Cara Mengatur Uang Gaji 2 Juta agar Bisa Menabung dan Efektif

Bagaimana sih cara mengatur uang gaji 2 juta dalam sebulan? Kalau kamu berpikir hidup dengan uang 2 juta sebulan itu mustahil, maka kamu salah! Mengatur uang gaji 2 juta memang susah-susah gampang, tapi bukan berarti nggak mungkin, lho.

Khususnya bagi kamu yang sudah berumah tangga, tentu penting untuk mengatur keuangan demi mencukupi kebutuhan sehari-hari. Meski bukan jumlah fantastis, jika kamu pandai mengelolanya, uang 2 juta bukan nominal yang sedikit. 

Salah satu cara emngelolanya adalah dengan menyisihkannya untuk investasi. Kamu juga perlu menentukan prioritas, ya. Asal kamu ada niat untuk berhemat dan menabung, bukan hal tidak mungkin bisa mendapatkan apa yang kamu inginkan meski dengan gaji 2 juta. Tanpa berlama-lama lagi, yuk intip tipsnya di bawah ini!

Cara Mengatur Uang Gaji 2 Juta

Kamu perlu mengetahui cara mengatur uang gaji 2 juta agar tidak terbuang sia sia dan gaji tidak cepat habis. Meskipun gaji kamu tidak besar, kamu tetap dapat mengoptimalkan penghasilanmu sehingga cukup untuk membiayai semua kebutuhan sehari-hari.

Bahkan, kamu juga bisa mengalokasikan gajimu ke dalam tabungan dan investasi untuk memenuhi semua kebutuhan pokok. Berikut beberapa tips yang dapat kamu lakukan agar dapat mengelola gaji kecil secara optimal.

1. Menentukan Prioritas Pengeluaran

Setelah menerima gaji, kamu perlu menentukan prioritas kebutuhanmu terlebih dahulu agar tetap terpenuhi. Pertama, prioritaskan kebutuhan sehari hari, setelah itu, baru bisa menempatkan pada pengeluaran sekunder lainnya.

Hal ini penting diperhatikan dalam cara mengatur uang gaji 2 juta. Kalau kamu membeli barang yang tidak penting setelah gajian, maka kamu akan kesulitan untuk mengelola sisa gaji untuk kebutuhan penting lainnya.

2. Tentukan Alokasi Gaji 2 Juta dengan Tepat

Untuk alternatifnya, kamu bisa menggunakan metode 50/30/20, yaitu alokasi untuk kebutuhan pokok sebesar 50%, keinginan 30%, dan untuk tabungan dan investasi sebanyak 20%. Namun sesuaikan juga kebutuhan dengan kemampuanmu.

Dalam menerapkan cara mengatur uang gaji 2 juta yang satu ini, kamu harus memahami kebutuhanmu dengan baik. Jika kebutuhanmu dalam sebulan banyak, kamu bisa mengalokasikan sebanyak 80% gaji untuk kebutuhan pokok, dan 20% sisanya untuk tabungan dan investasi.

3. Mencatat Pos-Pos Pengeluaran Gaji 2 Juta

Cara mengatur uang gaji 2 juta berikutnya adalah dengan mencatat pengeluaranmu berupa laporan pemasukkan dan pengeluaran dalam satu bulan. Buatlah laporan dengan rapi agar kamu lebih mudah dalam mengecek dan menyusun rencana pengeluaran untuk kebutuhan tertentu.

Laporan ini dapat memudahkanmu untuk mengatur keuangan, dan dapat memastikan bahwa daftar pengeluaran itu sudah mencakup kebutuhan pokok sehingga dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari. Lakukan pencatatan dengan rutin dan lakukan evaluasi pengeluaran bulanan agar dapat memastikan bahwa pengalokasian gaji sudah efektif dan optimal.

4. Membayar Tagihan Tepat Waktu

Pembayaran tagihan yang terlambat akan membuatmu kesulitan untuk mengatur keuangan karena kamu harus membayar denda tertentu, Jadi pastikan kamu lansung membayar tagihan dan keperluan pokokmu terlebih dahulu setelah menerima gaji.

Contohnya, pembayaran untuk tagihan listrik, internet, asuransi, dan tagihan lainnya usahakan bayar bertepatan dengan saat kamu menerima gaji.

5. Membiasakan Memasak

Cobalah membiasakan memasak sendiri di rumah. Dengan memasak sendiri dirumah tentu akan upayamu dalam mengatur keuangan dengan gaji 2 juta akan lebih efektif, karena kamu menjadi menghemat pengeluaranmu.

Selain karena lebih murah, memasak makanan sendiri juga akan jauh lebih sehat dibanding membeli makan di luar. Cara mengatur uang gaji 2 juta akan lebih terkontrol karena dengan memasak sendiri kamu akan berbelanja bahan bahan masakan yang lebih murah.

6. Kurangi Bepergian ke Luar

Mengurangi frekuensi bepergian ke luar menjadi salah satu tips untuk mengelola gaji 2 juta. Pergi ke bioskop atau hanya nongkrong di coffee shop dengan teman tentu menyenangkan, namun usahakan tidak terlalu sering karena itu dapat membuat kamu lebih boros dan kesulitan mengatur keuangan.

Cobalah untuk lebih sering menghabiskan waktu di rumah, kamu dapat melakukan hobimu di rumah seperti menonton film, bermain game, dan lain-lain. Melakukan hobi di rumah tidak kalah menyenangkan dengan bermain di luar. Selain itu juga dapat mempererat hubunganmu dengan keluarga.

7. Mengurangi Kredit

Mengurangi kredit dimaksudkan agar kamu tidak terlalu sering berbelanja secara kredit. Jika barang tersebut tidak terlalu kamu butuhkan sebaiknya jangan dibeli ya, karena kredit dapat membuat bengkaknya pengeluaran dana berlebih nantinya, apalagi jika ada keterlambatan maka akan dikenakan denda. Hal ini dapat membuat pengelolaan dana kamu berantakan.

Jika memang terpaksa harus membeli barang dengan kredit, usahakan barang tersebut memang diperlukan untuk menunjang produktivitas, seperti meningkatkan kinerja kamu.

8. Menabung dan investasi Berisiko Rendah

Tips menabung gaji 2 juta salah satunya adalah mengalokasikan dana ke instrumen investasi yang memiliki risiko rendah. Dengan begitu kamu dapat memperoleh hasil maksimal di masa mendatang tanpa perlu takut terhadap risiko yang besar.

Investasi reksa dana bisa menjadi pilihan instrumen investasi yang memiliki risiko rendah. Reksa dana juga memberikan return yang terbilang optimal dengan modal yang terjangkau.

Apalagi jika kamu memiliki tujuan tertentu di masa depan, misalnya membeli rumah atau menikah. Cara menabung untuk beli rumah dengan gaji 2 juta bukan hal yang mustahil bila kamu pandai mengelola uang. Begitu pun dengan cara nabung buat nikah gaji 2 juta, siapa

bilang tidak bisa? Kumpulkan uang sedikit demi sedikit dari sekarang!

9. Mencari Pemasukan Baru 

Apabila kamu merasa gaji 2 juta belum cukup efektif untuk memenuhi kebutuhanmu, cobalah mencari pemasukan tambahan. Misalnya dengan membuka usaha kecil, freelance, dan membantu teman dalam sebuah project. Cara ini bisa dilakukan selama itu tidak mengganggu waktumu saat bekerja.

Baca juga : 9 Kerja Sampingan Online yang Bisa Menghasilkan Uang Tambahan

Kesalahan Mengatur Keuangan

Selain mengetahui bagaimana cara mengatur uang gaji 2 juta secara tepat, kamu juga perlu memahami apa saja kesalahan yang umum dilakukan seseorang dalam mengatur keuangan agar bisa menghindarinya.

1. Berutang dalam Jumlah Banyak

Berhutang memang menjadi jalan tercepat untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkan tapi sedang tidak ada uang. Namun semakin banyak hutangmu, bebanmu akan semakin besar sehingga pengelolaan gajimu berantakan.

2. Tidak Memiliki Tujuan Keuangan

Dalam mengelola keuangan, kamu harus memiliki tujuan yang jelas dalam mengatur pengeluaran untuk kebutuhan pokok. Jika tidak memiliki tujuan yang jelas dalam pengelolaan gaji, situasi keuangan dapat memburuk sehingga kamu sulit memenuhi kebutuhan.

3. Melakukan Investasi dengan Asal

Tak jarang seseorang berinvestasi hanya karena ikut-ikutan, jangan sampai seperti itu ya. Sebelum memulai investasi, pastikan kamu setidaknya memahami dasar-dasarnya. Selain itu, sesuaikan instrumen investasi dengan profil risikomu. Jangan ragu meminta bantuan teman yang lebih paham tentang cara berinvestasi.

Nah, itu dia beberapa cara mengatur uang gaji 2 juta yang bisa kamu terapkan. Cara mengelola gaji 2 juta efektif yang bisa dilakukan siapa saja dengan mudah. Kamu dapat mengoptimalkan penghasilan dan memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan memprioritaskan, mendistribusikan gaji yang tepat, melacak semua pengeluaran, menabung, dan berinvestasi.

Nah, biar kamu lebih paham dalam mengelola keuangan, ikuti kelas Cermat Mengelola Keuangan untuk Pekerja Dengan Upah Harian dari Cakap Upskill. Melalui kursus online bersertifikat ini kamu akan belajar tentang cara melakukan pengelolaan uang pribadi. Yuk ikuti sekarang juga!

Referensi :

  • Julo.co.id

Baca juga : 

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.