Ini 10 Barang yang Harus Dibawa saat Nonton Konser K-pop!

barang yang harus dibawa saat nonton konser kpop
Image by ktphotography from Pixabay

Annyeonghaseyo K-Popers! Setelah WHO menyatakan berakhirnya status darurat COVID-19, festival musik dan konser mulai menunjukkan eksistensinya kembali, nih, Sobat Cakap!

Penyanyi-penyanyi lokal dan internasional berbondong-bondong mengadakan konser di Indonesia, termasuk idol K-Pop! Apakah K-Pop group yang kamu gemari datang ke Indonesia tahun ini? Bulan September mendatang akan ada SMTOWN Live 2023 di GBK dan pastinya akan banyak konser-konser K-Pop lain ke depannya. Wah, buruan nabung dulu, yuk! 

Nah, sebelum nonton konser K-Pop, kamu harus tahu barang apa saja sih yang perlu kamu bawa. Berikut ini barang-barang yang wajib kamu bawa untuk memaksimalkan pengalaman konser K-Pop-mu!

Table of Contents

10 Barang yang Harus Dibawa ke Konser K-Pop

Berikut ini barang-barang yang harus kamu bawa saat nonton konser K-Pop! Barang-barang ini secara general diperbolehkan untuk dibawa, tetapi kamu harus double check peraturan yang diberikan oleh promotor konser K-Pop yang kamu datangi, ya. Let’s check these out!

1. Tiket  Konser

Ini yang paling penting! Jangan sampai tiket konsermu tertinggal atau hilang ya, nanti kamu tidak diperbolehkan untuk masuk ke dalam venue. Catatan tambahan untuk Sobat Cakap yang mau nonton konser K-Pop, biasakan untuk membeli tiket di portal resmi untuk menghindari tindakan penipuan. Be a smart K-Popers!

2. PVC Bag (Tas Transparan)

Kenapa ya harus tas transparan? Selain memudahkan pihak keamanan untuk memeriksa tas mu, PVC Bag atau tas transparan memiliki banyak kelebihan, lho. PVC Bag itu mudah dibersihkan, tahan air, dan tidak cepat rusak. Tidak semua promotor mewajibkan penonton untuk membawa PVC Bag, tapi perlu diingat untuk hanya membawa tas berukuran kecil ya, Sobat Cakap!

3. Dompet

Jangan lupa bawa dompetmu beserta tanda pengenal, kartu ATM, dan uang tunai secukupnya. Pastikan kamu menyimpan dompetmu dengan aman, ya! 

4. Smartphone

Banyak promotor yang melarang penonton konser membawa kamera, jadi jangan lupa bawa smartphone mu untuk mengabadikan momen mu bersama bias!

5. Power Bank

Bayangin kamu lagi merekam momen konser terus tiba-tiba smartphone mu mati karena lowbat. Duh, pasti bete banget, kan. So, don’t forget to bring your power bank!

6. Lightstick

Kurang lengkap rasanya nonton konser K-Pop tanpa lightstick. Jangan lupa bawa baterai cadangan untuk lightstick mu, ya! Tapi, kamu tetap bisa kok menonton konser tanpa lightstick, yang penting kamu bisa bersenang-senang, kan?

7. Mini fan

Barang ini adalah lifesaver buat kamu yang gampang gerah! Walaupun indoor, venue bisa jadi panas karena ramainya penonton, lho. So, jangan lupa bawa mini fan kamu baik itu di venue indoor atau outdoor.

persiapan nonton konser kpop
Photo by Wendy Wei from Pexels

8. Make-up

Kamu boleh membawa make-up untuk touch-up tipis-tipis seperti bedak dan lip products, lho! Bawa secukupnya saja ya.

9. Mini First-Aid Kit

Plester, tisu kering, tisu basah, hand sanitizer, pembalut, dan obat-obatan pribadi. Kamu juga bisa membawa koyo, just in case kakimu pegal-pegal karena seru lompat-lompat, hihi.

10. Jas Hujan 

Kamu perlu bawa barang yang satu ini terutama jika venue konser outdoor! Kamu bisa bawa jas hujan lipat atau disposable rain coat. Catatan untuk kamu yang memilih disposable rain coat untuk membuangnya di tempat sampah begitu selesai digunakan, jangan dibiarkan tercecer di venue, ya!

Nah, itu dia barang-barang yang wajib kamu bawa saat konser K-Pop. Kira-kira apa saja ya barang-barang yang DILARANG untuk dibawa saat konser K-Pop? Check these out!

Barang yang Dilarang untuk Dibawa ke Konser K-Pop

Untuk menjaga keamanan dan kenyamanan saat konser, promotor melarang penonton membawa barang-barang berikut:

  • Tongsis/Tripod
  • Kursi
  • Payung
  • Kamera profesional
  • Senjata atau benda tajam (pisau, gunting, cutter)
  • Obat-obatan ilegal
  • Rokok
  • Banner yang terlalu besar dengan lampu neon
  • Tablet/IPad
  • Makanan dan minuman dari luar
  • Pakaian yang kurang nyaman seperti kostum dan sepatu berhak tinggi
  • Senter/Laser pointer
  • Tas yang terlalu besar
  • Hewan peliharaan
  • Benda yang mudah terbakar (parfum, alkohol, dll)

Nah, buat kamu yang mau nonton konser K-Pop wajib mematuhi larangan yang diberikan oleh promotor acara konser yang kamu datangi, ya! 

Tidak hanya mematuhi larangan dalam bentuk barang, kamu juga harus mengetahui etika yang perlu kamu ikuti saat menonton konser demi kenyamanan pribadi dan penonton lain. Kira-kira apa saja ya? Simak penjelasan berikut!

etika nonton konser kpop
Photo by Martin Lopez from Pexels

Etika Menonton Konser K-Pop

Banyak etika-etika dasar yang harus kamu ikuti demi kenyamanan dan keamanan pribadi, penonton ain, dan idol yang tampil di atas panggung. Etika-etika sebut di bawah biasanya tidak tertulis, tapi lebih baik jika kamu mematuhinya karena tidak hanya kamu kan yang menginginkan pengalaman nonton konser yang menyenangkan?

  1. Sebelum konser mulai, mengantri dengan tertib
  2. Terima freebies yang diberikan oleh penonton lain
  3. Kamu boleh mengenakan merch sebanyak yang kamu mau asal tidak mengganggu penonton lain
  4. Tetap waspada dengan sekitarmu
  5. Genggam smartphone dan banner hanya sampai level mata
  6. Jangan menggunakan fitur flash kamera smartphone
  7. Jangan membuat banner yang tidak senonoh
  8. Jangan melempar barang apapun ke atas panggung
  9. Jangan mendorong-dorong penonton lain
  10.  Jika melihat ada penonton lain yang sakit atau pingsan, segera panggil pihak medis
  11.  Datanglah dalam keadaan bersih
  12.  Hargai idol yang tampil dari awal hingga akhir konser
  13.  Jika kamu membeli tiket yang menyediakan kursi, jangan berdiri di atasnya
  14.  Hargai penonton lain
  15.  Jangan menguntit idol saat selesai konser.

     

Walaupun kamu datang ke konser untuk bersenang-senang, bukan berarti kamu bisa bertindak sesukanya ya, Sobat Cakap. Tetap hargai semua pihak yang ada di dalam venue, and be a smart fan!

Nah, jadi itu dia semua yang perlu kamu ketahui sebelum nonton konser K-Pop! Kamu sudah tahu apa saja yang boleh dan tidak boleh dibawa ke konser K-Pop, serta etika-etika yang harus dipatuhi saat menonton konser K-Pop! 

Sekarang kamu sudah siap seru-seruan nonton konser K-Pop idol favoritmu. Lebih seru lagi kalo bisa ikutan nyanyi bareng idol favoritmu kan? Tapi apakah kamu sudah hafal lirik lagu-lagu idol favoritmu? Wah, bakalan keren kalo kamu bisa hafal semua lagunya. Supaya bisa baca lirik lagu yang ditulis dalam hangeul kamu bisa belajar bahasa Korea bareng Cakap, lho! Yuk, asah bahasa Korea mu bersama Cakap biar kamu makin daebak! #SiapaCakapDiaDapat

Baca juga:

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.