50+ Kosakata Daily Activity dan Contoh Teks Singkat

daily actvity
Image by Freepik

Setiap harinya Sobat Cakap pasti melakukan berbagai aktivitas dari mulai bangun tidur hingga tidur lagi. Dalam bahasa Inggris, aktivitas sehari-hari ini disebut sebagai daily activity atau juga bisa disebut sebagai daily routine (rutinitas sehari-hari). 

Nah, bagi Sobat Cakap yang saat ini ingin berlatih writing maupun speaking, kamu bisa mulai dengan membahas aktivitas sehari-harimu, lho. Dalam artikel ini kita akan belajar kosakata daily activity, contoh kalimat, hingga contoh teks beserta terjemahannya. Yuk, baca selanjutnya!

Table of Contents

55 Kumpulan Kosakata Daily Activity

No.

Bahasa InggrisBahasa Indonesia
1Wake up

Bangun tidur

2

StretchMerenggangkan tubuh
3Brush teeth

Menyikat gigi

4

Take a showerMandi
5Get dressed

Berpakaian

6

Eat breakfastSarapan
7Pack lunch

Menyiapkan bekal makan siang

8

Commute to work/schoolBerangkat kerja/sekolah
9Work

Bekerja/belajar

10

StudyBelajar
11Have lunch

Makan siang

12

Take a breakIstirahat
13Attend meetings

Menghadiri rapat

14

Run errandsMengurus tugas
15Go to the gym

Berolahraga di gym

16

Commute homeBerpergian pulang
17Make dinner

Memasak makan malam

18

Have dinnerMakan malam
19Watch TV

Menonton TV

20

Read a bookMembaca buku

Sudah Tahu Level Bahasa Inggrismu? Ikuti Placement Test Cakap untuk Mengetahuinya!

21 Do homework

Mengerjakan PR

22

Spend time with family/friends Menghabiskan waktu dengan keluarga/teman
23 Take a bath

Berendam/mandi

24

Get ready for bed Bersiap-siap untuk tidur
25 Go to bed

Tidur

26

Sleep Tidur
27 Do laundry

Mencuci pakaian

28

Clean the house Membersihkan rumah
29 Go shopping

Belanja

30

Go to the doctor Berobat ke dokter
31 Go out with friends

Keluar bersama teman

32

Go on a trip Melakukan perjalanan
33 Take a vacation

Berlibur

34

Read the news Membaca berita
35 Write a journal

Menulis jurnal

36

Play games Bermain game
37 Watch a movie

Menonton film

38

Listen to music Mendengarkan musik
39 Chat with friends/family

Mengobrol dengan teman/keluarga

40

Learn a new language Belajar bahasa baru
41 Gardening

Berkebun

42

Cooking Memasak
43 Drawing/painting

Menggambar/melukis

44

Play a musical instrument Bermain alat musik
45 Meditate

Bermeditasi

46

Yoga Yoga
47 Exercise

Olahraga

48

Take a walk Berjalan-jalan
49 Go for a run

Berlari

50

Go swimming Berenang
51 Go cycling

Bersepeda

52

Play sports Bermain olahraga

53

Take a class

Mengikuti kelas

54 Do a hobby

Melakukan hobi

55

Visiting friend/family

Mengunjungi teman/keluarga

kumpulan daily activity
Image by jcomp on Freepik

Contoh Kalimat Daily Activity

Setidaknya ada 3 hal yang perlu kamu perhatikan ketika membuat teks daily activity, yaitu: 

  • Gunakan tenses yang sesuai, yaitu simple present tense
  • Tuliskan aktivitas-aktivitas dalam urutan kronologis, mulai dari bangun tidur hingga tidur lagi. 
  • Gunakan penanda waktu seperti “pagi”, “siang”, atau “malam” untuk memberikan konteks. Bisa juga dengan memasukan penanda seperti “setiap hari”, “setiap Selasa”, “Saat makan siang”, “Setelah pulang sekolah” dan sebagainya. 

Berikut adalah contoh kalimat tentang daily activity.

  1. Every morning I wake up at 5 a.m. and take a morning walk with my mother.
    (Setiap pagi saya bangun jam 5 dan berjalan-jalan pagi bersama ibu saya.) 
  2. After school, I go to the English course every Tuesday, Thursday, and Saturday at 3 p.m.
    (Pulang sekolah, saya pergi les bahasa Inggris setiap Selasa, Kamis, dan Sabtu jam 3 sore.)
  3. During break time, I often visit the school library to read and borrow some books.
    (Saat istirahat, saya sering mengunjungi perpustakaan sekolah untuk membaca dan meminjam buku-buku.)
  4. On the weekend I usually play with my younger brother and sister.
    (Setiap akhir pekan, saya biasanya bermain dengan adik-adik saya.)
  5. Every Saturday night my family goes out for weekly grocery shopping.
    (Setiap malam Minggu, keluarga saya keluar untuk belanja mingguan.)

Contoh Teks Daily Activity Singkat dan Terjemahannya

Sampai di sini sudah paham, ya? Jika sudah, kita lanjut ke bagian contoh teks daily activity bahasa Inggris dan terjemahannya untuk pelajar, pekerja, dan mahasiswa. Check it out!

1. Contoh Daily Activity Pelajar

I wake up at 6 in the morning and get ready for school. I take a shower and I have breakfast with my family. After that, I go to school and study from 8 a.m. until 2 p.m in the afternoon. During break, I hang out with my friends in the cafeteria or have my lunch. 

After school, every Tuesday I participate in English Club activity. In the evenings, I do my homework and study for upcoming tests. Before bed, I like to listen to music or watch videos on YouTube. I go to bed around 10 every night. 

On weekends, I spend time with family or playing with friends. Sometimes I visit my grandparents in Bogor, and other times my family goes to a recreational park. 

Terjemahan

Saya bangun jam 6 pagi dan bersiap-siap ke sekolah. Saya mandi dan sarapan bersama keluargaku. Setelah itu saya berangkat sekolah dan belajar dari jam 8 pagi sampai jam 2 siang. Saat istirahat, saya berkumpul dengan teman-teman di kantin atau makan siang.

Sepulang sekolah, setiap hari Selasa saya mengikuti kegiatan English Club. Di malam hari, saya mengerjakan pekerjaan rumah dan belajar untuk ujian yang akan datang. Sebelum tidur, saya suka mendengarkan musik atau menonton video di YouTube. Saya tidur sekitar jam 10 setiap malam.

Di akhir pekan, saya menghabiskan waktu bersama keluarga atau bermain bersama teman. Kadang saya mengunjungi kakek dan nenek saya di Bogor, dan di lain waktu keluarga saya pergi ke taman rekreasi.

daily activity
Image by Freepik

2. Contoh Daily Activity Pekerja

Every weekday morning, I wake up at 6 a.m. to make my breakfast and lunch. Around 7, I take a shower and prepare for work. I leave for work at 8 a.m., sometimes taking TransJakarta and other times using Grab or Gojek.

At work, I am responsible for a variety of tasks. I attend meetings, pitching ideas, and execute tasks for upcoming events. At lunchtime, I enjoy chatting with coworkers in the breakroom or taking a quiet minute outside to have my lunch. 

After work, I normally go straight home to cozy up on the couch with Netflix, watching my favorite shows or discovering new ones. Other times, I dive into the world of Mobile Legends, battling it out with friends online until we’re ready to call it a night.

On weekends, I prioritize rest and relaxation. This time also allows me to work on personal projects or hobbies, such as gardening or trying new recipes.

Terjemahan

Setiap pagi hari kerja, saya bangun jam 6 pagi untuk membuat sarapan dan makan siang. Sekitar jam 7, saya mandi dan bersiap untuk bekerja. Saya berangkat kerja jam 8 pagi, kadang naik TransJakarta, kadang pakai Grab atau Gojek.

Di tempat kerja, saya bertanggung jawab atas berbagai tugas. Saya menghadiri rapat, menyampaikan ide, dan melaksanakan tugas untuk acara mendatang. Saat makan siang, saya menikmati mengobrol dengan rekan kerja di ruang istirahat atau mengambil waktu tenang di luar untuk makan siang.

Sepulang kerja, saya biasanya langsung pulang ke rumah untuk bersantai di sofa sambil menonton Netflix, menonton tayangan favorit, atau mencari tayangan baru. Di lain waktu, saya terjun ke dunia Mobile Legends, bertarung dengan teman-teman secara online hingga kami siap untuk mengakhirinya.

Di akhir pekan, saya mengutamakan istirahat dan relaksasi. Waktu ini juga memungkinkan saya mengerjakan proyek atau hobi pribadi, seperti berkebun atau mencoba resep baru. 

Kursus Bahasa Inggris di Cakap, Bebas Atur Jadwal Belajar

3. Contoh Daily Activity Mahasiswa

My alarm wakes me up at 5 every morning for fajr prayer. Following this, I roll out my yoga mat and spend some time practicing yoga, allowing my body to stretch and my mind to relax before the day begins. 

After my yoga session, I head to the kitchen to prepare my breakfast, ensuring I fuel my body for the busy day ahead. Around 7 a.m. I pack my bag and go to the university campus, usually opting for a brisk walk to enjoy the morning breeze. 

Around midday, I take a break for lunch and zuhr prayer. I either bring a packed lunch from home or join my friends at the campus cafe to enjoy a quick bite and catch up on the latest happenings. I also take a break around 4 p.m. to do asr prayer. 

By early evening, I do maghrib prayer and then I make my way back home. After dinner and isha prayer, I dedicate some time to unwind and relax. Often, I indulge in reading a book, scrolling on my phone, or watching some show on Netflix. 

On the weekends, I usually spend my time doing laundry and cleaning my room. Sometimes, I hang out with friends outside, while other times I go grocery shopping or have “me time” go to the cinema. 

Terjemahan

Alarm membangunkan saya jam 5 setiap pagi untuk salat subuh. Setelah ini, saya menggelar matras yoga dan meluangkan waktu berlatih yoga, membiarkan tubuh saya melakukan peregangan dan pikiran saya rileks sebelum hari dimulai.

Setelah sesi yoga, saya pergi ke dapur untuk menyiapkan sarapan, memastikan saya mengisi bahan bakar tubuh saya untuk hari sibuk yang akan datang. Sekitar jam 7 pagi, saya mengemas tas dan berangkat ke kampus universitas, biasanya memilih jalan cepat menikmati angin pagi.

Sekitar tengah hari, saya istirahat untuk makan siang dan salat zuhur. Saya membawa bekal makan siang dari rumah atau bergabung dengan teman-teman saya di kafe kampus untuk menikmati makanan ringan dan mengetahui kejadian terkini. Saya juga istirahat sekitar jam 4 sore untuk melakukan salat ashar.

Menjelang malam, saya melaksanakan shalat maghrib dan kemudian saya kembali ke rumah. Setelah makan malam dan shalat Isya, saya meluangkan waktu untuk melepas penat dan bersantai. Seringkali, saya menikmati membaca buku, melihat-lihat ponsel, atau menonton tayangan di Netflix.

Di akhir pekan, saya biasanya menghabiskan waktu saya untuk mencuci dan membersihkan kamar. Kadang-kadang, saya berkumpul dengan teman-teman di luar, kadang-kadang saya pergi berbelanja atau mendapatkan “me time” untuk pergi ke bioskop. 

Nah, itu lah kumpulan kosakata beserta contoh teks daily activity singkat untuk pelajar, pekerja, dan mahasiswa. Semoga bermanfaat untuk kamu yang sedang mencari inspirasi untuk menulis teks daily activity, ya!

Bagi kamu yang ingin lebih jago bahasa Inggris, kamu bisa belajar secara online di Cakap, lho! Belajar bahasa Inggris di Cakap tersedia untuk kelas private dan semiprivate yang bisa kamu ambil bersama teman-temanmu. Bakalan seru deh! Yuk, daftar sekarang! #SiapaCakapDiaDapat

Baca juga: 

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Inggris Tanpa Buang Waktu Bertahun-tahun

Karyawan yang menguasai bahasa asing dapat potensi 10 – 20% gaji lebih besar.

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat