Cara Membeli Pelatihan Kartu Prakerja di Tokopedia 2024

cara membeli pelatihan prakerja tokopedia

Selamat untuk Sobat Cakap yang sudah dinyatakan lolos dalam seleksi penerima Kartu Prakerja! Bagi kamu yang masih belum mengetahui status pendaftaran kartu Prakerja, jangan lupa segera dicek, ya! 

Nah, buat kamu yang sudah dinyatakan lolos dan menerima nomor Kartu Prakerja-mu, selanjutnya kamu bisa mulai membeli pelatihan. Kamu bisa memilih berbagai pelatihan dari berbagai lembaga pelatihan melalui Mitra Platform Digital seperti Tokopedia. 

Kali ini kita akan mencari tahu langkah-langkah untuk melakukan pembelian pelatihan Kartu Prakerja di platform Tokopedia. Yuk, perhatikan setiap langkahnya agar kamu tidak salah dalam melakukan transaksinya, ya! 

Table of Contents

Buka Aplikasi Tokopedia

halaman utama tokopedia

Pertama, kamu bisa membuka aplikasi Tokopedia dan memastikan bahwa email dan No. handphone-mu sudah terdaftar dan terverifikasi. Bagi Sobat Cakap yang baru mengunduh aplikasinya, silakan daftar terlebih dahulu, ya! 

Ketik “Prakerja” di Kolom Pencarian

pencarian prakerja

Selanjutnya, ketik kata kunci “Kartu Prakerja” atau “Prakerja” pada kolom pencarian di halaman utama, dan pilih hasil pertama yaitu “Prakerja”. Setelah itu, kamu akan masuk ke halaman khusus Kartu Prakerja yang menampilkan pilihan bidang pelatihan dan lembaga pelatihan. 

Pilih Kategori Pelatihan & Pilih Jadwal 

cari kategori prakerja hasil pencarian kategori prakerja toped filter kelas prakerja tokopedia

Pada halaman Kartu Prakerja, kamu bisa mencari kelas berdasarkan kategori dan pilihan metode belajar, lembaga pelatihan, maupun lembaga pelatihan. Setelah masuk pada salah satunya, kamu juga bisa menggunakan filter berdasarkan umur, pendidikan, dan lokasi. 

contoh kelas prakerja cakap pilih jadwal kelas prakerja

Selanjutnya, kamu bisa membuka kelas yang kamu inginkan lalu tekan “Pilih Jadwal” lalu pilih dari opsi jadwal yang tersedia dan tekan “Lanjutkan”. 

Konfirmasi Kehadiran

konfirmasi kehadiran prakerja

Setelah kamu memilih jadwal yang tersedia, akan muncul halaman konfirmasi yang berisi detail tentang pelaksanaan pelatihan seperti nama pelatihan, waktu, dan lokasi. Untuk mengunci pelatihan yang kamu inginkan, pilih “Konfirmasi Kehadiran”. 

Perlu diperhatikan, dengan memilih “Konfirmasi Kehadiran” berarti Sobat Cakap mengkonfirmasi bahwa akan mengikuti pelatihan pada waktu yang ditentukan. Jika tidak, maka transaksi Sobat Cakap tidak bisa di-refund dan kamu tidak akan mendapatkan insentif. 

Masukkan No. Kartu Prakerja untuk Pembayaran

pembayaran kelas prakerja

Pada halaman ini kamu akan diminta untuk memasukkan 16 digit nomor Kartu Prakerja, lalu klik “Bayar”. Setelah itu, kamu akan menerima SMS ke nomor handphone terdaftar berisi kode verifikasi yang digunakan untuk memproses transaksi pembayaran. 

Cek “Kode Voucher” pada Histori Transaksi dan Email

Selamat transaksimu sudah berhasil! Sekarang kamu sudah menerima “Kode Voucher” dan siap untuk mengikuti pelatihan di lembaga pelatihan pilihanmu. 

Mau Cari Pelatihan Prakerja Terbaik dan Terlengkap, Solusinya Hanya di Cakap!

Tukarkan Kode Voucher di Cakap

Untuk menukarkan Kode Voucher, masuk ke halaman lembaga pelatihan yang kamu pilih. Untuk kamu yang mengambil pelatihan Kartu Prakerja di Cakap, kamu bisa membuka halaman Cakap Upskill atau membuka halaman Upskill di Cakap Mobile App. 

Cara Redeem melalui halaman Cakap Upskill

1. Pada halaman Cakap Upskill, cari bagian “Tukar kode Prakerja, kode belajar, dan Cakap Club”, lalu pilih bagian “Tukar”.

cara redeem prakerja cakap upskill2. Selanjutnya, kamu bisa memasukkan Kode Voucher yang kamu terima dari Tokopedia pada kolom yang tersedia. Kalau Sobat Cakap bingung, kamu bisa memilih “Cara Menemukan Kode Belajar” untuk mengetahui cara mendapatkan kode vouchernya.

tukar kode belajar

3. Setelah itu, akan muncul tampilan “Tukar Kode Redeem (Prakerja)” yang bisa kamu isi dengan Kode Prakerja yang tersedia pada dashboard Prakerja.

tukar kode redeem prakerja

Cara Redeem Melalui Aplikasi Cakap

1. Pada Cakap Mobile App, pertama-tama pastikan kamu memilih halaman “Upskill”, lalu gulir ke bawah dan cari bagian “Punya kode belajar?”, dan pilih “Tukar”.

tukar kode prakerja cakap app
2. Selanjutnya, masukkan Kode Voucher yang kamu terima dari Tokopedia pada bagian “Harap masukkan kodemu”. Kode ini bisa kamu dapatkan di detail pembelianmu di Tokopedia dengan nama “Kode Voucher”.

masukkan kode belajar

3. Setelah itu, akan muncul tampilan “Tukar Kode Redeem (Prakerja)” yang bisa kamu isi dengan Kode Prakerja yang tersedia pada dashboard Prakerja.

tukar kode prakerja app

Ikuti Pelatihan

Nah, setelah semua proses di atas berhasil, kamu sudah akan bisa mengikuti pelatihan yang kamu pilih di lembaga pelatihan. Pastikan kamu mengikuti semua rangkaian pelatihannya serta mengikuti ujian yang diberikan, ya! 

Isi Ulasan & Rating

Setelah mengikuti pelatihan dan ujian, kamu bisa kembali lagi ke halaman Tokopedia dan memberikan penilaian terhadap pelatihan yang sudah diterima. 

Begitulah langkah-langkah untuk membeli pelatihan kartu prakerja di Tokopedia serta melakukan Redeem pelatihan di Cakap. Semoga bermanfaat bagi Sobat Cakap yang masih bingung bagaimana cara membeli pelatihan Kartu Prakerja.

Pastikan kamu mengambil pelatihan Kartu Prakerja di Cakap untuk pelatihan yang berkualitas dan pengajar yang berpengalaman di bidangnya, ya! #SiapaCakapDiaDapat

Baca juga: 

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.