Cara Belajar Anak TK yang Menyenangkan dan Tidak Bikin Bosan

cara-belajar-anak-tk

Secara teknis, anak akan mulai belajar secara formal ketika mereka memasuki Taman Kanak-Kanak. Di sinilah biasanya para orang tua mulai serus mencari dan menerapkan cara belajar anak TK yang efektif dan nggak bikin mereka bosan. 

Mengingat bahwa anak usia TK masih sangat aktif dan cenderung susah diatur, maka sebagai orang tua perlu menerapkan tips-tips belajar yang berbeda. Kira-kira tips apa saja ya yang bisa diterapkan? Stay tuned, Moms!

Table of Contents

Cara Mengajar Anak TK Agar Tidak Bosan

Anak-anak usia TK membutuhkan banyak bimbingan belajar, dan dalam prosesnya tentu butuh peran dan kesabaran orang tua untuk membantu mereka belajar dengan baik. Berikut ini kiat dan ide cara belajar anak TK untuk membantu meningkatkan kecintaan anak dalam belajar. 

(1) Atur Waktu Belajar tanpa Mengganggu Waktu Bermain

Establish a daily schedule! Mengatur waktu belajar menjadi faktor penting dalam membangun rutinitas sehari-hari yang dapat membantu anak untuk berkembang. Adanya jadwal harian juga bisa membuat anak lebih disiplin, selain itu hal ini juga menguntungkan untuk para Moms and Dads yang bekerja atau memiliki aktivitas lainnya.

Perlu diketahui bahwa anak TK biasanya hanya menaruh perhatian dalam rentang waktu sekitar 15 menit, sehingga setiap kegiatan belajar harus diikuti dengan ice breaking atau waktu istirahat. Dengan begitu, anak bisa belajar sekaligus bisa bermain.

(2) Pelajari Seperti Apa Karakter Anak

Sebagai orang terdekat, Moms and Dads adalah orang yang paling tahu bagaimana karakter dan sifat anak. Kalian perlu memahami bagaimana anak belajar, apa pelajaran favorit mereka, apa yang enggan/tidak ingin mereka pelajari, dan apa yang membuat anak semangat belajar. Dengan begitu, parents akan lebih mudah dalam menentukan proses belajar yang paling cocok untuk anak.

(3) Hands-on Learning

Hands-on learning atau kegiatan pembelajaran langsung adalah cara belajar anak TK yang bagus untuk menciptakan pengalaman belajar menyenangkan. Moms bisa menggabungkan pembelajaran ke dalam permainan dan aktivitas di luar.

Jika dirasa belajar di dalam ruangan terlalu membosankan, cobalah untuk belajar di ruang terbuka agar otak anak juga lebih fresh. 

(4) Read, Read, and Read Aloud

Salah satu concern utama anak TK adalah belajar membaca. Cobalah terapkan gaya belajar membaca dengan keras untuk membangun keterampilan dasar baca mereka. Perkenalkan anak pada kosakata-kosakata dan buku-buku baru. Kenalkan mereka pada buku anak dan cerita anak yang mungkin mereka sukai.

(5) Belajar dengan Seru dan Menyenangkan

Pada dasarnya, anak-anak suka bermain dan mengekspresikan diri dengan games atau kreativitasnya. Lakukanlah suatu kegiatan belajar yang menyenangkan, misalnya belajar mewarnai, melukis, atau mengerjakan playdough. Bukan hanya sekedar bermain dan bersenang-senang, kegiatan tersebut juga dapat membantu otak kiri anak berkembang dan melatih daya cipta dan imajinasi anak.

(6) Apa yang Harus Diajarkan?

Cara belajar anak TK selanjutnya adalah dengan merencanakan dan mengetahui materi apa saja yang harus diajarkan. Beberapa bahan ajar penting yang perlu diajarkan adalah kesiapan membaca dan mengenal huruf-huruf. Selanjutnya, Moms and Dads bisa mulai memperkenalkan angka, mulailah dengan menghitung dan mempelajari angka dari 1-20. 

Membuat rencana pembelajaran akan memudahkan kalian untuk mempersiapkan materi yang harus diajarkan. Tidak hanya itu, Moms and Dads juga bisa dengan mudah mengatur jadwal belajar dengan teratur dan konsisten.

(7) Gunakan Kata-Kata yang Mudah Dipahami

Gunakanlah bahasa dan kata-kata yang mudah dipahami anak-anak. Coba untuk menjelaskan satu-persatu hal yang diajarkan dengan kata sederhana. Perhatikan juga ritme saat berbicara, usahakan untuk tidak berbicara terlalu cepat agar anak tidak bingung.

Gabung Komunitas Parents di Cakap dan Raih Banyak Keuntungan

Materi Belajar untuk Anak TK

Anak TK biasanya belajar apa saja si di sekolahnya? Ini dia beberapa materi belajar untuk anak TK yang bisa Moms bantu pelajari kembali dari rumah:

(1) Mengenal Huruf dan Belajar Membaca

Salah satu materi paling dasar dan pasti dipelajari di masa Taman Kanak-Kanak adalah belajar mengenal huruf dan belajar membaca. Di sini anak akan dikenalkan pada huruf alphabet dari A-Z lengkap dengan jenis hurufnya, baik kapital maupun huruf kecil. Jika mereka sudah mengenal abjad, selanjutnya mereka akan belajar membaca kosakata sederhana sebelum pada akhirnya akan belajar membaca kalimat utuh.

(2) Berhitung dan Mengenal Angka

Angka adalah materi penting yang harus dipelajari oleh anak. Di TK, anak akan belajar berhitung dan mengenal angka. Jika mereka sudah mengenal angka, selanjutnya mereka akan belajar materi seperti penjumlahan, pengurangan, pembagian, dan perkalian. Mengenal angka sangatlah penting karena pelajaran ini juga bisa membantu anak untuk mengenal waktu dan bagaimana penyebutannya. 

(3) Belajar Menulis

Pelajaran menulis biasanya berjalan beriringan dengan materi huruf dan angka. Belajar menulis bisa membuat mereka lebih mudah untuk mengingat abjad-abjad dan angka yang sudah dipelajari. Pada permulaan, anak akan diarahkan untuk belajar menulis garis atau menghubungkan titik-titik. Setelah itu, mereka mulai diarahkan untuk menulis huruf vokal, konsonan, hingga belajar menulis namanya masing-masing.

(4) Mengenal Bentuk dan Benda

Anak juga akan dikenalkan pada bentuk dan berbagai macam benda yang ada di sekitarnya, seperti bentuk pada bangun ruang, persegi, lingkaran, persegi panjang, dan segitiga. Setelah itu, mereka juga akan diajarkan untuk dapat mendeskripsikan, menggambar, dan mewarnai bentuk dan benda yang ditujukan.

Selain empat materi dasar, masih ada materi dan kemampuan yang harus dimiliki anak usia Taman Kanak-Kanak yang bisa langsung dicek melalui artikel ini:

Nah, itu dia Moms and Dads beberapa tips dan cara belajar anak TK serta materi pelajaran anak TK yang bisa diajarkan di rumah. Materi-materi tersebut sangat penting untuk dipelajari, namun materi tambahan lainnya, seperti belajar bahasa Inggris juga nggak kalah penting lho Moms. Buat kalian yang ingin anaknya lancar berbahasa asing dan jadi anak bilingual sejak dini, yuk segera daftarkan anak di kursus bahasa Inggris anak Cakap karena #SiapaCakapDiaDapat!

Referensi:
-topguru.id
-exeedcollage.com

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.