagi masih hangat umumnya berbentuk segitiga. Nasi pada onigiri sendiri biasanya sudah dicampur sedikit garam, merica, wijen dan dibalut dengan nori atau rumput laut kering. Makanan ini tersedia di berbagai swalayan di Jepang sebagai makanan siap saji di pagi hari. 

7. Takoyaki

Makanan khas Jepang selanjutnya adalah takoyaki yaitu camilan berbentuk bola yang terbuat dari tepung terigu khusus berisi potongan gurita. Makanan ini sangat populer sebagai streetfood yang dapat dijumpai di berbagai daerah di Jepang. Di Indonesia sendiri kamu dapat menemukan takoyaki dengan mudah dengan isian yang bervariasi. 

Itulah tujuh makanan Jepang yang sudah mendunia dan bahkan sangat digemari di Indonesia. Jika kamu ingin berkunjung ke negeri sakura kelak, pastikan kamu mencoba versi asli makanan tersebut di negara asalnya ya! 

Eits, tunggu dulu! Kamu juga mungkin juga butuh persiapan bahasa Jepang sebelum berkunjung ke sana. Nah, kamu bisa banget ambil kursus bahasa Jepang online di Cakap, lho! Download aplikasinya sekarang, yuk!

Baca juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks