Cara Cek Lolos Prakerja Terbaru Tahun 2024

cara-cek-lolos-prakerja

Selamat untuk Sobat Cakap yang menjadi penerima Kartu Prakerja gelombang 66 tahun 2024! Jika sudah resmi menjadi penerima Kartu Prakerja, kamu akan mendapatkan bantuan biaya pelatihan sebesar Rp3.500.000 dan total insentif sebesar Rp700.000. 

Kamu sudah mengecek apakah kamu lolos atau tidak belum, Sobat Cakap? Nggak perlu khawatir, caranya sangat mudah, lho! Langsung saja simak ulasan berikut dan langsung dipraktikkan ya, Sobat Cakap.

Table of Contents

Cara Cek Lolos Seleksi Gelombang

Kamu akan menerima notifikasi lolos Prakerja gelombang 66 melalui SMS dan email jika kamu lolos seleksi gelombang, jadi pastikan kamu memasukkan nomor telepon dan email yang benar, ya! Simak langkah-langkah berikut:

  • Pada tanggal pengumuman gelombang, login ke akun Kartu Prakerja kamu untuk melihat pengumuman. 
  • Jika kamu lolos, akan muncul 3 (tiga) video tentang Kartu Prakerja. 

  • Jangan lupa untuk menonton ketiga video tersebut supaya kamu bisa melihat nomor Kartu Prakerja kamu ya, Sobat Cakap! Oh iya, kamu wajib nonton ketiga video sampai selesai. Video tidak bisa ditutup jika belum selesai ditonton dan tidak bisa dipercepat. 

  • Setelah menonton ketiga video sampai habis, sambungkan rekening bank atau e-money milik kamu. Pastikan rekening bank atau e-money yang kamu sambungkan itu atas nama kamu sendiri serta menggunakan NIK kamu yang sesuai dengan yang terdaftar pada Kartu Prakerja. 
  • Nah, jika sudah berhasil menyambungkan rekening bank atau e-money, kamu bisa melihat nomor Kartu Prakerja kamu.
  • Cuss, kamu bisa langsung pakai untuk membeli pelatihan yang kamu minati di platform digital pilihan kamu!

Masih bingung mau mengambil pelatihan di bidang apa? Temukan 10 Topik Pelatihan Prakerja Bersertifikat yang Paling Diminati

Cara Melihat Alasan Tidak Lolos Gelombang

Bagi Sobat Cakap yang belum lolos Kartu Prakerja gelombang 66 tidak perlu berkecil hati, ya. Kamu bisa mencoba lagi di gelombang yang selanjutnya. Nah, kamu bisa mencari tahu alasan kenapa kamu tidak lolos gelombang, lho. Yuk, cari tahu supaya kamu tidak melakukan kesalahan yang sama di gelombang selanjutnya!

  • Pada tanggal pengumuman gelombang, login ke akun Kartu Prakerja kamu untuk melihat pengumuman. 
  • Jika kamu tidak lolos, kamu akan menerima notifikasi “Kamu Belum Berhasil” pada dashboard akun Kartu Prakerja kamu.

  • Untuk melihat alasan tidak lolos gelombang, buka dashboard akun Prakerja kamu dengan masuk ke menu Info Gelombang. Setelah itu, klik Riwayat Gelombang. 

  • Jika kamu tidak lolos gelombang, kamu tidak perlu melakukan pendaftaran ulang ya, Sobat Cakap! Jangan berkecil hati dan tetap semangat untuk ikut gelombang yang berikutnya!

Kebanyakan kasus tidak lolos gelombang Kartu Prakerja disebabkan oleh syarat pendaftaran yang tidak terpenuhi. Untuk itu, kamu harus memperhatikan dengan cermat persyaratan yang ada sebelum mendaftar. Apa saja sih persyaratannya?

Syarat Daftar Prakerja  

Berikut ini syarat mendaftar program Kartu Prakerja:

  • Merupakan warga negara Indonesia. 
  • Berusia minimal 18 tahun dan maksimal 64 tahun. 
  • Tidak sedang menempuh pendidikan formal. 
  • Sedang mencari kerja, pekerja atau buruh yang terkena PHK atau membutuhkan peningkatan kompetensi kerja.
  • Bukan merupakan Pejabat Negara, Pimpinan dan Anggota DPRD, Aparatur Sipil Negara (ASN), Prajurit TNI, Anggota Polri, Kepala Desa dan perangkat desa, dan Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas pada BUMN atau BUMD.
  • Hanya boleh maksimal 2 NIK dalam 1 Kartu Keluarga yang menjadi penerima Kartu Prakerja.

Diperhatikan dan dipersiapkan dengan baik ya, Sobat Cakap! Supaya proses pendaftaran Kartu Prakerja berjalan lancar. Nah, biar nggak pake drama di gelombang selanjutnya, temukan 7 Tips Lolos Prakerja, yuk!

Sekali lagi, selamat untuk Sobat Cakap yang berhasil lolos Prakerja gelombang 66 tahun 2024! Semoga artikel ini bisa membantu kamu dan bisa digunakan sebagai referensi, ya. Oh iya, sudah kepikiran belum mau ambil pelatihan di mana? Pilih kelas pelatihan Prakerja terbaik di Cakap Prakerja, yuk! Kamu bisa ikut pelatihan sesuai minat kamu bersama Cakap, karena #SiapaCakapDiaDapat

Baca Juga:

Cakap
Cakap adalah platform peningkatan keterampilan yang dirancang untuk memberikan pendidikan berkualitas untuk membantumu menguasai keterampilan dan mencapai lebih banyak dalam hidup