5 Cara dan Manfaat Belajar Menulis untuk Anak TK

belajar menulis

Parents, si kecil udah masuk TK? Berarti udah saatnya untuk mengajak anak belajar menulis karena menulis merupakan salah satu kemampuan motorik yang harus dimilikinya sejak usia dini.

Meskipun latihan menulis adalah proses yang tergolong rumit bagi anak, namun belajar menulis membawa pengaruh positif bagi masa depannya. Sebelum mengetahui bagaimana cara latihan menulis untuk anak TK, simak dulu yuk manfaat dari belajar menulis!

Manfaat Belajar Menulis untuk Anak

Menulis adalah salah satu cara meningkatkan konsentrasi anak. Selain itu, masih banyak lho manfaat yang didapatkan dengan belajar menulis. Berikut manfaat belajar menulis untuk anak:

Daya Ingat yang Tajam

Menulis membuat anak menjadi lebih pintar. Dilansir dari neurosciencenews, sebuah studi yang dilakukan oleh Professor Audrey van Der Meer dari NTNU mengungkapkan bahwa menulis membuat otak bekerja lebih aktif dibandingkan ketika mengetik di keyboard.

Otak yang lebih aktif memungkinkan anak untuk memiliki daya ingat yang tajam. Seperti yang kita ketahui, daya ingat diperlukan dalam pendidikan. Jadi, ajak anak belajar menulis supaya bisa jadi juara di sekolah!

Kepercayaan Diri Anak Meningkat

Semakin sering anak latihan menulis, maka sensor motoriknya akan semakin kuat. Dilansir dari Chicago Tribune, setelah anak menguasai kemampuan menulis, ia bisa fokus untuk belajar materi lain tanpa khawatir bagaimana bentuk huruf.

Tulisan Bagus = Nilai Bagus

Parents mungkin ingat ketika sekolah dulu, guru akan memberi nilai bonus untuk anak yang memiliki tulisan yang bagus. Sebuah studi telah membuktikan bahwa anak dengan tulisan yang lebih bagus akan mendapatkan nilai yang lebih tinggi.

Anak Bilingual Lebih Kreatif. Ayo Ajak Si Kecil Kursus Bahasa di Cakap!

Cara Belajar Menulis Anak TK

Setelah mengetahui apa saja manfaat belajar menulis, sekarang giliran parents mengetahui bagaimana cara belajar menulis anak TK. Simak caranya di bawah ini!

Belajar Menulis dengan Tracing Dots

source: giphy.com

Tracing dots adalah metode belajar menulis untuk anak dengan menebalkan pola berupa titik-titik sehingga membentuk sebuah huruf. Metode ini sudah dipakai sejak lama sehingga buku belajar trace the dot udah ada banyak dipasaran.

Belajar Menulis Huruf Tunggal

source: giphy.com

Mempelajari huruf per huruf merupakan salah satu bentuk latihan menulis anak TK. Anak dua jenis huruf yaitu huruf konsonan dan huruf vokal. Moms bisa mulai dari huruf vokal karena memiliki jumlah yang lebih sedikit dari huruf konsonan.

Belajar Menulis dengan Menjiplak

source: giphy.com

Bukan, ini bukan bentuk plagiarisme. Menjiplak di sini adalah metode belajar menulis dengan menirukan huruf. Metode ini termasuk praktis karena moms cukup menyediakan kertas tipis dan kumpulan huruf yang perlu dipelajari si kecil.

Belajar Menulis dengan Mewarnai

source: giphy.com

Belajar menulis kadang membuat si kecil cepat bosan. Untuk itu, parents bisa pakai metode mewarnai huruf supaya belajar menulis jadi lebih menyenangkan. Moms engga perlu repot-repot bikin hurufnya karena ada buku mewarnai udah banyak dijual.

Belajar Menulis Suku Kata

source: giphy.com

Setiap belajar seseorang harus terus berkembang sehingga kemampuannya bertambah. Begitu pula untuk anak ketika belajar menulis. Setelah pandai menulis huruf per huruf, sekarang waktunya anak untuk belajar menulis suku kata.

Untuk mendisiplinkan anak selama belajar menulis, parents bisa menerapkan reward and punishment. Parents juga mengajarinya secara perlahan dan konsisten. Apresiasi juga hasil belajar anak supaya ia lebih termotivasi untuk belajar.

Ketika anak sudah pandai menulis, parents perlu mengajaknya belajar bahasa Inggris. Sebab, belajar bahasa Inggris dapat mengaktifkan otak kanan dan kirinya sehingga anak jadi lebih pintar sekaligus kreatif. So, ajak anak kursus bahasa Inggris yuk, Moms!

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google