Berikut Langkah Mudah Mengurus Sendiri Visa ke Cina

Berikut Langkah Mudah Mengurus Sendiri Visa ke Cina

Republik Rakyat Tiongkok merupakan salah satu negara yang sangat patut untuk dikunjungi. Negara ini memiliki lokasi wisata yang luar biasa unik dan indah, sejarah peradaban yang menakjubkan, kuliner yang lezat, hingga lokasi utama bagi kamu yang ingin melanjutkan pendidikan. Dari segi pendidikan, Tiongkok dapat memberikan pelajaran terhebat dan terbaik di bidang ekonomi dan bisnis, medis, kuliner, teknologi, hingga seni beladiri. Namun, sebelum pergi ke sana, kamu membutuhkan visa.

Visa adalah otorisasi bersyarat yang diberikan oleh suatu wilayah kepada orang asing yang memungkinkan mereka untuk masuk, tetap di dalam, atau meninggalkan wilayah tersebut. Visa biasanya dapat mencakup batasan durasi tinggal bagi orang asing, area dalam negara yang mereka kunjungi, tanggal kunjungan, jumlah kunjungan yang diizinkan atau hak individu untuk bekerja di negara yang bersangkutan.

Visa sering dikaitkan dengan permintaan izin untuk memasuki suatu wilayah dan dengan demikian, di sebagian besar negara, visa kunjungan berbeda dengan izin formal bagi orang asing untuk masuk dan tetap tinggal di negara tersebut.

Untuk pergi ke Tiongkok, kamu butuh visa ke Cina. Bagiamana cara mengurusnya? Simak artikel berikut!

Cara mengurus visa ke Cina

 

Siapkan berkas

Berikut Langkah Mudah Mengurus Sendiri Visa ke Cina
sumber: giphy

Hal pertama yang harus kamu siap untuk mengurus visa ke Cina adalah dengan menyiapkan berkas berupa:

  • Paspor asli dengan masa berlaku minimal enam bulan sebelum tanggal kedaluarsa (expiry date)
  • Fotokopi halaman depan paspor bagian informasi diri pemegang paspor
  • Pas foto terbaru berukuran 4×6 sebanyak dua lembar dengan latar warna putih
  • Bukti tiket pesawat yang sudah dikonfirmasi (pulang-pergi)
  • Bukti pemesanan kamar hotel atau penginapan lain yang sudah dikonfirmasi
  • Jadwal perjalanan (Itinerary)selama berada di Tiongkok
  • Fotokopi KTP, KK, dan akta kelahiran
  • Invitation letter dari Tiongkok (jika ada)
  •  Fotokopi visa ke Tiongkok sebelumnya (jika ada)

Ajukan permohonan aplikasi visa

Berikut Langkah Mudah Mengurus Sendiri Visa ke Cina
sumber: giphy

Setelah berkas dilengkapi, jangan lupa untuk mengisi formulir pengajuan visa. Untuk pengisian formulir ini, kamu bisa melakukannya secara online maupun offline. Untuk megisi formulir visa ke Cina secara online, kamu bisa mengunjungi laman berikut dan mengisi formulirnya di sana. Sedangkan untuk yang offline atau manual, kamu harus mengunduh formulirnya terlebih dahulu di situs yang sama.

Jika kamu merasa bingung, kamu bisa membuka laman “Step by Step Guidance“ dan mengikuti prosesnya di sana. Pastikan untuk mengisi formulir tersebut dengan data yang benar. Setelah semua terisi, kamu tinggal mengunduh formulir, lalu mencetaknya untuk kemudian ditempeli foto dan diberikan tanda tangan.

Setelah itu, kunjungi kedutaan besar Tiongkok, konsulat, atau Pusat Aplikasi Visa Tiongkok yang melayani area tempat tinggalmu. Kamu dapat datang sendiri atau meminta agen perjalanan untuk mengajukan aplikasi visa.

Waktu pemrosesan normal adalah empat hari kerja termasuk hari kamu mengirimkan aplikasi. Ingat mungkin ada hari-hari tidak bekerja tambahan untuk hari libur umum Tiongkok. Dengan membayar biaya tambahan, biasanya aplikasi kamu dapat diproses lebih cepat.

Biasanya aplikasi kamu diproses dalam semalam, untuk pengumpulan di sore hari, akan diurus di hari berikutnya, meskipun beberapa kantor mungkin menawarkan layanan hari yang sama jika kamu tiba di kantor segera setelah jam buka. Secara umum, cobalah untuk mengajukan permohonan terlebih dahulu untuk kemungkinan keterlambatan.

5 Kota Terbaik Untuk Belajar Bahasa Mandarin di Cina

Mengambil visa

Berikut Langkah Mudah Mengurus Sendiri Visa ke Cina
sumber: giphy

Setelah kamu menerima jadwal pengambilan visa, datanglah kembali ke Visa Application Center pada tanggal dan waktu yang ditentukan untuk mengambil visa.  Biasanya jam kerja Visa Application Center adalah pada hari Senin sampai Jumat pukul 9:00 hingga 16:00 untuk pembayaran dan pengambilan visa. Pastikan kamu datang pada waktu tersebut agar tidak tertinggal.

Melakukan pembayaran

Berikut Langkah Mudah Mengurus Sendiri Visa ke Cina
sumber: giphy

Setelah visa kamu dapatkan, kamu diharapkan untuk melakukan pembayaran di Visa Application Center. Nominal pembayarannya beragam, tergantung visa apa yang kamu ajukan. Untuk nominal pastinya, kamu bisa mengecek harganya di sini.

Jadi itu dia proses pengajuan visa ke Cina. Jika kamu ingin kuliah di Cina atau bekerja di sana, kamu akan memerlukan visa yang berbeda. Jangan lupa untuk mencari tahu informasi tentang visa tersebut. Tentu saja sangat diharapkan untuk kamu agar belajar bahasa Mandarin sehingga kamu dapat berkomunikasi dengan baik di sana. Selamat mencoba!

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google