15 Contoh Kalimat Pembuka dalam Surat Lamaran Pekerjaan

contoh-kalimat-pembuka-surat-lamaran-pekerjaan

Tidak hanya CV, saat melamar pekerjaan, kamu juga membutuhkan cover letter atau surat lamaran kerja sebagai pengantar. Bagaimana cara terbaik untuk menulis surat lamaran kerja? Kalimat pembuka dalam surat lamaran kerja menjadi poin penting yang harus disoroti. Pasalnya, rekrutmen sering kali hanya menghabiskan sedikit waktu untuk memindai surat lamaranmu. Jika paragraf pertama cover letter-mu sudah menarik perhatian mereka, maka mereka mungkin tidak akan membaca paragraf kedua dan seterusnya.

Di artikel ini, kami akan mengajakmu untuk mengetahui tips-tips membuat kalimat pembuka dalam surat lamaran kerja yang tepat beserta contoh paragrafnya. So, stay tuned, ya!

Table of Contents

Tips Membuat Kalimat Pembuka Surat Lamaran Pekerjaan

tips-membuat-kalimat-pembuka-surat-lamaran-pekerjaan

“Be direct” menjadi salah satu tips penting dalam memulai kalimat pembuka surat lamaran pekerjaan. Namun, selain bersikap langsung dan eksplisit, Cakap punya tips lain nih. Yuk, catat!

(1) Tunjukan Antusiasme terhadap Perusahaan

Ekspresikan antusiasme kamu lewat kata-kata dalam kalimat pembuka surat lamaran kerja. Tunjukan bahwa kamu benar-benar tertarik dengan perusahaan atau bahkan pernah menggunakan produk dari perusahaan tersebut. Hal ini akan sangat membantu terutama dalam hal memberikan kesan bahwa kamu memiliki motivasi yang tinggi untuk bergabung dengan perusahaan tersebut.

(2) Mention Mutual Contact

Kamu punya kenalan yang merekomendasikan kamu untuk melamar pekerjaan di suatu perusahaan tertentu? Jika iya, pastikan kamu me-mention namanya dalam kalimat pembuka lamaran kerja. Menyebutkan referrals menjadi aspek kunci untuk mendapatkan tiket wawancara dengan mudah.

Hal ini dikarenakan rekrutmen atau manajer pasti akan lebih tertarik pada surat lamaranmu. Mereka ingin mencari tahu lebih jauh mengapa orang yang mereka kenal merekomendasikan kamu.

(3) Mulailah dengan Powerful Believe

Mulailah dengan kalimat yang menunjukkan keyakinan dan kepercayaan penuh. Kalimat-kalimat singkat seperti “saya percaya bahwa..” secara tidak langsung dapat mewakili etos kerja dan nilai-nilai profesional yang kamu miliki. Sebuah kalimat sederhana yang cukup memikat minat rekrutmen untuk terus membaca cover letter-mu.

(4) Gunakan Kata Kunci

Tips terakhir yang nggak boleh dilupain adalah keywords atau kata kunci. Yang dimaksud dengan kata kunci di sini adalah menyebut keahlian yang kamu miliki yang sesuai dengan pekerjaan yang kamu lamar. Tulislah keahlian, pengalaman, achievement, hingga creative story yang mungkin kamu punya.

Contoh Kalimat Pembuka dalam Surat Lamaran Pekerjaan

contoh-kalimat-pembuka-surat-lamaran-pekerjaan-bahasa-indonesia

Untuk lebih jelasnya, berikut ini 15 contoh kalimat pembuka dalam surat lamaran pekerjaan yang tepat, yang mungkin bisa menjadi referensi terbaik untukmu.

(1) Contoh Kalimat Pembuka Surat Lamaran Kerja UX Writer

Semoga Bapak/Ibu selalu dalam keadaan baik,

Melalui surat ini, saya ingin secara resmi melamar posisi UX Writer di perusahaan Creative Media. Selama 5 tahun terakhir, saya telah bekerja dengan 4 perusahaan dalam membuat tulisan-tulisan terbaik untuk produk-produk perusahaan dan saya telah berhasil meningkatkan penjualan di Ads melalui copy-copy yang saya buat.

(2) Contoh Kalimat Pembuka Surat Lamaran Kerja Public Relation

Saya menulis surat lamaran ini untuk menyatakan ketertarikan saya yang kuat pada posisi pekerjaan Public Relations. Dengan latar belakang saya di bidang komunikasi dan hubungan masyarakat, saya yakin bahwa saya bisa menjadi aset berharga bagi tim perusahaan Bapak/Ibu.

(3) Contoh Kalimat Pembuka Surat Lamaran Kerja Graphic Design

Berdasarkan informasi mengenai peluang kerja untuk posisi Graphic Design yang saya terima dari mantan kolega saya, Anggar Pramono, saya bermaksud untuk mengajukan lamaran saya pada posisi tersebut.

(4) Contoh Kalimat Pembuka Surat Lamaran Kerja Guru

Sebagai seorang guru yang telah mengajar selama 7 tahun, saya percaya bahwa setiap siswa berhak atas pendidikan dan memiliki kesempatan yang sama untuk belajar hingga bangku kuliah. Melalui surat ini, saya bermaksud untuk melamar pekerjaan sebagai Guru Matematika di SMA Citra Emerald. Saya ingin berpartisipasi dalam aktivitas langsung untuk mendorong dan mengarahkan anak-anak dalam memahami ilmu pengetahuan.

(5) Contoh Kalimat Pembuka Surat Lamaran Kerja Account Executive

Bulan lalu, ketika saya melihat artikel perusahaan X ditampilkan di Majalah Fortune, saya sangat tertarik dengan inovasi terbaru perusahaan X yang bertujuan untuk membantu mengurangi limbah di tempat kerja. Dengan rekam jejak saya sebagai Account Executive, saya sangat antusias untuk memperluas pertumbuhan perusahaan dan berupaya menuju masa depan yang lebih ramah lingkungan.

(6) Contoh Kalimat Pembuka Surat Lamaran Kerja Finance

Saya menulis surat ini untuk menyatakan minat saya bergabung dengan perusahaan Akuntansi Republik sebagai Finance. Dengan pengalaman kerja yang saya miliki selama 4 tahun, saya dapat membantu perusahaan mengoptimalkan arus kas secara konsisten, mengurangi biaya, mendorong efisiensi, dan menyelesaikan masalah akuntansi.

(7) contoh Kalimat Pembuka Surat Lamaran Kerja Data Scientist

Dalam profesi saya saat ini sebagai Spv. Data Scientist, saya telah berhasil memimpin tim untuk mengembangkan machine learning model dan telah berhasil meningkatkan operasi bisnis sebesar 20%. Keahlian saya dalam Python, R, dan SQL sangat berperan dalam mendorong peningkatan ini. Dengan pengalaman dan achievement yang saya miliki, saya bermaksud untuk melamar sebagai Manajer Data Scientist di perusahaan Digidata.

(8) Contoh Kalimat Pembuka Surat Lamaran Kerja Event Coordinator

Saya harap email ini sampai pada Anda dengan baik. Saya menulis untuk menyatakan minat tulus saya pada posisi terbuka Koordinator Acara di Perusahaan Naminami. Saya telah di-approached melalui LinkedIn oleh Mr. Bobby Tan, Talent Acquisition dari organisasi Anda yang terhormat, yang memberi tahu saya tentang peluang tersebut dan mendorong saya untuk melamar.

(9) Contoh Kalimat Pembuka Surat Lamaran Kerja Content Writer

Penulisan konten baik dalam artikel maupun publikasi dalam bentuk tulisan lainnya menjadi sangat penting untuk mengekspresikan positioning dan nilai perusahaan serta produknya. Sepanjang karier saya sebagai Content Writer selama 7 tahun, saya telah menulis beragam topik di berbagai sektor industri. Latar belakang saya di bidang Ilmu Bahasa dan Sastra memberi saya keterampilan penelitian, penulisan, wawancara, dan storytelling yang kuat.

(10) Contoh Kalimat Pembuka Surat lamaran Pekerjaan Video Editor

Saya merasa sangat bersemangat dan antusias ketika melihat lowongan pekerjaan ini. Terlebih sudah lama saya mengagumi video-video karya perusahaan XYZ yang editannya sangat mulus dengan efek yang sangat natural. Sebagai Video Editor berpengalaman dan memiliki keterampilan dalam pengeditan hingga pasca produksi, saya yakin kehadiran saya akan menjadi aset bagi tim dalam menghasilkan konten berkualitas tinggi.

Tangkap Peluang dan Kesempatan Karier Bersama Cakap

Contoh Kalimat Pembuka Surat Lamaran Pekerjaan dalam Bahasa Inggris

contoh-kalimat-pembuka-surat-lamaran-pekerjaan-bahasa-inggris

Contoh 1

I am writing to apply for the Digital Marketing Staff position at PT Cerdas Digital Nusantara, as advertised on LinkedIn. I just graduated from Universitas Indonesia with a degree in Business Management. I also have working experience as a digital marketing intern at PT ABC. With my educational background and work experience, I believe I am a good fit for this position.

Contoh 2

My name is Bianca Atmaja. I am writing this letter to express my interest in applying for the Business Development position at Archive Company. Throughout my career journey in Business Development, I have been dedicated to developing 50% of business development directives originating from online media platforms. I am confident that my skills and abilities can assist Archive Company in exceeding its business targets.

Contoh 3

I hope this email finds you well. I am writing to express my sincere interest in the full-time Human Resource Development position at Lifelong. I recently learned about the opening from my former colleague, Ms. Cantika Wira, who is currently a HRD Manager at Lifelong. She highly recommended the institution as an excellent place to work and improve human resources in the company.

Contoh 4

In my previous role as a Customer Service representative, I have successfully enhanced user experience, responded to customer inquiries and complaints effectively, resolved issues, and maintained a high level of customer satisfaction. I am confident that my presence on your team would also be highly beneficial for the company.

Contoh 5

I am eager to express my strong interest in the Personal Assistant position at Artsc company. As an organized, adaptable, efficient, detail-oriented individual with a strong administrative background, I am confident that I can support and assist the company executives effectively.

Contoh Surat Lamaran Kerja (Full Version)

Menulis surat lamaran pekerjaan tak cukup jika hanya mengandalkan kalimat pembuka saja. Kamu perlu menulis surat lamaran kerja seutuhnya, mulai dari salam, kalimat pembuka, isi, hingga salam penutupnya. Buat kamu yang ingin mempelajari cara membuat surat lamaran kerja full version, dos/don’ts-nya, dan contoh-contohnya, yuk baca selengkapnya dalam artikel:

Demikianlah 15 contoh kalimat pembuka surat lamaran pekerjaan berbagai profesi dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Nah, kalau sudah tahu cara bikin surat lamaran kerja, kini saatnya untuk cari peluang pekerjaannya! Yuk, cek dan kepoin lowongan-lowongan pekerjaan yang tersedia di Cakap Career! Ada banyak pilihan pekerjaan yang tersedia lho! Ini saat yang tepat wujudkan karier impian karena #SiapaCakapDiadapat!

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.