Cakap, Top Choice Learning Platform.   Download Cakap  
Cakap, Top Choice Learning Platform

Mengulik TOEFL iBT: Format, Pendaftaran, dan Skor

daftar toefl ibat
Mengulik TOEFL iBT: Format, Pendaftaran, dan Skor

TOEFL adalah ujian kompetensi bahasa Inggris yang banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan internasional. Selama ini, ada dua jenis ujian yang paling sering digunakan di Indonesia yaitu TOEFL PBT dan TOEFL iBT. Meski demikian, sejak bulan April 2021 TOEFL PBT tidak lagi ditawarkan dan diganti dengan TOEFL iBT. 

1. TOEFL iBT dan Format Ujian

daftar toefl ibt

TOEFL iBT adalah bentuk terbaru dari tes TOEFL yang berbasis internet, sesuai dengan nama iBT yang merupakan singkatan dari internet-Based Test. Ujian ini terdiri dari empat sesi yaitu Reading, Listening, Speaking, dan Writing di mana kamu akan merespon pertanyaan dalam bentuk audio atau tulisan dengan jawaban dalam bentuk lisan atau tulisan. 

Waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikannya seluruh bagian ujian ini adalah sekitar 3-3,5 jam dengan pembagian masing-masing sesi sebagai berikut: 

Sesi Durasi Tugas
Reading 54–72 menit 30–40 pertanyaan
Listening 41–57 menit 28–39 pertanyaan
Istirahat 10 menit
Speaking 17 menit 4 tugas
Writing 50 menit 2 tugas

Mau Belajar Bahasa Inggris GRATIS di Cakap?

2. Pendaftaran dan Persiapan Ujian

toefl ibt

Pendaftaran TOEFL iBT dilakukan langsung di website resmi www.ets.org sebagai penyedia resmi TOEFL iBT. Sebelum mendaftar harus memperhatikan jenis ujian yang akan kamu pilih yaitu: 

– Ujian di lokasi test centers tertentu

– Ujian di rumah

– Ujian Paper Edition (hanya berlaku di negara tertentu, Indonesia tidak termasuk)

Dalam pendaftaran kamu akan diminta untuk membuat akun, mengisi data diri, serta memilih lokasi ujian yang disediakan. Kamu akan dikenakan biaya sebesar $205 atau sekitar Rp2.950.000 untuk setiap ujiannya.

Tingkatkan Peluang Kuliah di Eropa dengan Kursus Bahasa Inggris di Cakap

3. Skor dan Penilaian

toefl ibt test

Sistem penilaian atau skor dalam TOEFL iBT menggunakan angka yang lebih kecil yaitu dengan maksimal 120 secara total. Sementara untuk masing-masing keterampilan memiliki nilai tersendiri seperti yang ada di tabel berikut. 

Skill Tingkat Kemampuan
Reading Advanced (24–30)
High-Intermediate (18–23)
Low-Intermediate (4–17)
Below Low-Intermediate (0–3)
Listening Advanced (22–30)
High-Intermediate (17–21)
Low-Intermediate (9–16)
Below Low-Intermediate (0–8)
Speaking Advanced (25–30)
High-Intermediate (20–24)
Low-Intermediate (16–19)
Basic (10–15)
Below Basic (0–9)
Writing Advanced (24–30)
High-Intermediate (17–23)
Low-Intermediate (13–16)
Basic (7–12)
Below Basic (0–6)

Peserta ujian TOEFL dapat mengakses nilai ujiannya secara online melalui akun di ets.org serta mengunduhnya dalam format PDF. Sementara untuk hasil resminya akan langsung dikirimkan ke institusi yang membutuhkan.  

Demikianlah informasi mengenai tes TOEFL iBT yang bersifat online yang diadakan sekitar 60 kali setahun di pusat ujian atau test centers. Sebelum mengambil ujian TOEFL iBT, kamu bisa mengikuti kursus persiapan TOEFL dari Cakap, lho! Dengan mengikuti kelas persiapan, peluangmu untuk mendapatkan skor yang diharapkan akan semakin besar. Daftar sekarang, yuk!

Baca juga : 

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.