Mengenal Irfan, Student Cakap yang Berhasil Melanjutkan Studi ke Negeri Sakura!

cerita-irfan-student-bahasa-jepang-cakap

Berawal dari kecintaanya terhadap budaya Jepang serta keinginan mewujudkan mimpi-mimpinya untuk bekerja dan belajar/kuliah di Jepang, Irfan Nurhadi Satria memutuskan untuk mempelajari bahasa Jepang lebih dalam dan lebih jauh lagi.

Cakap menjadi teman yang membersamai langkah Irfan semakin cakap belajar dan berbahasa Jepang. Perjalanan panjang dan konsisten Irfan dalam mempelajari bahasa Jepang dimulai sejak pertengahan tahun 2020 lalu, dalam perjalanan tersebut banyak cerita dan rangkain kejadian menarik yang mewujudkan mimpinya.

Bahasa Jepang sendiri merupakan bahasa asing kedua yang dipelajari Irfan. Bahasa asing pertama yang ia pelajari adalah bahasa internasional (bahasa Inggris) dan bahasa asing kedua adalah bahasa yang sedang ia tekuni pembelajarannya sekarang, yaitu bahasa Jepang.

Belajar di Cakap sangat Fleksibel

Pandemi membuat semua orang harus beradaptasi dengan keadaan, tak terkecuali Irfan. Ia terus mencari tempat kursus yang bisa berjalan secara efektif di masa pandemi, setelah membaca dan mencari info seputar Cakap dan pembelajaran bahasa Jepangnya yang sudah bekerja sama dengan Aki No Sora, pencarian Irfan pun berlabuh pada Cakap. 

Sebagai pelajar yang juga bekerja di siang hari, Irfan merasa sangat terbantu oleh jadwal pembelajaran Cakap yang menurutnya sangat fleksibel, bisa dipilih langsung oleh murid yang mana bisa menyesuaikan waktu luangnya/sesuai kesibukan masing-masing. 

Irfan memilih waktu belajar pada malam hari selama 50 menit/hari. Ia pun memaparkan bagaimana Cakap telah menjelma menjadi energi kedua baginya. “Energi sudah terkuras setelah bekerja, tapi karena topik di Cakap sangat menarik dan nggak bikin bosan, saya merasa ada energi kedua yang saya dapatkan saat belajar bahasa Jepang di Cakap.”

Fleksibilitas pembelajaran di Cakap juga membuat Irfan merekomendasikan Cakap kepada teman dan rekan-rekannya. “Saya merekomendasikan orang-orang untuk belajar di Cakap karena cakap itu fleksibel baik secara waktu maupun secara pengajarannya. Jika siswa memiliki keperluan khusus, seperti ujian, atau presentasi dalam bahasa asing, sensei Cakap dengan senang hati akan membantu muridnya. Selain itu, kurikulum di Cakap juga sangat bermutu dan terencana, sehingga dapat meningkatkan kualitas berbahasa para muridnya.

Cara Belajar Unik yang Efektif

“Semua sensei di Cakap mengajar secara profesional, saya benar-benar sangat suka belajar dengan mereka semua.” Begitulah sebuah kalimat yang Irfan ucapkan ketika memaparkan mengenai kesan yang ia dapatkan dari sensei Cakap.

Hal lain yang menurutnya sangat membantu saat belajar bahasa Jepang adalah tips-tips yang diberikan oleh para sensei. Salah satu tips yang menurut irfan sangat efektif adalah “menulis buku diary dengan bahasa Jepang”. Setiap tiga hari atau satu minggu sekali, Irfan menyempatkan diri untuk menulis satu halaman dalam buku diarynya. Tips menulis buku diary ternyata membawa hasil yang sangat baik, berkatnya semua kosakata bahasa Jepang dan tata bahasa yang sudah ia pelajari benar-benar terpakai.

“Pada akhirnya, bantuan dan arahan dari para sensei di Cakap bisa membuat level bahasa Jepang saya meningkat.”

Belajar di Negeri Sakura Bukan Sekedar Mimpi Lagi

Berkat kegigihan, kerja keras, dan kekonsistenannya dalam belajar bahasa Jepang di Cakap, salah satu mimpi Irfan belajar di Jepang telah menjadi sebuah kenyataan. Dia berhasil diterima dan mengukuhkan dirinya sebagai mahasiswa S2 di salah satu universitas yang ada di Jepang. Selamat menempuh studi di Negeri Sakura, Irfan!

Setiap mimpi dapat diwujudkan dengan usaha dan doa yang tiada putus-putusnya. Cakap mengucapkan selamat atas keberhasilan Irfan mewujudkan mimpinya. Sukses selalu, Irfan! 

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks